Kuat Mana, Velg NVL (New Vixion Lightning) Dibandingkan dengan CB150RSF ?


honda cb150r vs yamaha new vixion

Assalamu’alaikum wR wB Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan, sampai ke tujuan.

Turut berduka atas meninggalnya rider CB150SF seperti yang ditulis oleh bro smartf4iz juga bro silvervaio, juga turut prihatin atas kecelakaan yang menimpa bro hyoga ( di posting oleh ardiantoyugo pengasuh blog info-otomania.blogspot.com), sebagai rider NVL. Semoga selanjutnya kita selalu diberi keselamatan oleh Allah SWT selama dalam perjalanan.


Selain dari itu ada sedikit info yang bisa dipetik dari kejadian di atas (bagi rider NVL maupun CB150RSF), mengenai kekuatan kaki2 tunggangannya. Begitu pula bagi calon pembeli/pengguna NVL dan CB150RSF untuk mempertimbangkannya, disesuaikan dengan kondisi jalan masing2. (sebelumnya mohon ma’af kepada yang berkepentingan, jika ane menggunakan gambar2 ini untuk dituliskan dalam artikel ini)

Berikut gambar2 yang menunjukkan tingkat kekuatan kaki2 dari NVL maupun CB :

cb nabrak pohon

sumber lengkapnya ada di : http://silvervaio.wordpress.com/2013/07/15/innalillahi-cb150r-memakan-korban-jiwa/ velg NVL nabrak pembatas jalan

sumber cerita lengkapnya ada di : http://pertamax7.com/2013/07/17/velg-yamaha-new-vixion-pecah/

Menurut bro semua, kuat mana velg nvl dibandingkan cb150rsf ?

 

Artikel “NVL vs CB150RSF” lainnya :

Adu drag NVL vs CB150RSF

Beda sistem inlet NVL dan CB150RSF

Analisis performa NVL dan  CB150RSF

Advertisements

57 responses to “Kuat Mana, Velg NVL (New Vixion Lightning) Dibandingkan dengan CB150RSF ?

  1. kalo misal berbicara kekuatan kaki2 kedua motor tersebut bisa diterjemahkan dalam angka2 mas… maksudnya mesti cari data sheet dari kedua velg tersebut, besar diameter shock, kekuatan material, diameter poros roda, dll.. menurutku lho mas 😀

  2. sama kuatnya pak…coz produk motor jepun punya standart sendiri perihal kekuatan bahan…

    dan insiden susah dijadikan patokan untuk mengukur kekuatan karena terlalu banyak sekali faktor yang mempengaruhi ketika terjadi insiden… cmiw

  3. beli masing2velg terus adakan uji material…. kalo ngeliat kejadian diatas bisa saja kondisi benturan dan cara jatuhnya berbeda…. tapi setidaknya sudah bisa tergambarkan siapa yang lebih kuat, sample saja maticnya…. mana yang lebih cepat peyang…..

    • orang biasa saja

      setuju sm mbah macan…..
      velg beat cw ane sring ngajar lobang kec. 60-70 dikarenakan jln ketutupan kendaraan ddpn tp alhmd baek2 saja….cm komstir agk oblag.

      • Racikannya coba kita tanya supplier masing2 hahaha….

        • wah kalo bicara racikan, nih data bener2 rahasia perusahaan tingkat 1. Mungkin paling enak kita liat siapa yang memberi sertifikasi, kemudian kita bisa liat, untuk memperoleh sertifikasi tersebut harus melalui test apa saja.

          • Wkakakaka…. Biasanya racikan itu pake kode om… Dan dtaro di drawingnya sebagai salah satu quality point part… Nah dr kode itu dterjemahin lagi ke racikan material…. Biasanya klo castingan lumayan banyak test nya… Byk juga NG point checknya… gtu kira2….

          • Kalo gitu ente buatin aja artikelnya, biar ketahuan siapa yang bikin velg yg se-irit2nya dan velg yang se-aman2nya. Biar pabrikan nggak sembarangan njual barang ke kita. Tapi menurut ane sih, tetep aja masih ada bumbu racikan yg dirahasiakan, biar nggak dicontek sama kompetitor.

          • xixixixi ane ga punya celah buat bisa masuk ke kedua pabrikan itu om….

  4. cbsf kuat pelk tp nggak dg shocknya (liat poto paling atas), nvl beda kasus sih, susah menilainya..

  5. orang biasa saja

    maaf bukan fb,sales atau tukang kompor,,
    dr gbr diatas jelas2 terbukti kuat velg cbsf,,,liat aja shock sampe melesak ke blkg…..tp velg msh utuh…

  6. mas, mohon diralat, yg kecelakaan pake nvl di blog pertamax7 bukan ardiantoyugo, melainkan hyoga..nah setelah kecelakaan itu nvl nya hyoga dibawa ke kediamannya ardiantoyugo.
    terima kasih. 🙂

    tapi ngomong-ngomong, semua tergantung kondisi juga berkaitan dengan kecelakaan tersebut..

  7. setau saya kalo kasus velg new vixion pecah itu karna menghajar pembatas jalan dari beton dengan kecepatan 70-80kpj merk velg nya chemco..

    Kalo kasus cbsf yg ridernya sampai meninggal itu karna doi lagi mencoba topspeed motornya di sebuah jalanan aspal lurus yg tidak terlalu rata di areal perkebunan sawit, rider cbsf nya mungkin sudah melaju di kecepatan diatas 120-140kpj sebelum kehilangan keseimbangan dan terhempas di sebuah pohon sawit, merk velg cbsf itu adalah Kalo kasus cbsf yg ridernya sampai meninggal itu karna doi lagi mencoba topspeed motornya di sebuah jalanan aspal lurus yg Kalo kasus cbsf yg ridernya sampai meninggal itu karna doi lagi mencoba topspeed motornya di sebuah jalanan aspal lurus yg tidak terlalu rata di areal perkebunan sawit, rider cbsf nya mungkin sudah melaju di kecepatan diatas 120-140kpj sebelum kehilangan keseimbangan dan terhempas di sebuah pohon sawit, merk velg cbsf itu adalah Kalo kasus cbsf yg ridernya sampai meninggal itu karna doi lagi mencoba topspeed motornya di sebuah jalanan aspal lurus yg tida

  8. setau saya kalo kasus velg new vixion pecah itu karna menghajar pembatas jalan dari beton dengan kecepatan 70-80kpj merk velg nya chemco..

    Kalo kasus cbsf yg ridernya sampai meninggal itu karna doi lagi mencoba topspeed motornya di sebuah jalanan aspal lurus yg tidak terlalu rata di areal perkebunan sawit, rider cbsf nya mungkin sudah melaju di kecepatan diatas 120-140kpj sebelum kehilangan keseimbangan dan terhempas di sebuah pohon sawit, merk velg cbsf itu adalah enkei!!

    Atas dasar kasus2 diatas, jelas2 untuk urusan kualitas sepertinya velg enkei lbh baik dari velg chemco IMHO CMIIWW..

    • perkiraan awal ane juga gitu, nggak tau bener apa salah. Apalagi ane pernah membaca artikel mas Iwb tentang velg byson-nya, yang peyang.
      Waduuuhh ane harus ati2 nih bawa NVL.

    • Enkei vs Chemco mantap…..

    • susah mas cz mimin ngasih ts-nya dah salah dari awal,
      kalo pengen membandingkan velg lebih baik lepas masing2 terus dipukul sama keras dah tuh, & kecelakaan gak bisa buat acuan tuk uji kekuatan, karena bisa jadi cara, posisi, kecepatan saat jatuh tak sama, terus jenis kerusakan oleh karenanya pun bisa beda. Misal kita punya dua orang A & B.
      si A “jatuh” terbentur kepalanya sampai berdarah, terus
      si B “jatuh” terpelosok terus kakinya patah.
      Nah mengingat mereka sama-sama jatuhnya, kita gak bisa menilai kalo si A kakinya lebih kuat dari kaki si B, cz si A tak mengalami sama persis dg yg B alami & begitupula sebaliknya, makasih

  9. yang akurat sih kayanya hrs dcek bahan materialnya jangan melihat dari foto. faktor kejadian kecelakaan 2 motor it kan pasti beda kronologisnya.

  10. kronolgi yang CB atas belum jelas ane

  11. kaya uji kekuatan velg mio vs beat 😀

  12. tapi om ane kurang setuju sama ini,karena ke 2 kecelakaan d atas beda kejadian,yg cbsf nubruk pohon,yg nvl hajar lobang,ia hasil kerusakan nya beda juga,ini bisa d perdebatkan,efek buruk nya bisa bisa warung ente gosong 😆

    • jangan pake kata “debat” mensiratkan rivalitas. Gimana kalo diganti “diskusi” lebih mensiratkan pertemanan dan persahabatan, betul nggak bro?
      ya.. mudah2an warungnya nggak gosong, tapi malah jadi warung yg enak buat nongkrong, ngobrol2 sambil ngopi, kalo gini enak kan?

  13. aduh kecelakaan kok di compare sih bos -_-

    lagian efek benturan pada lobang beton pasti beda dengan pohon
    selain beton lebih padat dan solid dari pohon yg lebih lunak dan masih bisa gerak/goyang
    bidang benturan pada lobang beton juga lebih kecil atau tajam dari pohon

    bibir velg daytona satria 2tak temen sy saja sampai blesek depan belakang ban gak kempes waktu menghantam lobang aspal yg dalam padahal lagi riding santai boncengan malam2 kec kira2 30km/j

  14. Kalo velg mio banyak yg geal geol dibanding beat, banyak yg setuju kayaknya

  15. Lihat hasil akhir memang pelk nvl yg somplak bro,tapi kalo darifoto cb bisa disimpilkan motor cb tabrakan bukan dari sudut yg lurus,tapi agak serong kekiri cmiiw.. Sedang nvl tabrakan pas sama obyek yg ada didepannya. Dan juga faktor ukuran lebar pelk tersebut,makanya pelk nvl somplak samping bukannya melengkung kedalam ataupun patah ditengah (karena pelknya lebar) cmiiw…..
    Karena ga ada rekaman ttg kejadian masing2 jadi kita cuma bisa membayangkan kronologi kejadian yg sebenarnya…..
    Pabrikan pasti punya standar yg bagus untuk produck nya,apalagi bisa dibilang ini sama2 produck andalan dr masing2 produsen. Cmiiw…

  16. ya jelas ENKEI cbsf lebih kuat. secara merek yang sudah mempunyai reputasi dunia. klo Chemco nya nvl , gak pernah dengar merek itu. cari yang murah kali

  17. Betul pelek honda produk ENKEI semua.. memng terbukti lebih kuat dari pelk YAMAHA…..banyak kasus velg yamha yg pecah, bengkok, dll…padahal benturan ngk begitu keras ..

  18. yamaha aja gak pede tampilin mereknya, diumpetin biar gak terexpose. tanya kenapa????????????????/

  19. banyak fatkor 😀

  20. itu sih komstir segitiga cbsf jelek cepet patah..

  21. velg Byson yg merk ENKEI jg bisa peyang

    • emang buatan manusia, pastilah ada kelemahan dan batas kekuatannya. Peyang enggaknya pelek setelah aksiden, bukan cuma tergantung merek, akan tetapi tergantung kualitas dan kondisi saat kejadian

  22. kalo ngebandinginnya pake gambar gitu sama aja lah ngebandingin orang yg jatoh nyungsep giginya duluan kena batu towel, yg satu sama nyungsep tapi kepalanya dulu jadi lehernya patah giginya aman. Relatip lah pokokna

  23. IMHO… velg NVL tapaknya lebih lebar sedangkan jarinya kecil sehingga kemungkinan velg pecah lebih mudah dibandingkan dengan velg cbsf yang memiliki tapak lebih sempit dan memiliki jari yang besar

  24. Inti_a bro smua, yg nm_a velg g cocok dipke buat dijalan brlubang, kl pun jl_a brlubang kudu ati2 bro

    Sdkit msukan dri ane kl bro g bsa hindari lubang_a pasrah aj bro tp, jgn trik tuas rem biar suspensi bkerja jg mredam bnturan,

    Kbnyakan velg peang ntu krna wktu mlindas lubang posisi rider narik tuas rem shgga suspensi bkrja, na wktu gtu kna gmpur lubang lg Ya jlas hantaman lgsug k rusuk velg, amblas da velg_a

    Ni brdsrkan pngalaman ane bro
    Ane pke velg chemco old vixion model ninja, da 3 x hantam lubang, prnah jg smpe org2 yg dibelakng ane ngeliatin akibat bnturan_a kras, kcpatan kra2 70-80km bro,tp smpe rmah ane cek g ad tnda2 peang ato pcah, krna ane smpat narik rem dkit trus ane lpas wktu ngantam ntu lubang, n trnyata suspensi ane bkrja dgn baik mredam bnturan_a n velg ane aman bin maknyos ^_^

    Skdar msukan bro

    Slam rider

  25. tuh velg kan sama sama chmenco

  26. Penafsiran nya begini bro sist… Kalau sy baca artikel 2 kejadian tsb si cibi nabrak lurus pohon dgn asumsi adu kebo bhs bikers nya. jd kekuatan tertumpu sm seluruh bagian velg dan segitiga. Sehingga velg ttp aman nah kalo si nevil itu beda kasus menghindar akhirnya tabrak trotoar ane yakin pas hantem trotoar bagian samping/bibir velg yg duluan menghantam trotoar.. Itu lah yg berakibat bibir si nevil pecah… Jd gak bisa jadi patokan ukuran mana yg kuat dr kedua velg mtr tsb..

  27. artikel ngak jelas

  28. woy bloger begok, kurang kerjaan amat ente ngebandingin dr insiden mana nuranimu, kalau pengen di uji harus melalui pengujian yg sesuai, setiap insiden berbeda2 jd gk bisa akurat kalau nilai kekuatan velg lewat insiden.

  29. Ane suzuki rider..seumur² belum pernah lihat pelek racing motor honda peyang baik supra 125, revo, tiger, megapro, dll..kalau yamaha pernah lihat byson peleknya sampai sobek kaya gambar di atas dan NVL milik temen peleknya peyang gara² habis nyebrang rel kreta..yg paling sering lihat mio yg geal-geol pelek belakangnya..harus ane akui kekuatan pelek racing honda masing di atas yamaha..

  30. ENKEI, 360″ perfect
    Saya bekerja di ENKEI, dan Quality no.1

    Pengguna pasti tau cast wheel mana yg terbaik!! 🙂
    F1 aja pake ENKEI (tengok team ferari n Mercy) 🙂

  31. Hoax abies..!

    Kehebatan:
    1. Motor Honda => semua sparepart (mesin, rangka, dan seluruh jeroan) numero uno
    2. Motor Yamaha => tiap episode bakal keluar tampilan baru (modies abiess..) jadi soal tampilan numero uno

    Jadi, pilih mana? Tampilan ato Kualitas?! Ingat! Kantong gak bisa dibohongin..

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting