Trik Supaya NVL Lebih Kompetitif Melawan Satria FU di Indoprix, Bisa Ditiru Oleh NVL Lainnya

Diposting pada

NVL ungguli satria fu

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam balap indoprix yang baru saja di gelar, yamaha NVL berhasil podium, walaupun masih dibawah satria FU. Tapi prestasi NVL ini ane sangat apresiasi, dari pada CB150R yang nggak keliatan batang hidungnya. Kenapa juga nggak ada privateer yang mau nggarap CB150r untuk diturunkan di Indoprix kemarin ???

Kembali ke NVL yang mampu bersaing dengan satria fu, yang jelas2 merupakan penguasa sirkuit jenis ini. NVL berhasil podium dengan berhasil melibas beberapa ssatria fu di belakangnya. Hal ini bukan hanya karena power dan akan tetapi karena beberap modifikasi di sasis dan rangka yang menyebabkan NVL jauh lebih lincah daripada kondisi standar.

Mari kita perhatikan ubahan2nya…NVL racing indoprix2

Akibat ubahan ini membuat NVL menjadi lebih lincah melahap tikungan2 kecil dan mampu mengeluarkan potensi powernya meskipun treknya pendek. Berikut ini pengaruh dari ubahan2 tersebut :

  1. Ban belakan dan velg yang kecil memberikan beberpa keuntungan; yang pertama mengurangi beban dan meringankan kerja mesin untuk berakselerasi, yang kedua adalah menjadikan poros/as roda belakang bisa dimajukan lebih jauh, yang ketiga ikut memendekkan motor sehingga lebih stabil saat menikung.
  2. Gir belakang besar, meningkatkan akselerasi, berguna untuk keluar tikungan dengan cepat, dan mencapai power puncak dengan cepat untuk trek pendek
  3. As roda belakan maju, memendekkan wheelbase sehingga center of gravity (CoG)  bisa sedikit maju ke depan dan motor menjadi lebih lincah. Selain itu wheelbase yang pendek turut berperan dalam memendekkan radius putar, sehingga NVL semakin mudah di tekuk di tikungan kecil. Pemajuan as roda belakang juga dapat mengurangi kerugian akibat terlalu panjangnya rantai, sehingga mesin terasa lebih responsif.
  4. Pemendekan sok depan memiliki beberapa keuntungan, yang utama yaitu (bersama2 dengan punurunan tinggi ban) menurunkan CoG, sehingga motor bisa lebih rebah saat menikung dan lebih stabil.

Begirulah kira2 analisis ane, sehingga bagi bro yang sempat bawa ni motor (NVL indoprik) mungkin akan berasa membawa motor bebek. Mudah sekali di tekuk2 di tikungan dibandingkan aslinya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

64 thoughts on “Trik Supaya NVL Lebih Kompetitif Melawan Satria FU di Indoprix, Bisa Ditiru Oleh NVL Lainnya

  1. kenapa nggak tingkat asean wae yo balap klas ini? msng2 negara nyiapin satu sirkuit. sekaligus buat penjenjangan bersama utk msk wsbk ato motogp.

  2. “Kenapa juga nggak ada privateer yang mau nggarap CB150r untuk diturunkan di Indoprix kemarin ???”

    material mesin cbsf kali yg bkin tim privater yg bkin ogah sama cbsf

    cz kmarin dohc nya FU aja yg promass nya aj ga ada msalah pada ngebul semua, apalagi cbsf yg promass nya bnyak masalah

  3. Coba si bulle lebih singset seperti kete, mungkin lebih kompetitif lagi bawa NVL.. Soale badan si bulle (joki) tinggi besar.. Hehehe.. *faktorX

  4. Tuh Kan Bener analisis Pak Dosen : “sehingga bagi bro yang sempat bawa ni motor (NVL indoprik) mungkin akan berasa membawa motor bebek. Mudah sekali di tekuk2 di tikungan dibandingkan aslinya.”
    Jadi udah jelas bahwa NVL dimodif jadi bebek….!!
    Lah wong ini balapan bebek eh.. motor batangan ikut… ya gak boleh… jadi kalo mo ikut ya kudu dirubah jadi bebek dolo baru boleh ikut….

    Jadi kenapa CBSF gak ikut karena dia itu motor laki tulen… gak bisa dimodif jadi motor bebek… kalo udah dimodif jadi motor bebek maka bukan motor batangan lagi tetapi motor bentjong…!! Paham..???

    Jadi kesimpulannya adalah CBSF gak ikutan karena dia motor laki tulen dan gak mau dirubah jadi motor bebek… sorry lah yaouw….. masak otot kekar bisep nonjol tapi jalannya melambai…? plis deh…enggak banget gitu loh…!!

      1. beda nya yimm gentle tolak karena sirkuit bebek ga safety muat motorsport

        klo ahm ya sudahlahh

        😀 😀

    1. ANDA SEDANG MENYAKSIKAN PEMBODOHAN OTOMOTIF

      gitu sih yg ditulis gede2 di artikel ni

      indobikermags.com/2014/04/08/anda-sedang-menyaksikan-proses-pembodohan-otomotif/

      ehhhhh yg caci maki yamaha disitu ehhh mlah cebong ga turun

      tim privater pun ternyata ogah pke cebong

      silahkan jilat lg kotorannya

      😀 😀

        1. kalo menurut ane nih, baik yimm maupun ahm dua2nya sama2 takut pamornya jatuh jika kalah di indoprix kelas sport 150cc
          sedangkan ada NVL yang masuk, sebenernya bukan mewakili yamaha, atau vixion sendiri, akan tetapi mewakili produk daytona
          jadi kalo moncer prestasinya produk daytona yang naik namanya, dan kemudian rider vixion dan NVL rame2 memborong spare part racing daytona tsb.

          1. betul pak gokil…

            tapi tetep kalo ada tim privateer yang pake CBSF setidaknya terobati. sedangkan YIMM sudah di wakili privateer NVL. setidaknya itu sudah cukup.

            AHM? Honda? FBH? mana FBH? congor item FBH…

        2. Blog adlh tulisan dari opini si bloger,jd kl lo berani,buka lapak sndiri buat counter tu artkel.jgn malah ngrumpi kaya pembokat ditukang sayur

  5. Fanboy malu ndiri lu yang ga turun balap yang mana mas tolong diabsen kayanya telat datang,jangan samakan lokal sama global kang? Absen dulu kang ada yang ga hadir kayaknya

  6. Sering2 bikin artikel sprt ini om,komentatorny jd pd alus,bahkan seekor darmo pun ga brani ngomong cakil

  7. apakah nvl indoprix itu potong rangka? apakah nvl indoprix itu pangkas wheelbase jd mirip bebek? kl liat sih enggak. body utuh dr dpan kblkang.. arm blkang jg standard.. aturan indoprix trkait wheelbase gmn? rake? cm velg aj dgnti old vxion. lha kl aturane lbh longgar mnding boreup jupi mx aj buat indoprix 150 srkuit yg kcil2… yg jd prtnyaan knp cb150 g ad yg trun mski prvateer.. y smoga bsk2 turun biar bs mmbktikan klaim2 nya fbh kl ni motor adalah sport super..

      1. Daytona Bocoran spek:
        Crankcase dan isi: Full standard
        Piston: Daytona
        Rasio: Standard
        Thottle body: Standard reamer
        ECU: Daytona
        Head: Big Valves, port polish
        Cam: Standard modif
        Filter udara: standard modif

        Daytona @Yudi: wheelbasenya masih mendekati standar karena jika dimajukan lg, ban mentok arm.

        Berat hanya bisa terpangkas sekitar 10 kg saja, karena dibatasi regulasi untuk modifikasi rangka utama

        ini bocoran spek nvl indoprix kmren pak, race 1 podium 3, race 2 pake ban untuk hujan tp tidak maksimal. kondisi trek emang gerimis, buktinya 2 fu di depan dlosor. wheelbase standar, bobot hanya brkurang 10 kg krena pmbatasan regulasi, so bobot motornya di kisaran 120kg blm dengan ridernya…

        1. 1.sub frame nya di potong (lihat gambarnya)
          2.as ban belakang dimajukan, bandingkan dengan orinya
          3.sok depan dipendekkan, bandingkan dengan orinya
          Akibat 2 dan 3 maka wheelbase akan berkurang, walaupun semua part (sok depan dan swing arm) masih standar

      1. Artikel MotoGP FBY pd ngilang, jebule pd ngumpul dimari…yowwwis selamat buat NVL yg udah berani nyentul.

  8. apa iya kl shock dpn dpndekin/dtrunin bs mndekin wheelbase ya? kl npak tanah kmdian shock dtrunin kyakna wheelbasenya ttep cm berat agk brpndah k depan. brarti definisi mndekin shock n nurunin shock itu beda…

  9. oiya trnyata nurunin shock bs mndekin wheelbase.. tp kl shock n arm msh standar kyakna ttep lbh pndek wheelbase motor bebek..

  10. Sama kaya underbone yg nggeser tangki bbm ke depan potong rangka belakang-menggeser dudukan sok breaker- sampai ganti sok depan yg asnya ditengah biar bisa ngurangi wheel base dan memangkas bobot agar makin lincah ditikungan sempit…. sayangnya belom sampai merubah sudut caster/trail 😀

  11. maaf om ikut ngobrol ya soal class 150 indoprix, kalau kelincahan memang sangat beda NVL dan FU 150 jauh banget, untuk diameter piston aja FU lebih besar dibandingkan NVL, hanya aja CC 150, standar FU itu lebih enak dibanding NVL, AHM gak tampil mungkin krn pabrikan gak konsentrasi diSport 150 kalau pun ada mungkin privater juga atau dari club yg ingin meramaikan gelaran aja om, sukses ya buat NVL udah tampil digelaran indoprix kita tunggu om ntar seri 5 dibalipat NVLnya kita bareng2 gas disirkuit kalau kita bisa bersaing dgn FU, hanya kalah jam terbang aja kita om sama pembalapnya

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan