Monthly Archives: July 2013

CS1, Inget Lagi Rasanya


My CS1

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Gara2 keseringan bawa NVL (new vixion lighting), ane jadi jarang bawa “motor pertama ane yang paling kenceng”, yaitu my CS1. Nah pas kemarin, kebetulan ada suasana yg mendukung untuk bawa CS1, ane bawa dah ke kampus. Duduk di jog, sambil bleyer2 ringan, sambil manasin mesin (teringat saat tarik2an sama Jupiter MX korekan di jalan Jombang-Mojokerto), kemudian mulai dah jalan pelan2. Tarikan awal berasa lemot (mungkin gara2 jarang dipake kali ya), nggereng, ngeeengggg… ngeeengggg… ngeeengggg…

Kebetulan keluar perumahan ada jalan agak kosong sekitar 1700m meskipun agak jelek, langsung aja bejek gas, dengan diurut.

Gigi 1 : 32 kpj  10000 rpm Continue reading

Advertisements

Mudik Naik Motor, Apa yang Harus Diwaspadai di Jalan ???

rute ngota

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Hari ini dah memasuki pertengahan ke-2 di bulan Romadhon, sebahagian besar mudiker sudah mulai mengatur segala sesuatunya untuk bisa mudik. Ada yang mau naik angkutan umum, mobil pribadi maupun motor. Biasanya bagi rider2 yang masih lajang/jomblo, atau belum punya anak, dan pengen sensasi mudik yang berbeda, akan memilih salah satu mode mudik mur-mer, yaitu mudik naik motor.

Kalau dilihat dari beberapa kejadian kecelakaan naik motor, memang mudik naik motor sangat beresiko. Tapi bagi rider sejati, rasa was-was, takut saat membayangkan kejadian seperti itu, akan segera lenyap begitu grip gas diputer, wroommmm, wroommmm, wroommmm. Kalau bagi ane sih :

1. Masalah mati, sudah ada ketentuannya, sudah Allah SWT tuliskan dalam Lauhul Mahfudz, sebelum bumi dan langit diciptakan oleh-Nya. Jadi nggak perlu risau tentang kematian. Yang penting harus dilakukan adalah:

2. Lakukan persiapan yang matang, baik fisik, kendaraan/surat2, rute, perbekalan dll

3. Ber-do’a sebelum berangakat (juga disaranka minta dido’akan oleh orang tua) agar perjalanan nyaman dan selamat sampai tujuan. Setelah kita lakukan 3 langkah ini, yang tersisa adalah Tawakal kepada Allah SWT. Kita serahkan semua urusan kepada Allah SWT, sambil memohon agar kita diselamatkan dalam perjalanan sampai tujuan.

4. Selama dalam perjalanan, jangan lengah sedikit pun, selalu waspada diiringi dzikir kepada Allah SWT dan bersholawat kepada Rosululloh SAW

Dan bagian ini yang ane mau bahas, apa saja yang harus diwaspadai ketika kita riding pulkam/mudik dengan jarak yang sangat jauh. Continue reading

[ECU] Capacitive Discharge Ignition (CDI), Cikal-Bakal Memahami ECU

cdi timing pengapian performa

Assalamu’alaikum wR. wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Halo bro semua, kembali kita ngobrol2 dengan materi yang cukup berat nih. Ya… iseng2 sambil nunggu penayangan motogp, sekitar jam 3.45 besok pagi (sekalian sahur). Kali ini kita ngobrol2 tentang system pengapian (Ignition system), khususnya CDI. Part CDI ini sering kita denger, baca, lihat di berbagai media, tapi terkadang masih banyak yang nggak ngerti cara kerjanya, termasuk ane.

CDI merupakan sistem penunjang mesin bakar yang sangat fital. Jika lampu mati, kita masih nyantai. Jika klakson mati nggak masalah. tapi jika CDI matilah motor kita, bagi yang matapencariannya menggunakan motor, maka bisa2 matilah dapur kita. CDI merupakan system pengapian yang dikembangkan untuk menggantikan system pengapian platina (Honda c70 yg ori, masih pake system ini). Prinsip kerjanya sebenarnya sama, tapi dengan beberapa kelebihan, yang secara ringkas dapat dijelaskan dalam diagram blok berikut.

cdi basic

Sistem pengapian CDI terdiri dari komponen utama yaitu :

  1. Kapasitor (Cign) yang akan dimuati tegangan tinggi 300-400v,
  2. Silicon Controlled Rectifier (SCR) sebagai saklar untuk mengosongkan kapasitor dan
  3. Rangkaian conditioning, yaitu pengkondisi sinyal pulsar untuk mentriger SCR saat memulai pengosongan. Continue reading

Gaya Marc Marquez = Casey Stoner –> Juara Dunia MotoGP

CS sama dengan MM

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Menyaksikan kiprah Marc Marques (MM) sampai saat ini, terakhir tercepat di FP2 Laguna Seca yang mana  MM masih buta sama sirkuit ini. Bayangin aja, sirkuit baru, motor baru tapi bisa ngasepin para senior MotoGP, dahsyaaaattt.

Kalo ane perhatiin gaya cornering MM hampir sama  dengan CS/Casey Stoner (bahkan bisa dikatakan sama plek). Perhatiin deh

CS cornerriing

CS cornering

MM cornering2

MM cornering.

Lalu apa hubungannya dengan juara dunia ?

Secara langsung sih nggak, tapi mungkin dengan gaya itu CS naik Honda bisa juara dunia, maka MM dengan kondisi serupa mungkin saja MM bisa juara dunia.

Sebenarnya bukan itu yang mau ane bahas, tapi efek dari gaya tersebut yang bisa memuluskan  jalan MM menggapai juara dunia. Loh kok bisa ? Bisa aja, gini nih teorinya.

  1. HRC sudah pernah menyatakan bahwa sasis yang digunakan lebih boros ban dibandingkan dengan sasis Yamaha.
  2. Saat ban mulai lumer traksi ke aspal menurun, maka kecepatan, kemiringan harus disesuaikan. Dengan kata lain lap-time jadi molor.
  3. Dengan gaya seperti CS dan MM seperti itu, pada tikungan yang sama, dengan motor yang sama, dengan gaya gelantungan/gandolan, “motor sedikit lebih tegak”. Akibatnya traksi lebih baik dari pada motor yang lebih miring, karena gaya sentrifugal motor lebih kecil yang dilawan gaya gesek ban-aspal yang lebih besar (silahkan hitung dengan hukum fisika).

beda kemiringan cs dan dp

Perhatikan sudut kemiringan ban DP lebih kecil dari CS (sekitar 1-3 derajad), karena efek “gandolan”. Continue reading

[DIY] Alternatif Nambal Ban Tubeless

struktur ban tubeless

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sekali2 artikel ringan nih, menganai nambal ban tubeless. Beberapa minggu yang lalu ban motor ane (P180UG4) bocor kena potongan plat kecil-lancip. Trus ane browsing, cara nambalnya, selain ke tunkang tambal ban, karena khawatir ban tambah rusak (pengalaman dengan ban mobil). Dan ketemu, “Menggunakan lem sejenis power glue/alteco”. Langsung deh beraksi, cuci ban sampe bersi-tambal-tunggu sampe kering-kompa-beres. 2 hari kemudian bocor lagi, keliatannya lem-nya mengeras dan pecah. Nah sekarang pake cara ane sendiri nih (baru ngarang-dapat inspirasi-petunjuk dari Allah SWT), berikut ini langkah2nya :

1. Bersihkan dengan sabun sampai bersih dan tunggu sampai kering, lepas pentil (keluarkan seluruh udara)

2. Bersihkan bekas lem yang telah mengeras dan pecah, dengan menggunakan obeng min kecil (yang buat jam) Continue reading

Kuat Mana, Velg NVL (New Vixion Lightning) Dibandingkan dengan CB150RSF ?

honda cb150r vs yamaha new vixion

Assalamu’alaikum wR wB Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan, sampai ke tujuan.

Turut berduka atas meninggalnya rider CB150SF seperti yang ditulis oleh bro smartf4iz juga bro silvervaio, juga turut prihatin atas kecelakaan yang menimpa bro hyoga ( di posting oleh ardiantoyugo pengasuh blog info-otomania.blogspot.com), sebagai rider NVL. Semoga selanjutnya kita selalu diberi keselamatan oleh Allah SWT selama dalam perjalanan.

Selain dari itu ada sedikit info yang bisa dipetik dari kejadian di atas (bagi rider NVL maupun CB150RSF), mengenai kekuatan kaki2 tunggangannya. Begitu pula bagi calon pembeli/pengguna NVL dan CB150RSF untuk mempertimbangkannya, disesuaikan dengan kondisi jalan masing2. (sebelumnya mohon ma’af kepada yang berkepentingan, jika ane menggunakan gambar2 ini untuk dituliskan dalam artikel ini)

Berikut gambar2 yang menunjukkan tingkat kekuatan kaki2 dari NVL maupun CB :

cb nabrak pohon

sumber lengkapnya ada di : http://silvervaio.wordpress.com/2013/07/15/innalillahi-cb150r-memakan-korban-jiwa/ Continue reading

Penyebab Banyaknya Crash di Circuit Sachsenring

sachsenring1

Asssalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan dampai tujuan.

Baru saja mendengar komentar Mateo, menjawab host acara motogp di TV Trans 7, tentang banyaknya kecelakaan di sirkuit sachsenring. Dapat disimpulkan bahwa penyebabnya adalah :

1. Banyak tikungan ke kiri 10 buah dan ke kanan 3 buah, yang ke kiri jauh lebih banyak dari yg ke kanan. Sehingga sisi ban bagian kanan suhunya jauh lebih dingin dari yang seharusnya.

2. Limit kecepatan dan kemiringan di tikungan untuk ke kiri dan kanan berbeda, akibat perbedaan suhu tersebut, jadi saat nikung harus dibedakan kecepatan dan kemiringannya.

3. Pembalap yang crash, telah melewati batas limit tersebut saat menikung ke kanan. (mugkin ke-enakan nikung ke kiri nggak ada masalah, pas nikung ke kanan disamain dengan nikung ke kiri, jadinya ndlosor deh)

Inilah akibatnya Continue reading

Plat Dudukan Sok Breker Belakang Supra X 125 Bengkok, Salah Satu Kelemahan Honda Supra X 125 yang Membahayakan.

seing arm supra125

Assalamu’alaiku wR. wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat selama di perjalanan sampai ke tempat tujuan.

Motor bebek (semua merek) biasanya digunakan untuk angkut2, baik antar jemput anak, kulakan dagangan, beli 1-2 sak semen bahkan ane pernah liat buat kulakan sekaligus jemput 3 orang anak sekolah. Bener fungsional walaupun sangat membahayakan. Terkait dengan seringnya motor bebek digunakan untuk menganggkut muatan di luar batas kemampuannya (overload – overweight), maka yang pertama harus menahan beban adalah kaki bagian belakang ( sok breker, swingarm dan roda).

Nah ane punya pengalaman nggak mengenakan nih pada suprax125, udah berkali2 (juga terjadi pada grand dan prima), yaitu plat dudukan sok breker belakang bengkok. Hal ini mungkin disebabkan oleh beban yang sangat berat yang harus ditahan motor dalam waktu yang lama dan kondisi jalan yang rusak.

dudukan sokbreker belakang

Kira2 gambarnya kalo dilihat dari ujung belakang swing-arm suprax125. Baut dudukan sok breker std/ori warna hitam, dan yang bengkok/miring warna merah (baut nya lurus, yang bengkok plat besi penahannya)

Resiko dari kasus ini bisa ringan, bisa juga sangat berat. Continue reading

[DIY] Servis SupraX 125, Sambil Menunggu Maghrib (Berbuka Puasa)

servis suprax125

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Ternyata melaksanakan puasa sangat menyenangkan, selain membuat perasaan kita menjadi peka terhadap orang miskin (bayangkan sodara2 kita yg kekurangan makan sampai berhari2), juga membuat badan sehat. Selain itu puasa juga menjadikan kita memiliki harapan, akan mereguk kenikmatan ketika berbuka nanti dan ketika di akhirat nanti (asalkan niat puasanya ikhlas dan sesuai dengan sunnah).

Nah ketika menunggu bedug maghrib ini, daripada kita keluyuran, malah jadinya maksiat (karena mata selalu berburu cewe2 seksi yg jualan takjil, yang mengakibatkan pahala puasa kita angus, cuma dapet laper ama aus doang), mending kita otak-atik motor kesayangan di rumah (Catatan : Ngaji Al Qur’an masih lebih baik dari pada ngoprek motor). Kebetulan ane sudah beberapa kali nyervis Supra X 125, mungkin pengalaman ane bisa bermanfaat buat bro2 semua yg kebetulan punya motor kirana, karisma dan suprax125 (karbu), karena mesinya mirip.

Seperti motor2 lainnya, biasanya bagian mesin yang diservis adalah :

  1. Saringan udara
  2. Karbu
  3. Setelan klep
  4. Kerenggangan busi
  5. Setelan koplin otomatis.
  6. Kalo perlu ganti oli.

Ok kita mulai….., Continue reading

Bulan Romadlon, Jadikan Momentum Kebangkitan Dunia Permotoran di Indonesia

Assalamu’alaikum wR wB.

Bulan Romadlon telah tiba, tibalah saatnya kita berbenah diri. Dimulai dari instropeksi diri atas segala amal perbuatan kita di hari2 yg telah kita lewati, kemudian dilanjutkan dengan upaya2 peningkatan kualitas amal sholeh kita, yang pada intinya adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala rachmat-Nya, dalam bentuk peribadahan yang ditujukan hanya kepada Nya.

1. Introspeksi

Pada tahapan ini marilah kita bersama2, benar2 cermat mengevaluasi segala macam aktivitas yang telah kita lewati. Bisa jadi kita sering melalaikan ibadah kepada Allah SWT, atau kita sering melakukan banyak tindakan yang tidak bermanfa’at, tau bahkan (naudzubillah) kita sering melakukan kemaksiatan baik besar atau kecil dan perbuatan dzolim lainnya. Kalau sudah demikaian maka saat inilah waktunya kita bertobat.

2. Bertobat

Pada langkah ini marilah kita semua, menyesali perbuatan2 jelek (maksiat, dzolim dll) yang telah kita lakukan. Kemudian kita kuatkan tekad untuk tidak melakukannya lagi, dengan cara menjauhi apa2 saja yg mengarahkan kita pada perbutan jelek tersebut. Jadi intinya, “Jangankan melakukan perbuatan jelek tersebut, mendekatinya saja kita sudah takut dengan hukuman dari Allah SWT”.

3. Melakukan Usaha2 Perbaikan

Apa yang telah rusak akibat perbuatan jelek kita di masa lalu, marilah kita bersama2 memperbaikinya. Perbaikan bisa dilakukan dengan memperbaiki dampak dari perbuatan kita ataupun dengan cara melarang orang lain melakukan perbuatan jelek tersebut. Serta melakukan amalan sholeh yang dulu kita tinggalkan sebagai usaha dalam rangka melawan amalan jelek tersebut.

LALU APA HUBUNGANNYA DENGAN DUNIA PERMOTORAN INDONESIA???? Continue reading