Mudik Naik Motor, Apa yang Harus Diwaspadai di Jalan ???


rute ngota

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Hari ini dah memasuki pertengahan ke-2 di bulan Romadhon, sebahagian besar mudiker sudah mulai mengatur segala sesuatunya untuk bisa mudik. Ada yang mau naik angkutan umum, mobil pribadi maupun motor. Biasanya bagi rider2 yang masih lajang/jomblo, atau belum punya anak, dan pengen sensasi mudik yang berbeda, akan memilih salah satu mode mudik mur-mer, yaitu mudik naik motor.

Kalau dilihat dari beberapa kejadian kecelakaan naik motor, memang mudik naik motor sangat beresiko. Tapi bagi rider sejati, rasa was-was, takut saat membayangkan kejadian seperti itu, akan segera lenyap begitu grip gas diputer, wroommmm, wroommmm, wroommmm. Kalau bagi ane sih :

1. Masalah mati, sudah ada ketentuannya, sudah Allah SWT tuliskan dalam Lauhul Mahfudz, sebelum bumi dan langit diciptakan oleh-Nya. Jadi nggak perlu risau tentang kematian. Yang penting harus dilakukan adalah:

2. Lakukan persiapan yang matang, baik fisik, kendaraan/surat2, rute, perbekalan dll

3. Ber-do’a sebelum berangakat (juga disaranka minta dido’akan oleh orang tua) agar perjalanan nyaman dan selamat sampai tujuan. Setelah kita lakukan 3 langkah ini, yang tersisa adalah Tawakal kepada Allah SWT. Kita serahkan semua urusan kepada Allah SWT, sambil memohon agar kita diselamatkan dalam perjalanan sampai tujuan.

4. Selama dalam perjalanan, jangan lengah sedikit pun, selalu waspada diiringi dzikir kepada Allah SWT dan bersholawat kepada Rosululloh SAW

Dan bagian ini yang ane mau bahas, apa saja yang harus diwaspadai ketika kita riding pulkam/mudik dengan jarak yang sangat jauh.

Menurut yang ane alami selama beberapa kali melakukan perjalan jarak sangat jauh, rekor terjauh ane, Malang-Jakarta dalam 2 hari, 1 malam (malamnya buat istirahat, rute ane yang ada di gambar judul), ada beberapa hal yang harus diwaspadai saat berada di situasi seperti itu :

1. Selama jarak pandang bisa sejauh mungkin, maka halal gas dibetot sampai abis. Jarak pandang jauh 100-200 meter, kiri-kanan jalan terlihat jelas, lubang2 di jalan terlihat jelas dari jarak 100 meter (ini hanya bisa dilakukan saat siang hari) dan jalan lengang satu arah.

2. Kalau belum kenal jalan, jangan terlalu kenceng. Beri jarak yang cukup dengan kendaraan di depan, agar Β kita bisa mengetahui dengan pasti kondisi jalan.

3. Harus sangat waspada terhadap kendaraan besar (baik saat “dia” Β jalan pelan, nyalip maupun ngerem), kalau tidak yakin dengan kemampuan motor kita dan tidak yakin akan kualitas jalan, jangan nyalip. Waspadai juga saat truk/bis mau belok, biasanya kalau mau belok kanan, maka badannya akan mengambil bagian kiri dulu, agar lebar jalan cukup untuk membelok, jadi jangan disalip dulu (sabar menunggu).

4. Kalau mau menyalip mobil di jalan leber-lurus (pantura) dari kanan, maka jangan lupa nyalakan lampu-reting sambil liat kaca spion. Karena bisa jadi dibelakang kita ada mobil yang jauh lebih kencang dari motor kita yang juga mau menyalip mobil tersebut.

5. Berenti dan istirahat ketika senja/slurup/mau maghrib. Karena pada situasi tersebut terjadi peralihan, baik kondisi luar maupun dalam tubuh kita. Bahaya, khawatir timbul halusinasi.

6. Waspadai angkutan lokal, biasanya rada ngawur, dan kita nggak tau trayek angkutan tersbut, bisa2 salah memprediksi angkutan itu mau belok (kanan apa kiri) atau berenti di tengah jalan ngambil-nurunin penumpang.

7. Jangan nyalip bis/truk yang ngerem padahal nggak ada tanda2 mau belok, karena sering kali bis/truk tersebut ngerem karena ada orang/kendaraan yang mau nyebrang. Kalo kita salip, bisa2 kita nabrak orang/kendaraan tersebut.

8. Lakukan pemberhentian yang teratur meskipun kita belum merasa lelah, kalo ane jarak 100-150km berenti. Mungkin hanya untuk sekedar minum degan, pipis, sholat, peregangan otot buat tubuh kita. Dan buat motor kita, pendinginan ban, mesin dan oli (agar nggak cepet rusak dan mengurangi penguapan).

9. Kalo memang dah ngantuk, mending tidur. Kalo riding berdua, ane tidur, boncenger njaga motor. Kalo sendirian, ane tidur di motor, dengan tetep make helm fullface kaca riben, badan tetep tegak. Tapi basanya ane jarang banget ngantuk saat riding, karena ane pol2in tidur sebelumnya.

10. Jangan terbawa emosi, harus sabar, toleran dan santun saat riding.

Ok, kayaknya sementara segitu dulu yang ane inget, hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan.

Kira2 menurut bro2, agan2 semua masih ada yang kurang nggak?

Advertisements

$where = 0;

31 responses to “Mudik Naik Motor, Apa yang Harus Diwaspadai di Jalan ???

  1. nambahin bero.bawa duit yg cukup

  2. jangan paksakan diri jika :
    * ngantuk / capek… istirahat dulu.
    * hujan deras/cuaca buruk sebaiknya minggir dulu,berteduh menunggu situasi aman.terkadang ada yg nekat lanjut karena bawa jas hujan atau alasan tanggung karena jarak tujuan “sudah dekat”..

    http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/07/23/helmtetap-wangi-selama-mudik-wooh-bisa-di-tirunich/

  3. ane mudik taun 2011 pake motor bebek Honda Kirana dari Bogor ke Padang 3 hari 2 malem.isi BBM sampai 16x.dari pengalaman ane kalo dah maghrib lebih baik langsung istirahat dispbu atau mesjid jgn maksain nnti kayak ane malah kemalaman dirimba Mesuji (ga ada tempat istirahat),nemu Spbu jam 22 .tp emang asik banget

  4. Thanks bgt gan dah diingetin. Terakhir riding jogja-jakarta pake ninja rr plus beban tas. Rasanya mau nangis di jalan. Nadan pegel semua terutama bagian pundak dan punggung. Jadi, mungkin nambahin saran, kalo riding AKAP sebisa mungkin badan harus dibebaskan dari beban. Barang bawaan bisa diusahakan taro di side bag, tank bag, ato bag belakang yang dikasi braket. Salam riding.

  5. Jadi ingt 2 tahun yg lalu

  6. yang pasti tetap hati2 dan waspada dalam perjalanan gan. nice artikle bro πŸ™‚

  7. wah lengkap banget infonya mazbro, yg paling rawan adalah angkutan umum seperti bus (terutama kl dari surabaya, bus jurusan ke barat terkenal dg “raja jalanan” jd hrs extra waspada πŸ™‚

  8. Penting juga sedekah kalo nemu di jalan orang yg butuh, sedekah membawa berkah

  9. poin no 8. kalo ane biasanya istirahat setelah isi bensin πŸ˜€
    jarak jkt-pwt 450 km (2x istirahat, 2x batang rokok, 2x botol m*z*ne)

  10. bawa pompa skalian kl tkut bcor d jln,,

  11. Kiat-kiatnya bagus. Berbagi pengalaman yak mo nambahin dikit,
    * Setiap mau nyalip mobil SELALU mainkan lampu dim (jauh-deket) berulang kali supaya pengendara mobilnya ngeh kalo kita mau nyalip. Kalo ngga terpaksa ngga usah nyalain klakson, selain kadang mengganggu, lampu motor akan lebih mudah terpantau dari kaca spion mobil.
    * Kalo dari lawan arah ada mobil nyalip dan memakan jalur kita, mainkan juga lampu dim buat kode kalo ada kita dari depan. Biasanya kalo jaraknya mepet mereka nahan dulu nunggu kita papasan dulu. Tapi dari pengalaman, bis-bis jurusan Jkt-Cirebon/Kuningan ngga mempan, mereka malah mainin lampu dim juga. kalo ud begini minggir aja dah….
    * Hati-hati kalo nyalip truk container/peti kemas. Terutama pas posisi antara kepala truk dengan peti kemasnya. Dulu pernah ngalamin di Pantura (Cirebon-Cikampek), pas nyalip (jalur ini biasanya kendaraan nyalip dari sebelah kiri) begitu posisi motor berada di posisi sambungan ada dorongan angin dari samping yg sempet bikin shock karna motor goyang kayak dijorogin. Setelah ditelaah, bisa jadi angin dari depan truk kehalang sama peti kemasnya kemudian angin kebuang ke samping. Harus ekstra waspada.
    * Pas ngisi bensin di POM gunakan waktu sekalian untuk istirahat sebentar, baik motor maupun orangnya. Buat buang air kecil, cuci muka biar seger, ibadah, minum ato makan dan buat peregangan otot.

    Segitu dulu yak, udah kepanjangan soalnya. :mrgreen:

  12. moga mudik perdana ane lancar.amin

  13. Wuih mudik paling asik…..
    klo ane mudik tiap taon,kalo perlu tiap minggu seh,coz rumah ortu cuma 3 kilometer,jalan kaki juga nyampe xixixixi…..

  14. Ane gk mudik ,cuma menjelang idul fitri banyak urusan di luar kota πŸ™ .harus jaga kondisi badan nih bro…

  15. tidak dianjurkan, hehheee

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan