ganti-oli-bloger

Performa Standar Scorpio Z Sudah Mumpuni…Apalagi Kalau Dioprek ? Dahsyat Bro

Diposting pada

scorpio 2013

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Manyanggupi permintaan beberapa komentator untuk juga membahas motor sport yamaha lokal  dengan cc terbesar “Scorpio Z”, membuat ane harus mengakui performance motor ini memang top-markotop. Bayangkan dengan kondisi yang bisa disebut low performance, scorpioz sanggup memuntahkan power 13.4kW alias 17.98 hp atau 18.22 ps pada 8000 rpm. Yuk kita simak karakter dari msin scorpioz std

scorpio potensi 00

Perhatikan gambar di atas, mengapa scorpioz dapat dikatakan berada pada kondisi yang sangat aman buat harian, karena setingan standart-nya low performance.

  1. Volumetric Efficiemcy nya tergolong rendah nggak sampe 85 %
  2. Seting AFR dibuat irit dengan nilai lambda = 0.9 atau AFR=13.23
  3. Power dicapai pada rpm rendah yaitu pada 8000 rpm otomasit piston speed-nya juga masih rendah (aman) = 15.47 m/s.
  4. Kompresi rendah cr=9.5 sehinggan BMEP juga rendah = 10,74 (tapi masih lebih tinggi scorpio daripada tiger)

Mari kita perhatikan apa pengaruhnya kalo kita melakukan ubahan pada bagian2 di atas, meskipun kelihatan sederhana tapi dampaknya bisa dikatakan luar biasa, mari kita mulai

Ketika kita coba naikkan VE dari 83.9% manjadi 90%, maka power akan naik dari 17.98 hp menjadi 19.29 hp (lumayan naik 1.3 hp)

scorpio oprek VE

 

Kemudian bensin kita bikin agak boros sedikit, AFR disekitar 12.6 dimana pada posisi itu powernya optimum. Maka tenaganya naik lagi menjadi 20.43 hp.

scorpio oprek AFR

 

Tenaga sudah besar, mulai ingin main di rpm yang lebih tinggi, lihat batas piston speed nya saat ini masih jauh dari limit, bandungkan dengan motor2 sekelas (tiger dan p220)

scorpio piston speed

Maka masih aman untuk menggeser posisi power puncaknya yang sebelumnya 8000 rpm menjadi 10000 rpm, kemudian lihatlah lonjakan tenaganya menjadi 25.54 hp

scorpio oprek rpm

Kondisi mesin masih dengan CR = 9.5, masih rendah untuk ukuran motor sport “kenceng. Silahkan tingkatkan lagi sampai 10.4 (sepertu satria fu), maka powernya bertambah sedikit menjadi 26.2 hp.

scorpio oprek cr

 

 

Kalo sudah sampe sini upgrade-annya, maka motor “std” yg layak manjadi tandingan scorpio oprekan ini cuma cbr250, mantabkan. Coba bandingkan harga scorpio z baru + oprekannya (yg relatif sederhana) dibandingkan dengan harga cbr250 ? Padahal teganya dah mirip2. Pada kondisi ini performa scorpioz dah jauh dari std, sudah waktunya memperberat reduksi akhir dengan mengurangi gigi gir belakang, yg tadinya 44 bisa jadi 40 (ada nggak ya buat scorpio ?).  Dan kita lihat kecepatannya sekarang bisa mencapai 180 kpj bro, mantab.

scorpio oprek street performance

 

Kita lihat akselerasinya dalam menempuh jarak 400m

scorpio oprek 401 m SP

 

 

Kalau untuk 100m cuma butuh 6 detik, segini kenceng nggak bro?

Baiklah oprekan untuk scorpio z street performance, kaya cukup sampe disini aja, dah kenceng banget. Mengenai bagaimana caranya meng-upgrade bagian yang terkait dengan VE, AFR, RPM dan CR, silahkan lihat2 lagi artikel sebelumnya, beserta arahan dari komentator ex suhu oprek mesin motor.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.