ganti-oli-bloger

“Meraba Performa Gixxer 150”, Kira-kira Siapa yang Bakal Kena Hantamannya ???

Diposting pada

00 Blue gixxer

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tadi siang gsx150r sudah dirilis di India dengan tampilan seperti gambar di atas. Data tentang spek engine nggak ada, yang ada hanya data tampilan luar. Padahal selain tampang, calon pembeli juga ingin mengetahui performa dari engine motor tsb, jangan sampai cuma tampang saja yang cakep, tapi kalo turing selalu ketinggalan, bisa dicengin temen2 kan?

Meskipun demikian, dari apa yang tampak kita akan mencoba meraba atau memprediksi performa dari gixxer 150 ini. Baiklah kita mulai dari beberapa penampakan yaitu :

  1. diameter leher knalpot (header)
  2. redline speedometer
  3. bentuk mesin
  4. lebar ban belakang

Bagaimana cara memprediksi performa gixxer ini ?¬† Mari kita bahas bersama…..Sebelumnya kita coba tengok spek dari kakak kandung gixxer 150 ini yaitu gs150r, dan mari kita bandingkan keduanya

1. Mesin dan diameter leher knalpot

gsx vs gs 150

Dengan menyamakan diameter velg depan, kita bisa membandingkan bentuk silindernya untuk memprediksi konfigurasi bore x stroke nya. Keliatan bahwa mesin gixxer lebih tinggi dari gs, maka bisa diprediksi bahwa stroke-nya lebih panjang dari gs (58.6 mm). Bore dari gs juga keliatan lebih lebar dari gixxer, sedangkan knalpotnya keliatan sama besar (atau mungkin gs lebih besar sedikit dari gixxer). Mesinnya masih menggunakan kisi2 udara sebagai pendingin, maka bisa diprediksi CR maksimumnya 9.5, atau bahkan sama dengan gs150r, cr=9.4 :1.

2. Speedometer

00 gsx n gs150 redline

Terlihat bahwa redline gixxer (9500 rpm) lebih rendah dari gs (10000 rpm). Hal ini sekaligus membuktikan bahwa stroke gixxer lebih panjang dari gs. Jika kita sdh mengetahui bahwa posisi torsi, power, redline dan piston speed max untuk gs150r, maka kita bisa memprediksi parameter yg sama untuk gixxer.

03 piston speed gs n gsx150r

Dengan menganggap suzuki memiliki sense yang sama bagi motornya terkait dengan batas piston speed maksimumnya, maka dengan redline di 9500 rpm, diperkirakan strokenya 62 mm, dan power max-nya berada di 8000 rpm.

Jika kita menganggap bahwa volumenya 155 cc, maka bore sekitar 56.4 mm. Dan power akan bisa diprediksi, jika engine gixxer memiliki variabel  VE, AFR dan CR, yang sama untuk dengan gs150r, maka power gixxer akan berada di 13.46 hp (13.65 ps) / 8000, dengan torsi maksimum di 5500 rpm. Dari perkiraan ini maka, rpm-band nya lebih sempit, kemungkinan besar gixxer ini 5-speed.

3. Ukuran ban gixxer 140/60

Dari 2 hal di atas, kelihatannya gixxer inferior dibandingkan gs150. Akan tetapi dengan memperhatikan ukuran ban yang harus diputar cukup besar, maka kemungkinan besar torsi gixxer di rpm bawah akan lebih besar dari gs150r (13.4 Nm/6000), mungkin sebesar torsinya byson sekitar 14.5 Nm/5500 .

Dan seandainya suzuki mengaplikasikan lapisan nikasil pada dinding silindernya, maka power max nya bisa diletakkan pada 9500-10000 rpm, mirip dengan kasus vixion. Jika demikian maka power gixxer 150 bisa mencapai 16 ps – 17 ps, nah ini baru mantab.

Nah sekarang, motor mana saja yang bakalan kena hantam dan tergerus market sharenya. Jika menggunakan prediksi yang pertama, yaitu dinding silinder konvensional, powernya 13.65 ps/8000 rpm, maka yang akan terhantam adalah byson dan new megapro. Perhatikan tabel beikut

square engine nmp nvl byson

Tapi jika suzuki mengambil opsi kedua, dengan mengambil langkah berani seperti yamaha, meletakkan power max di ujung rpm tertinggi (redline), dengan power yang bisa mencapai 17 ps/10000, maka empat motor di-atas akan merasakan hantaman gixxer150, baik langsung maupun tidak langsung. Dan daya hantamnya akan semakin dahsyat jika suzuki mengaplikasikan rem cakram belakang, yang memberikan peningkatan penampilan yang signifikan.

Satu lagi yang nggak boleh dilupakan, bahwa kemungkinan besar cr-nya 9.4-9.5 (dgn memperhatikan tipe pendingin mesinnya), artinya masih aman minum premium, ini akan mebuat gixxer lebih menarik dan memiliki pangsa pasar yang lebih luas, dibandingkan jika harus minum pertamax. Jadi enginenya mirip pulsar, cr rendah tapi power tinggi, hanya saja suzuki memiliki nama lebih besar daripada bajaj.

Sampai disini prediksi performa gixxer150 yang baru saja dirilis. Namanya prediksi bisa salah bisa bener, tapi dari penampakan yang ada ane berharap gixxer bisa punya power 16-17ps. Apalagi huruf “xr” identik dengan kecepatan, pantasnya memang segitu powernya (16-17 ps). Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.