Seberapa Efisien Penggunaan Motor Sport Buat Transportasi Harian ???

motor sport buat harian

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Tahun2014 ini sepertinya menjadi tahun semaraknya penjualan motor sport. Masing-masing pabrikan berlomba-lomba membujuk konsumen untuk membeli motor sport. Bujukan yang ditawarakan bermacam-macam, mulai dari performanya, penampilannya, utilitasnya dan lain sebagainya. Terkadang kita lupa dengan kemampuan dan prioritas hidup kita, hanya karena keinginan memiliki motor sport tertentu, padahal masih banyak keperluan yang lain. Kita juga sering mengabaikan utilitas motor sport yang akan kita beli terhadap kepentingan kita sehari-hari sebagai alat transportasi. Bisa jadi kita hanya memikirkan “rasa bangga” menaiki motor sport tanpa memikirkan efisiensi penggunaannya.

Sedikit ilustrasi peralihan dari user motor bebek menjadi user motor sport, yang menurut ane paling “manis”.

Kebetulan ada famili ane yang menjadi peternak bebek telur di Mojokerto. Beliau selain beternak, juga membeli dan menjual telur bebek dari hasil sendiri dan juga peternak bebek lainnya. Sebelumnya menggunakan karisma kemudian beralih ke megapro neo tech. Ane tanya, ” Kok ganti mega pro mas”. Jawabannya, ” Kalo pake mega pro lebih bertenaga, bisa ngangkut lebih banyak telor”. Mungkin juga karena nggak repot kalo ngisi bensin, karena kalo menggunakan bebek dan bermuatan penuh bakalan repot ngisi bensinnya.

Itu salah satu contoh di desa, bagaimana dengan kita yang orang kantoran, apakah kita pernah memikirkan tingkat efisiensi penggunaan motor sport untuk transportasi harian ???… Berikut ini ane akan mencoba memberikan sedikit analisis, sebenernya seberapa persen potensi motor yang kita gunakan sehari-hari.Yang pertama adalah seberapa besar potensi power dan kecepatan yang kita gunakan sehari-hari. Misalnya jarak terjauh jalan kosong yang kita lewati 400 meter, selain itu lurus tapi padat merayap, atau kosong tapi banyak tikungan dan lampu merah. Dari motor yang lagi hot dari 3 kelas yang berbeda ninja250, r15 dan thunder125 (udah nggak hot ya), ambil contoh yang pertengahan r15. Jika kita gunakan sehari2 dengan kondisi di atas mari kita lihat, seberapa besar potensi yang “tergunakan”.

Jarak jalan kosong 400 meter, user r15 adalah tipe dragster, 350 m ng-drag, 50 m buat ngerem

jarak vs waktu

Untuk 350 meter seorang dragster membutuhkan waktu 16.5 detik.

kecepatan vs waktu

Dalam waktu 16.5 detik kecepatannya 118 kpj

kecepatan per gigi

Pada kecepatan 118 kpj gigi tertinggi yang terpakai maksimal gigi-5, itu juga cuma 2-3 detik.

Dilihat dari penggunaan r15 pada jalan kosong 400 m ini, maka efisiensi penggunaan performa kecepatannya 118/137.3 = 86%. Sedang efisiensi penggunaan gigi-nya 5/6=83%. Artinya untuk seorang dragster penggunaan potensi r15 kurang dari 85%, artinya 15% potensinya nganggur alias nggak kepake.

Itu untuk seorang dragster, kalo untuk kita rider biasa mungkin penggunaan potensinya cuma 50%. Jika jalanan kosong lebih pendek lagi, misalnya cuma 200m, potensi tergunaknnya cuma tinggal 30%. Jika jalan sering macet, maka potensi yang kita gunakan mungkin cuma 20%. Oleh karena itu untuk perkotaan yang besar dan sering macet penggunaan motor ber-cc kecil lebih efisien, karena dengan power 7-8 ps, sebahagian besar potensinya tergunakan. Sebaliknya penggunaan motor sport ber-cc lebih besar dari r15, bahkan jauh lebih besar, potensi tergunakannya jauh lebih kecil lagi.

Jadi bijaklah membeli motor sport jika memang ingin digunakan sebagai sarana transportasi harian.

Jika masalah gengsi, passion, harga diri, hobi lain soal, terserah saja, selama mampu, monggo. Cuma saran ane, hindarilah perlakuan mubadzir, karena mubadzir adalah teman syaithon.

Semoga bermanfaat, wasssalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

0 responses to “Seberapa Efisien Penggunaan Motor Sport Buat Transportasi Harian ???

  1. tapi balap disirkuit

  2. Dele regane larang

    gambare motor honda kok g enek dewe yo,,,,

  3. Dele regane larang

    Maksudku ngeten lho Pak,,,sing dienggo conto kok cuman motor sport kawasaki, yamaha karo suzuki tok. ngono,,,

  4. Dele regane larang

    Berarti potensi yg digunakan rt2 sama yo Pak untuk setiap motor sport 150 cc n 250.

  5. bebek sj lah, sing penting nyampe dlm keadaan selamat, selamat badan selamat dompet, hehehe

  6. absen sore pak dosen

    mau tau top speed supersport kawasaki ZX10, Yamaha R1 dan Honda CBR1000RR Fireblade.. cekidot brottt 😀
    http://nivikoko.com/2014/06/03/video-top-speed-supersport-kawasaki-zx10r-yamaha-r1-dan-cbr1000r-semua-hanya-nyentukh-299-kmjam/

  7. Motor cs1ku aja jarang pakai gigi 5 di dalam kota, baru kepakai kalau di luar ringroad jogja

  8. vERZA 150 LEBIH DARI CUKUP UNTUK HARIAN

  9. ane paling cocok motor laki, kegiatan sehari2 bisa lebih dari 20 km. jalan campur desa dan kota

    http://78deka.wordpress.com/2014/06/03/berkendara-itu-dimulai-dari-otak-anda-bukan-dari-menstater-kendaraan/

  10. Tergantung daerahnya juga, karna ga semua daerah serame dan semacet jakarta 😀 😀

  11. CS1 ku gk pernah pke gigi 5 semur hidup cma klo lg touring or bejek2an sm tmn2..
    CBR ku max cm gigi 3
    mtor yg gk aku sbutin cm maenan di gigi1 tmbus 100
    vario malah gk pernah maenan gigi..ngahahahaha
    BMW bru masuk gigi 4 klo dah diatas 100

  12. Sering bngt ngerjain y pake sport dan brlagak angkuh,dbangjo bleyer gas tengok kanan kiri.tp krn tau medan kalah ngebut,make beat karbu stndar. Dkota potensi sport mubazir pke bgt. Mocil bs lbh cepat dan hemat. Cm ngebut kalo ada y perlu dkasi plajaran aja. Q pnx matic buat harian,sport touring buat pas keluar kota,itupun kalem gak lbh 120kmpj pas bner2 sepi. Kalo dkota bs 80kmpj uda jd raja jalanan

  13. dari gambar diatas saya pilih thunder paling irit walopun digeber 90km/jam konstan. tetep dpt 56km/liter!

  14. nk aku seng penting motore irit, bandel, kuat, & wani diajak panas”an macet . . .
    Ngerti kabeh to kondisi jalanan ibukota macete nggilani poolll…..
    hahaa…

  15. aku biyen pernah dijaluki saran ngeneki karo koncoku, lha kok ndilalah aku njelaske yo koyo postingan sampeyan mas, tapi koncoku yo tetep wae ra paham, malah kekeuh tuku sport 150 cc 2 tak. lha saiki wes nganggo lumayan sue lagi keroso sambat gowo motor boros….

  16. solo-jogja seminggu dua kali pantas pakai motor 150cc ya kang?

  17. motor bulanan saya dah aq jual bro..
    syukurlah masih laku,,krn aq pikir2 cuma skedar emosi sesaat aja (gengsi) jd tinggal motor mingguan dan harian dah lbh dr cukup..bawa motor bulanan seumur2 max gg4 itu aja jln sgt lapang dan pj..untuk harian cukup dibawah 200cc lbh efektif

    • ranjang ternoda

      sory oot,mau nanya bro.
      kanvas kopling sering gosong n kick starter sering loss penyebab n solusinya gmn bro?

      *jgn suruh ganti bpkb ya 🙂

      • cbr tombo ati

        merk motor?

      • ranjang ternoda

        shogun 110 awal edisi gasstrack hihihihi…..ane tau sih racing itu kejam tp mosok 2-3 pake kanvas dah gosong….

      • Kampas kopling sering gosong byk sebab bro…
        1, pelumasan k kampas dan plat kopling kurang shg timbul panas sgt tinggi krn gesekan kering
        2, tenaga dr dapur pacu sgt kuat (krn dah upgrade), ttp kampas dan plat kopling tidak mampu mnyalurkan power scr optimal sering slip (lbh optimal jk kampas dan plat modif ditambah untuk mngimbangi power dr dapur pacu)
        3, material kampas krg bagus
        4, olie kualitas krg bagus
        5, rider suka betot2 gas atau 1/2 kopling
        6, ganti oli sering telat
        7, kickstarter sering slip prlu adjustment pd stelan kopling ato jg krn kompresi trlalu tinggi (tdk sesuai dg kmampuan kopling)

        kalau tidak dibongkar atau lihat spec dapur pacunya, transmisi jg final gear ratio gk bisa analisa secara tepat..bawa aja ke mekanik yg brpengalaman

        • Lha.. ini kalo mekanik top kalo menjelaskan detil. salut bro… hrs

        • lhaa ini nih ilmu, lumayan gratis..
          pantesan jupi MX punya saya dulu kq sering gosong kampasnya trus tk bawa k bengkel yg lumayan trkenal..trus rumah kopling dibor sana sini, saya komplain k bos mekaniknya katanya sih karena kampas trlalu panas jd gosong harus ditbh aliran olienya..oalah jadi jwbannya poin no 1 dr bro HRS..
          terimakasih bro kasih pncerahan..
          Tanya lagi bro hrs, sampean ini FB apa sih??? kq gk prnah jelekin merk ya??

    • ranjang ternoda

      wah…thx bgt bro,ntar ane terusin ke mekaniknya,soalnya do’i juga dah puyeng….eheheheh…

      pan kapan ane boleh minta resep buat dirt bike ya….hihihihi

      *lom ada duid buat bangun dirtbike

  18. kalau sudah beli terus ngeluh boros dan pegel pinggang nah itu yang salah, dari awal harusnya dah tau tuh kekekekek….itu artinya dia lom siap…

    http://kobayogas.com/2014/06/03/berkunjung-ke-geba-shop-pati-unus/

  19. Kalo dikota lebih baik “kembali ke matic..!!!” Hehehe tinggal gas-rem aja.

  20. Armored Rider Gaim

    Hha bner banget

    Apalagi dijkt super duper macet, n hr senin adl biangny macet

    Scorpio cm smpe gear 3, apalagi Freed AT pling msuk ke drive low aj bukan D 😀

    Mkany gue k kmpus ga pernah bwa mobil ckckck

  21. lebih pada penampilan… namun performa juga membantu saat jalanan lenggang… bisa sedikit tancap gas meninggalkan motor2 biasa… namun sayang didepan kena lampu merah lagi… 😀

    • cbr tombo ati

      kalo ane, ngalahi brangkat kerja lebih pagi,06.30 udah menyusuri bawah flyover antasari bisa kok 90~120kpj blokM~tb simatupang… apalagi ada ninfi iseng…ndak ada ampun!

  22. Kalo sering lewat jalan yg banyak bgt polisi tidur, cocoknya naek motor apa pak?

  23. Kalau saya pribadi,untuk harian lebih suka dan slalu pake bebek cc kecil(100 cc dan 115 cc,maaf gak sebut merk,ntar dikira promosi,,hehe),,,lumayan,irit dan ringan,
    kalau untuk kluar kota baru pake sport,

  24. cbr tombo ati

    ane kira, disaatnya hobby, kesenangan itu datang, palagi ditunjang financial memadai, tiap hari berangkat kerja pake “moge” ada rasa tersendiri (hindari pamer = dosa ), menambah semangat kerja…duh…sesuatu banget, #ngimpi berangkat kerja pake CBR650 F_——___

    • ranjang ternoda

      ane juga masih ngimpi crf250r…tp jikapun ane ada rejeki buat minang motor garuk tanah itu emang gw pake untuk di nikmati bukan untuk mondar mandir di tempat umum serta buka tutup gas layaknya alay labil sawan gas.

      *lirik abg tua labil sawan gas penyemplak ternoda gs yg doyan lempar jari tengah.

      • masih kecewa ya motor sport nya di kepret bebek tua suzuki? jangan salahkan diri sendiri bro, emang motornya lemot.

        mending ente beli motor 2 tak deh, macem ninja or apalah. di jamin kenceng kok. dan di jamin gak ada bebek 2 tak yang ngasih ente jari tengah di jalanan lg.

        mesin GL? ganti aja ke enjin tustrok…

        😉

        *cup cup cup, jangan mewek. mau permen?

  25. sementara pake cebong. si motor tua menunggu restorasi total.

  26. pratama ramadhan

    um kalo neng verza potensi y gmn?

  27. Kalo mau fungsional ya harus setia sama bebek atau skutik, hehe… Pengen ganti batangan tapi inget pegal tangan harus ngopling menembus kemacetan jakarta…

  28. ” ..Jika masalah gengsi, passion, harga diri, hobi lain soal, terserah saja, selama mampu, monggo… ”

    kalau masalah ini om jangan ditanya, krn memang orang kelebihan duit (yg bener2 banyak duit) itu punya selera unik om. jd ga bisa dikatakan seperti masyarakat umumnya.

  29. Kalau kata pepatah semua ada tempatnya.. 🙂

    ane nitip jemur 2.. 😀

    irwandasyahputra.com

    alloto.blogspot.com

    thanks.. 🙂

  30. Artikelnya sangat membantu gan,ane jadi ngerti.matur nuwun bapak dosen

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan