ganti-oli-bloger

Informasi Tambahan dari Hasil Test Ride All New CBR150R

Diposting pada

topspeed cbr150 148kpj

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dari video yang di-share oleh bro Noenoe mengenai topspeed all new cbr150r (link) ada informasi lain selain topspeed yang bisa dijadikan tolak ukur performanya. Jika diperhatikan dan dicatat, beberapa informasi yang tampak dari video tersebut memberikan beberapa informasi yang berguna lainnya, informasi tersebut adalah :

  1. Kemampuan mencapai rpm tertinggi setiap giginya
  2. Simpangan pengukuran kecepatan jika dibandingkan dengan perhitungan rasio transmisi

Berikut detil dari informasi2 tambahan tersebut…

Kemampuan Mencapai RPM Tertinggi

Yang paling besar mempengaruhi kemampuan ini adalah rasio transmisi, power, bobot total dan sifat aerodinamika motor. Dari video tersebut diketahui capaian rpm tertingginya yaitu :

  • Gigi-1 , 9100 rpm
  • Gigi-2 , 11500 rpm
  • Gigi-3 , 11500 rpm
  • Gigi-4 , 11500 rpm
  • Gigi-5 , 11100 rpm
  • Gigi-6 , 10750 rpm

Dari data ini kecepatan hasil perhitungan rasio transmisinya adalah ; 34.8 kpj, 69.9 kpj, 90.4 kpj, 110 kpj, 124,5 kpj dan 137.36 kpj.

Meskipun perhitungan ini juga nggak 100% benar, akan tetapi jauh lebih akurat jika dibandingkan gps, dengan catatan rpm yang ditampilkan juga cukup akurat.

 

Simpangan Tampilan Speedometer

Jika tampilan kecepatan di speedometer dibandingkan dengan perhitungan kecepatan berdasarkan rasio transmisi dan tampilan rpm-nya maka, kita dapat mengetahui besarnya simpangan dari speedometernya. Sekali lagi hal ini dengan mengasumsikan rpm yang ditunjukkan speedometer akurat, dan tidak terjadi slip kopling.

Inilah perbandingan kecepatan hasil perhitungan rasio transmisi-rpm dan yang ditampilkan speedometer

akurasi speedometer cbr150

Terlihat bahwa simpangan terkecil dari tampilan speedometer adalah saat gigi-6 pada 10600 rpm. Semakin kecil dan semakin besar rpm-nya penyimpangan tampilan kecepatannya semakin besar. Pada gigi-1 dan gigi-2 pada rpm 7000-9500, simpangannya malah negatif, artinya speedometer menampilkan kecepatan yang lebih rendah dari yang seharusnya. Memang seperti itulah keumuman karakter dari alat ukur yang digunakan untuk keperluan praktis. Dari semua penyimpangan yang ada, rata2nya adalah 6.1% dibandingkan dengan perhitungan.

Akurasi speedoemeter cbr150 ini memang lebih kecil jika dibandingkan klaim beberapa blogger (jika dibandingkan dengan gps). Akan tetapi akurasi speedometer cbr150 masih kalah presisi jika dibandingkan dengan speedometer R15, seperti yang pernah ane tulis di beberapa artikel sebelumnya di sini dan di sini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.