Honda Sama Sekali Tidak Takut Dengan Kedatangan YZF R25, Mungkin Ini Sebabnya……

honda250engine

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Tidak sesuai dengan hingar-bingarnya berita tentang kedatangan yzf r25, dengan spek yg sangat mumpuni, honda malah cenderung santai. Kedatangan yzf r25, justru disambut hanya dengan facelift body dan headlamp (sepertinya ini merupakan jawaban bagi fb* yang mencela wajah cbr 250 kaya semp*k). Cuma itu doang…….., gimana bisa merebut hati pencinta motor sport 250 cc ?

Sepertinya honda (ahm) masih menunggu sambil terus survei, apakah customer motor sport 250 cc adalah memang bener2 orang dari kalangan menengah atas, yang tidak peduli dengan harga, yang penting penampilan-kecepatan-dan gengsi. Jika benar, maka barulah honda mengeluarkan jagoan sport 250cc – nya. Simak terawangan berikut

Setelah yakin customer sport 250 cc adalah “orang kaya”, maka dengan mudahnya honda akan menancapkan mesin nsf 250 ke dalam rangka cbr 250, gampang kan. Inilah penampakan mesinnya….

honda250enginepic

Sudah tau kan spek mesinnya ? Kalo belum tau, bisa melihat tabel berikut

2012-Honda-NSF250R-Spec

Dan topsped yg bisa dicapai (dengan bobot rider 70kg + bobot motor cbr250 162kg + ban 130/70)

akselerasi topspeed nsf250

Tentunya nggak mungkin mesin nsf250 dicangkokkan bulat2, karena speknya “ketinggian” kalo cuma buat ngelawan ninja250 dan yzf r25. Jadi akan dilakukan downgrade power habis2-an sehingga harganya bisa diturunkan semurah mungkin. Hasilnya mungkin masih mahal juga buat kebanyakan rider Indonesia, tapi tidak bagi “rider kaya” yang haus prestige + speed. Downgrade yang mungkin dilakukan misalnya :

1. Menurunkan power maksimum dari 47,8 hp jadi 33 hp aja, dan ini efeknya besar terhadap pemilihan part pendukungnya (banyak banget part yang bisa di-downgrade/hemat)

2. Menurunkan rpm pada power puncak, dari 13000 rpm jadi 11000 rpm, ini juga signifikan dalam penurunan harga sparepartnya

3. Mengganti klep titanium dengan klep cbr250 std, yg sudah terkenal kuat dan awet.

Sehingga dengan ubahan/downgrade ini, performanya memang turun, tapi cukuplah untuk melawan ninja 250 dan yzf r25, lihat gambar ini

akselerasi topspeed honda250

Masih lumaya kenceng, kecepatan riil bisa tembus 203 kpj di gigi-6 pada 12100 rpm. Mungkin inilah sebabnya mengapa honda tetep bertahan dengan satu silinder, dan tidak takut dengan hegemoni ninja 250 fi maupun kedatangan yzf r25.

Bro2 semua juga bisa melakukan analisis seperti ini dengan menggunakan beberapa kalkulator/simulator yang disediakan oleh link berikut :

http://www.gearingcomman***.com/
http://hpwizard.com/engine-horsepower-calcula***.html
http://motorcycleperformanceanaly***.com/

Ini hanyalah terawangan kemungkinan, menebak sikap honda selama ini, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

106 responses to “Honda Sama Sekali Tidak Takut Dengan Kedatangan YZF R25, Mungkin Ini Sebabnya……

  1. woh mantep tenan mas, biasa honda kalau urusa tiru2 mah jagonya. biar tiru2 tapi sukses ๐Ÿ˜€

  2. Selama ninja250 msh kalah di IRS, cbr250 masih confidence dgn mesinnya skrg.. Kalo mesin NSF sih ketinggian speknya, kalo mau downgrade pun tidak worth sama sekali. Patokan u/ tempur sama Yamaha YZF-R25 , ya cukup mesin cbr250 skrg msh mumpuni. Tergantung rider & team mekanik di sirkuit.

  3. Pingback: Honda Sama Sekali Tidak Takut Dengan Kedatangan YZF R25, Mungkin Ini Sebabnyaโ€ฆโ€ฆ | Blog Otomotif iToday

  4. dijual Rp. 90 Jutaan tapi :v

  5. motor spec moto3……..
    katanya 250cc bukan hanya mslh power…….

  6. wr250x
    kira2 ini sebanding bila nfs di downgrade
    atau nfs spec moto3 vs wr250x upgrade

  7. ngimpi mas spek gt dihargai 50jt an…

  8. Mungkin H*nda belum berminat bikin 250cc 2 silinder untuk market Indonesia, belum banyak untung-nya kali (dalam skala mereka).

  9. Pingback: Honda Sama Sekali Tidak Takut Dengan Kedatangan YZF R25, Mungkin Ini Sebabnyaโ€ฆโ€ฆ | OTOMOTIF

  10. semua mesin kl di kasih high spek juga sami mawon..

  11. Gak cuma dimari khan yg dapet satuh silender doanx…
    Toh org eropua mpe americua gak ada yg protes

  12. Mo liat masy eropa protes honda buat mobil 1 clynder aj, buat tehnologi yang high skalian, buat motor mindset nya masy eropa masih mainan kali…,

  13. Mimpi…………………….haha

    • lha kan honda jagonya men-downgrade product high level, jadi product local untuk Inodesia
      PCX –> vario 125
      CBR150 –> CB150R (bonus pro-link + injeksi)
      CBR125 –> CS1 (bonus kepala domba), coba perhatikan penurunan harganya, sadis kan?

      meskipun downgrade contohnya CS1, coba cari tandingan CS1 di kelas 125cc??

  14. honda emang lebih kreatif dlm urusan ini. tapi menurut saya cbr 250 akan tetap dipertahankan tanpa mesin baru apalagi nyomot punya nsf didowngrade terlalu bnyk riset ujung2nya ke cost . jd selama sport cc kecil, bebek n matic msh memberi kontribusi penjualan yg luar binasa cbr250 akan dijual santai secara beriringan walaupun memberikan kontribusi penjualan yg krg signifikan toh yg penting laku dan itu tidak akan membuat rugi AHM.

  15. saya mau nanya ke admin harga nsf250 berapa? klw didowngrade turun berapa, masih sanggup jdi harga 50 jutaan dngn power 33 hpan

    • Aslinya ane nggak tau (nggak kebayang), kalo motor utuh di eropa sekitar 23.600 euro (374 jutaan), nggak tau kalo mesinnya doang.
      Tapi menurut ane, masalah harga bagi perusahaan besar macam honda, bukan hanya dilihat dari nilai intrinsik material/sparepartnya, tapi lebih pada pricing strategi terhadap harga yg diberikan kompetitor.
      Bayangin aja mesin baru cbr150 (old) thai aja dijual sekitaran 17 juta, begitu diteplokin ke cb150 harganya mungkin tinggal 7 juta, dan bonus pgmfi.
      Juga contoh cbr125 di eropa 2300 usd (26.9jt) off the road –> CS1 18 jt on the road

  16. halah.. hondo ya gitu” aja buktinya pasaran 150cc aja kalah. apalagi 250. nyungsep!

    • Jangan senang dulu bro! Tunggu aja sampai plant4 honda selesai dibangun. Ntar kejadian pada mio yang direbut pasarnya oleh honda akan terulang lagi.

      • Plan4 apa itu!?
        Anda karyawan AHM kok bicara PLIN PLAN EMPAT?

        • jngn kalap kaya gitu om
          plan 4 itu pabrik ahm ke 4
          jd produksi bisa ditingkatkan lg
          skrng kan semua plan ahm sudah maximal (dg ms 60% an)
          ada kemungkinan kalo plan 4 jd, ms bisa naik jd 70%-80% an
          apa gk gila tuh???????
          terurama dari sport, krn demand sport lg naik terus nih
          jd ada kemungkinan jg tahta raja motor sport indonesia bsa berpindah tangan
          hehehe,,, imho lho ya ๐Ÿ˜‰

  17. tak dukung mas bro..HONDA itu spiritnya The Power of MASS Production, yang mahal jd murah,,,tapi g muraahan…sesama pengguna CS1 mas…hehehe..

  18. smua pebalap didunia sudah tau kehebatan dan DIGDAYAnya power yg dihasilkan mesin honda.
    insyinyur honda itu numero uno, pemikiranya bukan untk saat ini saja tetapi untk jauh kedepan dan akhirnya smua produsen motor mengikuti teknologi honda.

  19. mantap………..
    HONDA TETAP JAYA……

  20. NFS250 kyanya mesin itu bkn buat street racing, melainkan utk balap.. klo ga salah sih…

  21. Serba salah…dikasih harga mahal tar dibilang ngapain 250 mahal banget hehhee

    http://kobayogas.com/2013/11/24/grand-opening-moto-arte-apm-mv-agusta/

  22. org eropah & amerikah udah biasa maen moge yg hrganya jauh lbh murah drpd dimarih dgn pnghasilan jauh lbh besar drpd dimarih..mesin multisilinder udh bkn brg aneh makanya mrk seneng dkasih msin satu silinder,bd ma qt yg puluhan taun dicekokin mesin satu silinder,bgtu ada mtor dgn msin 2 silinder ya laris manis…..yg 1 slinder ora payu

    • mereka bukan bosen dengan mesin 2 silinder, akan tetapi mulai sadar bahwa dengan teknologi terkini mesin 1 silinder bisa powerfull dan juga efisien.
      nah sekarang terserah kita, mau langsung sadar seperti keadaan mereka “sekarang”, atau mau mengikuti pilihan mereka di masa lalu.

      • Analogy aja MasBro, dulu di kantor ane di JKT expat londho kebanyakan adalah vegetarian. Jelas waktu kecil mereka sdh cukup gizi.. Lah ane yg baru terpenuhin 4sehat 5sempurna saat bekerja di JKT masak langsung di-convert jadi vegetarian… ๐Ÿ™‚

        • pendapat ente ada benernya,
          tapi menurut ane, mungkin saja mereka jadi vegetarian setelah sadar bahwa cara hidup mereka dulu kurang sehat, segala macem dimasukkin ke dalam perutnya.
          menurut ane juga yang paling sehet bukan jadi vegetarian, akan tetapi makan seperlunya seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. cara makan belaiu
          1. Makan makanan yg halal (halal makannnnya, halal juga asalnya)
          2. Makan secukupnya, makan saat lapar, berenti sebelum kenyang
          3. Beliau sering puasa, kalo pas mau makan nggak ada makanan, beliau puasa.

          • Valid Gan… Thx sdh mengingatkan..

          • kalo honda mau bikin desain cbr 250 “sbgamana” mrk bikin desain vario 125, dg mesin yg sekarang jg udah oke bgt, skali lg masalah desain yg jd masalah, kalo downgrade tp desain msh banyak “diperdebatkan” y kasusnya ga akan jauh beda sm CS1 secara market, performa jozz tp MS ngempozz, apalagi produk flagship harusnya tampil wah… CMIIW keep riding keep writing

  23. iya ya…palagi harganya mefet mefet…rugi lah beli motor satu silinder yg hrganya cm bd tipis dgn dua silinder…lagian motor bukan dipke buat balapan cm bwt harian ane aja pk ninin lbh suka bw nyantai enak dengerin suara knalpotnya..kalo sekali kali pengen geber yo tinggal ngegas,kalo gnt knalpot yg 1silinder gd beda sm tiger pio thunder mgpro biarpun knalpot belasan juta hrganya…bd ma 2silinder knalpot standar ajah dah merdu….wrrrrr zuiingggg

  24. ngakak ane baca nya, kgak mungkin lah hondut nglakuin hal beginian…

    mendingan ngejar duit bukannya memuaskan minat konsumen akan 250 cc nya coi, kya gak tau hondut aja lu

    laen kali klo bkin artikel ringan2 aja om, jgn menghayal tinggi2 kyak gini. untung lom bnyak yang tau nih blog, coba klo kya duo maut iwb tmc, bakar2an dah

    • wah seneng juga ane bisa bikin ente ngakak, padahal ane kan lagi nggak ngelawak
      honda pasti ngejar duit, makanya saat ini dia tenang2 aja, begitu market 250cc udah terbuka (keliatan menguntungkan) karena sudah banyak “rider kaya” yang naik kelas dari 150cc ke 250cc, baru lah honda masuk. Pasti, agar lebih menguntungkan honda akan menggunakan basis mesin yang dah ada, baik 1 silinder maupun 2 silinder, tapi yang jelas honda sudah punya jagoan 250 cc satu silinder, yang kalo muncul maka siap2 yang lain minggir.
      ane memang menghayal, tapi berbasis analisis, bukan khayalan biasa. khayalan ini biasa aja nggak tinggi juga, suatu saat mesin nsf bukan lagi mesin superior, tapi menjadi mesin yg harus segera dikeluarin sebelum jadi mesin “basi”. inget semua kemajuan teknologi awalnya adalah khayalan juga.
      nggak apa2, blog ini lebih sepi, tapi semoga bisa bermanfaat bagi yg maen2 ke sini.

      • om………bener2 menganggap pabrikan non honda sangat inferior di sport 250cc single cylinder. apakah memang begitu adanya?!

        • nggak juga,…
          hanya saja yg ikut moto3 kan cuma honda, ktm dan mahindra (nggak ada kawasaki dan yamaha). Jadi untuk kelas 250 single cylinder “di Indonesia” cuma honda yg duluan riset untuk balap, jelas ini sangat berpengaruh terhadap kualitas dan performa.

    • Ikut komentar sikit.. Menurut ane mah yg bakar2an udah milih parkir di warung yg sering menyajikan info product baru.. Kalo artikel teknikal mah adeemm & manfaat..

  25. Walah bro.. Org Indo selain demen kencengnya.. Bnyk ko’ yg pk ninja cmn pingin nikmatin dual soundnya.. N ganti pk knalpot racing tp jalannya kalem.. Woles bro.. Jd brasa moge.. Lah ini sehh suara ya bgitu dah.. Khas Jomblo Silinder.. Cmn kenceng doang.. Lgian CBR250 diluar sono hrgnya 1/2 dari Ninja 300 ya laris manis lah.. Lah disini AHM jualnya mepet ama Ninja 250 masih murah Z250 lg.. Apa ga’ gila tu.. Secara rasional aja pasti pilih Ninja.. Apalgi kl R25 yg lbh murah dr N250.. Think Logic.. Peace..

    • Wkwkwk.. Gausah dijabarkan Broo.. Ini ajang hondamania menghibur diri.. Dengan andaikata dan andaikan… Peace

      • selain hondamania yg berandai2,
        yamaha mania juga bisa berandai2 misalnya r25 nanti sendainya nggak terlalu mahal, dan versi jalan-raya nya nggak terlalu jauh dari prototipe-nya
        kawasaki mania juga bisa berandai2 mudah2an kawasaki meng-upgrade tampang dan mesinnya supaya nggak kalah dari r25
        suzukimania…., ini yang agak gelap nih, mungkin nanti akan dirilis “fxr250 dual silinder”

    • emang ahm keterlaluan nyari untungnya, juga kurang bisa memenangkan hati konsumennya
      sekali2 ahm memang harus di”pecut” supaya konsumen di Indonesia lebih diperhatikan

  26. kyknya terlalu boros jika menggunakan nsf. upgrade material gampang buat ngejar 32 hp.
    ahm jg sudah mempersiapkan jagoan sportnya yg akan masuk line up produksi plant 4 nantinya. gw rasa ndak bkal ada cbr250 dual.
    gimana klo skenarionya cbr250,cb250,cbf250 otomatis memecah kosentrasi kelas 250 yg di dominasi sport fairing. belum lg di recoki klan crf. semakin memecah kosentrasi konsumen.
    untuk perang ini yg akan merasakan dampak besar ya kawasaki terpukul masalah harga.

  27. mesin NSf mesin hibah karena sudah kalah sama KTM ataupun Mahindra di Moto3

  28. lhah emang motor dibikin cuma buat race
    Ninja250dibikin / buat melengkapi tuntutan bikeantusias akan motor yg beraurora dan berasa moge utk harian
    untuk balap itu nomer sekian
    lha Honda sudah banyak mesin silinder jomblo , masak bikin mesin 2 silinder nggak sanggup !!!
    pabrikan besar masak terima jadi follower !!!!

    wanipiro

  29. Salam kenal bro. Ane coba ikut urun rembug pemikiran nih.
    Menurut ane, Honda gak perlu menurunkan mesin NSF 250R ke CBR 250R kalo cuma utk melawan Ninja 250R & YZF R25.
    Secara teknis, meskipun hanya single silinder, namun berbekal diameter bore & stroke CBR 250R yg tidak berbeda jauh dg NSF 250R maka tidaklah jadi masalah. Dengan diameter bore 76mm & stroke 55mm sebenarnya mesin CBR 250R punya potensi utk menghasilkan power mesin lebih dr 30 DK. Asalkan :
    menggunakan ukuran klep in berdiameter di atas 30mm.

    Diameter klep in standar CBR 250R sebesar 30mm.
    Jika dibandingkan dg diameter bore (piston)nya yg 76mm, maka hanya menghasilkan efisiensi volumetrik (EV) 79% saja.
    Untuk menambah power mesin, EV-nya harus didongkrak hingga melebihi 80%. Maka harus besarkan diameter klepnya.
    Utk menghasilkan power mesin minimal sebesar 32 DK, maka bisa gunakan klep in berdiameter 32mm. Sehingga EV jd 84%.

    Dg ubahan tsb, power mesin bertambah menjadi 32,5 DK.
    Sangat bejaban utk melawan Ninja 250R & YZF R25.
    Ditambah lagi gas speed-nya dibikin jadi 116 m/s.
    Maka peak power berada pada putaran mesin 9500 RPM, seribu RPM lebih tinggi dibandingkan dg CBR 250R standar.

    Kalau Honda Jepang berkehendak, maka ubahan simpel tsb dpt diterapkan, karena sangat efisien utk membuat mesin CBR 250R menjadi jauh lebih bertenaga setara dg Ninja 250R.
    So, gak harus pake double silinder agar powerful ๐Ÿ˜‰

  30. Ane pikir gak bakalan ngaruh ke penjualan. Mau pakek half cut mesin rcv yang dikecilin, di downgrade plus disunat sana-sini tetep aja suaranya udug…udug…udug…
    Lha kan buktinya udah ada. CBR juara IRS. Ninja kalah. Mindset ‘kenceng’ disirkuit dah dapet. Tapi tetep aje CBR cuma laku 1 unit / bulan wkwkwkwkwk.
    Klo berpikir secara ngureopah kenape ahm nggak ekspor aje tigor si tengki boocor ksana? Sapa tau disana laku keras kan? Klo laku kan yang bangga fbh juga wkwkwkwkwk

  31. Sepertinya masyarakat indonesia ga lihat powernya tapi lebih ke 2 silinder dibanding 1 silinder , suaranya yg khas yg buat orang indonesia membelinya terbukti penjualan n250 jauh ninggalin cbr250 (IMHO)

  32. ane paling suka baca blog ini. santun dan mencerahkan.
    bukan kayak blog iwb yang jd ajang caci maki dan hina menghina

  33. percuma…
    kalo mw Yamaha juga punya tuh WRX tapi apa di pake? pan kagak…

    mw european style kek apa kek tetep aja disini mah mayoritas 1 silinder…

    nuff said!

  34. @om gokil
    yg sabar aja nerangin’a om
    ๐Ÿ™‚

  35. harusnya yamaha ngeluarin hg 250 cc biar bosa nyaingin n250

  36. @om gokil
    yg sabar aja om menjelaskan’a
    niat baik pasti nanti hasil’a baik
    teruskan pencerdasan otomotif!!!
    ๐Ÿ˜€

  37. apapun itu
    yang penting tahun depan wajib beli R25 ๐Ÿ™‚

  38. Lha orang dimari tu beli N250 lkarena suara knalpotnya je…bukan masalah power, torsi, ergonomi atau apalah…

    Tapi ya itu cuma mau pamer suara knalpot stereonya doaang…kalo diblayer dari kejauhan dah ketahuan tuh suara Ninja Hatori..

  39. Pengalaman downgrade power CBR150 ke CB150R …. banyak masalah !!! Konsumen kelas “orang kaya” mau gak dikasih motor banyak masalah?

  40. 2 silinder bebek 125 cc vs 1 silinder moge?
    Mau digas kayak apapun suara Ninja ya mirip bebek, cuma ini bebeknya lebih banyak, menggema.

  41. Pada gak ngeh semua itu Mesin NSF emang akan booming di masa mendatang mesin type REAR SLANTED ENGINE…
    YZF 250 dan YZF 450 jg jenis rear slanted juga…

    ayo gan bikin artikel tentang REAR SLANTED ENGINE …ditunggu…!!

  42. bro saya punya cbr250..
    kata ente top speed bisa 200km/h?
    ane dipasupati cuma mentok 165 udah nunduk + bobot ane cuma 65 kg tuh itu aja udah lama banget dapetnya..
    di youtube jg ane liat2 ga ada stock engine cbr dapet 180++..

    sorry ya bro no offense tapi ane mau tanya ente sales honda?

  43. Bicara soal selera pasar nih.. sehubungan dgn jalanan kota besar yg macet, percumalah top speed tinggi. Kebiasaan org Indonesia ya menyukai body yg cakep dan suara yg gahar.. jalan pelan2 wruum wruumm.. khas Ninja 250. Lha klo body macho kog suaranya blup blup blup kurang sip. CB 100 modifan. Semoga R25 nanti memenuhi selera utamanya Fans Yamaha, dan biker pada umumnya.

  44. sumpah,baru tahu kalo ada blog sebagus ini
    ..

    lanjutkan mas bro…

    btw,ada itung-itungannya mesin cs1 ga boz,biar tahu sebrengsek apa tunggangan daku itu :mrgreen:

  45. wah,malah lebih kenal aku..jadi malu sayah….xixixi..usul pak boz..sekarang kan eranya motor cepat,bikin artikel tentang cara ngirit tapi “cukup” bertenaga..alias paling ngirit dengan puncak tenaga pada sekian-sekian rpm xixixi..

    maklum bos,cs1 boros tenan..klo bisa seirit supra x kan lumayan…

  46. disinilah prbedaan insinyur jpn dg org kbykan dimari, insinyur jpn sering kali repot untuk mnurunkan power kuda besi krn kmauan pasar..klu org dmari selalu krepotan untuk tingkatkan power sikuda besi

  47. Honda di lawan, ora iso cuuyyy! Bibit bobot bebet sd teruji ratusan tahun. Sdh takdirnya yamuha di bwh telapak kaki honda.
    Ngoahahahaha…
    Ngoahahahaha…
    *Marwoto mode

  48. yg punya warung kayanya fans honda :p

  49. tetep adja pake satu piston,, behhhhhhhhh suaranya pasi kurang merdu COY

  50. Tulisan dan coment balasannya menguatkan kalau adminnya memang Hlovers … hmmm !!!

  51. ngoahaha diartikel ini juga berharap cbr250 ditemplokin mesin nsf250! sampe segitu nya belani honda sam sam. pabrikan kemaruk ngono.sekali2 ngoco sam.

    • he he he
      sam sam, nggak usah ditemploki mesin nsf250, ninja250 masih belum bisa ngalahin di sentul, betul ?
      makanya umak harus rajin baca2 info otimotif, biar nggak ketinggalam info

      • Menurut suvey saya. Cbr seri R itu tipe sport touring dan belum ada yang lebih dari 500cc(cbr 250R, 300R, 400R(2cyl), 500R(2cyl)) kalo seri F itu semi sport(600F, 1000F) dan seri RR itu supersport dan harus 4 cyl(250RR, 400RR, 600RR, 900RR, 929RR, 1000RR)

        Jadi jangan protes kalo honda kalo CBR 250R cuma 1 cyl ๐Ÿ˜€
        Mau multi cyl ya beli aja CBR 250RR(kalo ada) ๐Ÿ˜€
        CMIIW

  52. Tapi setahuku pny tmn di AHM itu, krn kan AHM itu saham ny 50:50 Honda dan Astra Group (klo persisny lupa, ga jauh dech) brp gtu ga jauh perbedaan saham ny, dari sisi ini adalah beda dengan Yamaha yg saham hampir mayoritas milik jepang sana, jadi dahulu mereka kan pemimpin pasar, ketika kena Mio itu jadi berubaha, berani riset dan keluarkan dana untuk pengembangan, coba lihat sebelum keluar mio ny Yamaha, Honda basis mesin ny gtu2 aj, bru tersentak ketika kalah dari Yamaha, riset pun cukup lama, dan ternyata 1 riset mesin itu mahal sekali krn AHM hrus setor ke Honda pusat di jepang besar sekali, makany kenapa kita seolah pastih kalah dengan thailand unt masalah motor karena ya itu tadi…jadi berbahagialah klo Yamaha keluar R-series, HOnda pasti riset untuk mengalahkan, dan yang untung tetap Oto mania tanah air, makin beragam produk, biar ga itu2 aj motor nya…heeee..tapi yg pasti klo lihat market share 150 cc dan 250, itu cuma selera, untuk jalan sih yang penting tampilan…
    heee..sekedar berbagi info dari yang awam tentang masalah otomotif ini..
    tq admin

    http://www.indoniaga.co.id

  53. saya sih pecinta R25,sejauh ini cukup puas,mungkin honda bakal ngluarin pesaing ninja dan R series,tapi menurut saya ketika honda launcing produk mereka,yamaha dan kawasaki sudah upgrade ke yang lebih bagus lagi,dan lagi2 honda harus bikin riset lagi.tp ya semua tergantung anda2 semua,mau pilih yg mana aja,toh bukn saya yg bayarin…salam satu aspal.thanks