Jika Ingin Bersaing Dengan R25, Maka Ninja250 Harus Meng-Upgrade Komponen Ini

R25 vs Ninja250

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Data penjualan AISI menunjukkan bahwa penjualan r25 bulan juli mencapai 1382 unit, sedangkan ninja250fi 1725 unit. Data ini menunjukkan bahwa minat pembeli motor sport 250cc begitu besar terhadap r25 dan bergeser dari ninja250fi. Beberapa hal yang mungkin menjadi pertimbangan adalah :

  1. Model r25 lebih baru dan lebih fresh
  2. Performa r25 sedikit lebih unggul
  3. Ada beberapa kekurangan di ninja250, dan berharap tidak terjadi di r25, meskipun masih perlu pembuktian.

Salah satu kekurangan ninja250 adalah kualitas klep in -nya yang tidak mampu bertahan untuk tetap bekerja secara presisi pada putran tinggi dalam waktu lama. Mengani hal ini sudah pernah ane tulis dalam sebuah artikel khusus di sini.

Selain dari itu ternyata, baru-baru ini ada pembuktian hal tersebut dengan adanya sebuah kasus (susah hidup) pada engine ninja250 karena kelemahan klep tersebut (klep aus setelah 30000km)…berikut ulasannya.

Kasus ini diulas di motorplus, dimana motor susah hidup karena klep aus. Kok bisa ???  Mari kita diskusikan bersama

Ketika payung klep sudah aus, maka klep akan mendem. Jika klep mendem, maka ujung klep akan lebih menonjol dari setelan sebelumnya. Perhatikan posisi klep dan camshaft dan prinsip kerjanya

camshaft spring and valve

Jika shim tidak diganti dengan yang lebih tipis, maka camshaf akan sedikit menekan klep tidak pada waktu yang semestinya (ini yang disebut mekanik balap, klep tidak presisi). Atau bahkan jika ausnya parah, maka pada saat TMA-pun klep dapat sedikit tertekan oleh base-circle (pantat) camshaft, sehingga kompresi bocor. Jika kompresi bocor, maka mesin akan susah hidup apalagi saat kondisi dingin, karena campuran udara+bensin tidak mencapai suhu bakar ideal saat dipantik oleh busi.

Sekarang perhatikan perbandingan klep baru dan klep yang aus

Klep-Aus2

Jadi jika kawasaki ingin agar ninja250 tetep bisa bersaing seperti yang pernah ane ulas di artikel terdahulu, apalagi dimata speed-lover, maka komponen inilah yang pertama kali harus di-upgrade. Tapi memang “ono rego ono rupo” atau “ada uang ada barang”, duit nggak bohong bro.

Harga klep standar ninja250 Rp. 125.000,- / biji

Harga klep titanium (37%) untuk ninja Rp 425.000,- s/d Rp. 500.000,- / biji [sumber]

Jadi untuk meng-upgrade power maksimu ninja250 yang bekerja pada 12000 rpm (sama dengan r25), minimal tambah 3 juta untuk klep-nya doang, mantab bro.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

 

Advertisements

21 responses to “Jika Ingin Bersaing Dengan R25, Maka Ninja250 Harus Meng-Upgrade Komponen Ini

  1. kalo upgrade cbr penunggu gudang gimana pak caranya ?
    biar para banci kaleng penunggang beat ada bangganya ploduk sesembahanya bisa agak bersaing 😀

  2. mungkin bagi pemilik n250 nambah duit segitu nggk begitu di perhitungkan om, yg penting hati bisa puas geber motor sampai limit, beli knalpot diatas 5 jutaan aja pd mampu, percuma dong power gede tp nggk bisa di nikmati setiap waktu karna takut klepnya cepet kena..
    dan menurut ane r25 juga blm tentu klepnya kuat buat putaran tinggi terus menerus.. karna ini motor baru, jd harus lihat beberapa tahun kedepan buat mastiin kualitasnya..

  3. Saya jamin r25 yg dikirim ke konsumen pasti ROMPAL kalo digeber di sentul karna mesin TIPU2. Kalo yg ditest kmrn kan mesin asli jepang

  4. Pendekar Syair Berdarah

    klo mo unggul ya emang harus gitu…

    😀

    bosen liat motor topeng,
    muke predator tenaga domba…

    😀

    beda ama cbr,
    ibarat kuda, tampangnya kalem urusan lari jangan ditanya…

    😀

  5. CBR penunggu gudang

    hati2 di jalan
    jagan2 ni kalo motor bagus plastiknya doang, kwlitas –

    http://motohits.wordpress.com/2014/08/11/r15-hancur-setelah-adu-banteng-dengan-megapro/#more-2318

  6. Desain mendekati sempurna dikombinasikan kualitas part pendukungnya yang mumpuni.. cbr josss

  7. masa klep ninja harganya masih dbawah tiger yg ori HM skitar 500rb (1 set, 1 in dan 1 out)
    makanya engine dg high performance kyk super moto WR250X atau CRF 250R klep pakai titanium biar gk gembos buat betot2 gas durasi lama..kawasaki ya harus ada perbaikan, skalian pakai titanium aja deh.

  8. dgn kata lain klep rapet..

  9. begini bro gokil ninja 250 itu torsinya kecil on dyno sportisi cuma 17,86 nm/8000rpm. untuk 250cc torsi minimal 23nm. pada mesin yg torsinya kecil tsb harusnya durasi kemnya rapet dgn sedikit atau tanpa overlap seperti durasi cbsf. alasannya pada putaran tinggi dibutuhkan CR yg stabil dan mengurangi kerugian backpresure gas buang supaya powernya tdk drop. tp kawasaki tetap menggunakan durasi in dan out 272 derajat. open

  10. sorry kepotong. jd dengan durasi in out 272 derajat. saya lupa open

    • Om, dibikin artikel penjelasannya agak repot jd cernanya. Biar tambah ilmu

      • Selo aja Bro Semua. Semua punya pilihan kok, ada kekurangan dan kelebihan. yang jelas yang ane rasaiin lebih beda dijalan saat Pakai DNA Ninja Karisma dijalan buat penunggang kuda besi ini lebih PD. Wkwkwkwk.

  11. r25 itu knapa blkng nya mcam itu sngat tidak menonjol tidak kya ninja keren

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan