ganti-oli-bloger

Honda Sama Sekali Tidak Takut Dengan Kedatangan YZF R25, Mungkin Ini Sebabnya……

Diposting pada

honda250engine

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Tidak sesuai dengan hingar-bingarnya berita tentang kedatangan yzf r25, dengan spek yg sangat mumpuni, honda malah cenderung santai. Kedatangan yzf r25, justru disambut hanya dengan facelift body dan headlamp (sepertinya ini merupakan jawaban bagi fb* yang mencela wajah cbr 250 kaya semp*k). Cuma itu doang…….., gimana bisa merebut hati pencinta motor sport 250 cc ?

Sepertinya honda (ahm) masih menunggu sambil terus survei, apakah customer motor sport 250 cc adalah memang bener2 orang dari kalangan menengah atas, yang tidak peduli dengan harga, yang penting penampilan-kecepatan-dan gengsi. Jika benar, maka barulah honda mengeluarkan jagoan sport 250cc – nya. Simak terawangan berikut

Setelah yakin customer sport 250 cc adalah “orang kaya”, maka dengan mudahnya honda akan menancapkan mesin nsf 250 ke dalam rangka cbr 250, gampang kan. Inilah penampakan mesinnya….

honda250enginepic

Sudah tau kan spek mesinnya ? Kalo belum tau, bisa melihat tabel berikut

2012-Honda-NSF250R-Spec

Dan topsped yg bisa dicapai (dengan bobot rider 70kg + bobot motor cbr250 162kg + ban 130/70)

akselerasi topspeed nsf250

Tentunya nggak mungkin mesin nsf250 dicangkokkan bulat2, karena speknya “ketinggian” kalo cuma buat ngelawan ninja250 dan yzf r25. Jadi akan dilakukan downgrade power habis2-an sehingga harganya bisa diturunkan semurah mungkin. Hasilnya mungkin masih mahal juga buat kebanyakan rider Indonesia, tapi tidak bagi “rider kaya” yang haus prestige + speed. Downgrade yang mungkin dilakukan misalnya :

1. Menurunkan power maksimum dari 47,8 hp jadi 33 hp aja, dan ini efeknya besar terhadap pemilihan part pendukungnya (banyak banget part yang bisa di-downgrade/hemat)

2. Menurunkan rpm pada power puncak, dari 13000 rpm jadi 11000 rpm, ini juga signifikan dalam penurunan harga sparepartnya

3. Mengganti klep titanium dengan klep cbr250 std, yg sudah terkenal kuat dan awet.

Sehingga dengan ubahan/downgrade ini, performanya memang turun, tapi cukuplah untuk melawan ninja 250 dan yzf r25, lihat gambar ini

akselerasi topspeed honda250

Masih lumaya kenceng, kecepatan riil bisa tembus 203 kpj di gigi-6 pada 12100 rpm. Mungkin inilah sebabnya mengapa honda tetep bertahan dengan satu silinder, dan tidak takut dengan hegemoni ninja 250 fi maupun kedatangan yzf r25.

Bro2 semua juga bisa melakukan analisis seperti ini dengan menggunakan beberapa kalkulator/simulator yang disediakan oleh link berikut :

http://www.gearingcomman***.com/
http://hpwizard.com/engine-horsepower-calcula***.html
http://motorcycleperformanceanaly***.com/

Ini hanyalah terawangan kemungkinan, menebak sikap honda selama ini, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.