ganti-oli-bloger

Apa Iya, Salah Oper Gigi Bikin Bandul / Crankshaft Melintir ?

Diposting pada

Crankshaft 00

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Hari ini ane kena musibah. Pagi tadi ane lengah, gara2 sedikit ngobrol sama boncenger, jadi salah ngoper gigi. Dari gigi-3 maunya turun ke gigi-2, eh malah ke gigi-1, rpm-nya ya biasa untuk gigi-2 rada tinggi. Tiba2 muncul suara cekrakkk., biasanya sih nggak apa2, tapi kali ini beda. Mesin langsung bergetar, semakin tinggi rpm, semakin getarrr. Firasat ane mengatakan, yaaah crankshaft melintir nih.

Ane pinggirin motor, netralkan gigi, gas sedikit dan perlahan2 naik, bener, getar bertambah seiring kenaikan rpm. Ya udah berhubung di perjalanan, diteruskan jalan pelan maks 60 kpj, rpm maks 3000. Ane khawatir juga nih, kalo bener2 mlintir crankshaft-nya bisa2 ambrol nih mesin. Alkhamdulillah, untungnya sampe rumah motor masih sanggup jalan, meskipun pelan2, 3000 rpm , gigi-5, 57-60 kpj.

Bro2 semua ada pengalaman kayak gini nggak ?

Apa bener, dengan gejala seperti itu, crankshaft-nya melintir ?