[DIY] Tinggi P200NS Bikin Grogi Calon Pembeli, Nggak Usah Khawatir….Yok Diakalin


p200ns vs jinjit

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera bagi kita semua, semoga kita semua selamat dalam perjalanan sampai di tujuan.


Dunia permotoran (sport) menghangat dengan hadirnya P200NS, banyak dibicarakan baik di media maya maupun cetak. Banyak yang membandingkannya dengan competitor, yang mengakibatkan kegalauan bagi sport-biker, baik yang mau meminang, maupun yang hanya dapat menggeleng2kan kepala, karena baru saja meminang motor sport selain P200NS.

Mengenai power, sudah tak terbantahkan, di atas competitor sekelas. Menganai tampang (bejeger, jemleger) juga nggak kalah dengan competitor, meskipun harga agak mahal sedikit. Mengenai pelayanan after selles, dah dijamin KMI, apa lagi ??? Ada bro, yaitu….

“Tinggi sadelnya bro, 80,5cm”, sangat nggak bersahabat dengan kebanyakan rider di Indonesia yang tingginya rata2 kurang dari 170cm. Di India sono, rider dengan tinggi 165, masih jinjit balet, padahal dah pake sepatu bersol tinggi.

jinjitP200NS

Di Indonesia, juragan pertamax7, mas Ipan, juga jinjit waktu naik P180, padahal tinggi sadelnya Cuma 79cm, lah gimana kalo ditambah 1,5cm (P200NS), bisa2 Cuma 2 jempol kaki yang nempel tanah.

jinjitP180UG4

(maaf juragan hadiyanta, ane minta izin copas fotonya)

Bisa sih diakali dengan satu kaki,

kakisatu_nggakjinjit

tapi pantat harus turun sadel/miring dan kaki satunya nggantung, lalu bagaimana kalo kaki yg turun pas ada bolongan/lebih rendah…., bisa dipastikan bro ngguling.

Berhubung ane juga biker dengan tinggi sekitar 165cm, dan pernah memodifikasi p180ug4 dan NVL, supaya kaki lebih napak tanah, ane mau share beberapa trik yang ane “bayangin” bisa diterapkan di P200NS. Beberapa tahap pemendekan tinggi sadel P200NS dapat dilakukan, yaitu :

  1. Penurunan komstir (rada susah, karena batang sok atas ketutup stang, harus beli pangkon)
  2. Penurunan busa sadel (gampang, tanpa biaya, modal obeng min, stapler, cutter dan kikir)
  3. Penurunan ukuran ban (mahal karena harus ganti ban)
  4. Modif monosok (lebih susah, karena monosok nggak seperti pulsar lainnya).

mendekinP200ns

Masing2 memiliki kontribusi dalam menurunkan seat-high P200NS.

  1. Garis biru tipis :ketigian awal sadel
  2. Garis hijau atas : modif busa sadel
  3. Garis kuning : modif stang
  4. Garis merah : nurunin tinggi ban 1 step
  5. Garis hijau bawah : modif monosok

Ane yakin kalo 4 langkah di atas dikerjakan dengan benar, maka rider dgn tinggi 165cm bisa napak dengan nyaman, percaya diri dan nggak grogi kalo di lampu merah. Kira2 penurunan yg dihasilkan 6,8cm

level penurunan jog

Dan pengaruhnya terhadap telapak kaki

jinjit1

Tinggi awal tumit saat jinjit kira2 15cm (subyektif), penurunan akibat modif menjadikan kaki menapak 50%. Penggunaan sepatu dengan tinggi sol (rata) 2 cm, menjadikan kaki menapak 60-70%. Semuanya hanya analisis kira2, monggo untuk dicoba pada kaki dan telapak kaki masing2.

Rincian dari 4 tahap penurunkan seat-high P200NS kepanjangan kalo dijelasin dalam artikel ini. Atau mungkin dari bro2 ada yang sudah pernah malakukan modif di atas? Monggo dishare disini agar ane juga pembaca yang lain bisa faham dan nggak ragu/galau lagi untuk meminang P200NS, karena dah tau cara mengatasinya.

Sampai disini obrolan kita, mohon maaf kalo ada yang salah.

Wassalamu’alaikum wR wB.

Artikel Lain Tentang Mendekin Motor

Mendekin Tinggi New Vixion Lightning

Mendekin sadel Tanpa Papas Busa Jog

Artikel P200NS lainnya

Teknologi multispark

Perbandingan P200NS dengan Tiger dan Scorpio

Mesin Kompresi Tinggi Bisa Minum Premium

Galau Menghadapi Kedatangan P200NS

Advertisements

64 responses to “[DIY] Tinggi P200NS Bikin Grogi Calon Pembeli, Nggak Usah Khawatir….Yok Diakalin

  1. wah ajib tipsnya

  2. msh krg tinggi

  3. ada om yg gampang,kaki si rider d las nambah 17 cm an 😆

  4. patnam sam,,, sy solo tp biasa k adiputro,, kl ngrubah conrod na sush y sam,, mekansm na bda y ma nvl,,,?

    • mekanismenya beda, kalo NVL pake link yg disebut sbg monocross, kalo p200ns nggak pake link seperti CS1 atau cbr150 lawas.

      • jd kl mndekin na hrs gnti shok lbh pndek atw ad part lain yg hrs d gnti sam,,,

        • kalo memang ada shockbreaker dengan pangkon yg sesuai dan lebih pendek (cukup 2cm), bisa diaplikasikan. Akan tetapi kalo mau tetep mempertahankan shockbreaker ori, ya kodu ganti pangkonnya dengan yg lebih pendek, atau modifikasi swingarm untuk bisa diaplikasikan suspensi model pro-link

  5. tidak begitu suka hehe lebih suka P220 😀

  6. pakai dingklik, atau kalau mau berhenti cari trotoar yg agak tinggi

    http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/06/24/produk-honda-india/

  7. saya nyampe kok ke2 kaki saya :v

  8. mmg nggak perlu khawatir..soal bikin ceper atau sekedar pendek ..modifikator indonesia ahlinya… 😀
    nice info.. 🙂

  9. tambahan : buat yang masih masa pertumbuhan, olahraga yang bisa ninggiin badan,he,,
    http://calmkid.wordpress.com/2013/06/11/review-ban-michelin-pilot-street/

  10. ok mksh bnyak sam,,, slam 1 jwa

  11. sik sik, ojo buka aib ngono to, wkkwwwwww

  12. Kalo Ninja FI berapa cm ya kettinggian joknya?

  13. penyemplak Pulsar 200 tahun 2008

    emang tinggi jok pulsar yang lama berapa cm mas ?
    Kalau dari spek yg terlampir di blog pertamax7.com P200NS ini punya tinggi 1,055 mm sedangkan tinggi P180 DTS-i UG4 1,165 mm tetapi di webnya mas pertamax7.com tinggi jok nya 805 mm.
    Dan kalau shock belakang P200 ane yang mirip P180 UG4 setelan maksimal shock dari setelan terendah ke tinggi itu nambah 5 mm.
    Dan jika jarak setelan shock P200NS sama dengan shock endurance nya P180 UG 4 berarti maksimal tinggi motor bisa berkurang 5 mm.
    Jadi tinggi motor awal P200NS 1,055 mm berkurang menjadi 1,050 mm

    • setau ane nih, tinggi jok p180ug4 79cm, p200ns 80,5cm. Kalo p180ug4 ane, udah dipendekin dengan mengganti sok belakang dgn punya’nya glpro, dan sadel nya ane modif dikit bagian bawahnya, sehingga sekarang kaki ane bisa napak 70%, kalo pake sepatu ber-hak tinggi bisa napak 100%.
      Menurut ane setelan sok nggak berpengaruh langsung dengan tinggi jok motor, tetapi berpengaruh terhadap kekerasan per nya. Akan tetapi pengaruhnya keliatan saat didudukin, setelan sockbreaker lembut akan lebih ambles dari pada setelan keras, jadi terasa lebih pendek.

  14. Wah nais inpoh bro..
    Ane mao tanya ni broh, seandainya velg P200NS ini ane ganti dengan ring 16 kira2 jarak kenalpot sama ground masih aman gak ya? Soalnya tinggi cuma 160 cm itupun korupsi 2 cm hehehe…

    • kalo ganti velg depan-belakang jadi ring 16, penurunan cuma 0,5 inchi. Knalpot masih aman, tapi kalo menrut ane, kalo buat ente bro kayaknya harus lebih diturunkan lagi, biar nyaman kalo atret.

      • Haha gitu yah.. Iya nih ane ngebet bgt pengen pake motor ini soalnya ane pernah ngangkangin ni motor waktu di prj kemaren, saat didudukin nyaman bgt. Tinggal kaki ane doang yg super jinjit balet. Kira2 kalo ane ganti velg ring 15 dengan tetap menggunakan ban profil lebar apakah masih proporsional dengan ukuran motornya? Soalnya ane ga mao mengorbankan penurunan monoshock. Terimakasih sblmnya bro.

        • ya…kalo velg diganti ring 15 mah jadi kaya bannya metic dong, ane khawatir p200ns malah jadi kaya teng ampibi, gemuk, panjang dan benteg, wkwkwkwk…
          saran ane nih, ikuti modif di atas tanpa penurunan monosok, terus pake sepatu yg buat naik gunung, sol depan 2,5cm, sol belakang 4cm, kaya yang biasa ane pake.

      • Haha iya juga ya broh… Sip deh makasih buat tipsny.

    • gampang banget, beri batas pada batang sok seberapa pemendekan yg diinginkan. Kendorin 4 baut yang pemegang sok depan (terdapat di segitiga atas dan bawah), trus rem depan pencet, dan sok depan dienjot2 pelan2 sampai batas itu tercapai. Kencengkan kembali 4 baut pemegang

  15. Pingback: [DIY] MendekinTinggi Sadel (Seat High) P180UG4, Tanpa Papas Busa Jog | motorgoodness

  16. Pingback: Kegalauan Rider NVL dan CB150R Menyambut Kehadiran Kawasaki Pulsar 200NS | motorgoodness

  17. panjangin kaki ajaa laah… 😆

  18. kang, gak salah itu 80,5 cm, satuannya mm kali ya kang? 80cm mah hampir 1 meter atuh…yah?

  19. barcalana … wkwkwkw…
    mgkin ay yg salah paham nih … 80, 5 itu tinggi sadel dr tanah ya? sip deh … tadinya kurain ketebalan busa jok…

  20. hmpir tiap hri lewt dpn dealer mw liat kok kurng smngt .. pdhl foto2 200ns udh menuh2in hp, ijin copas daftar modifnya gan tq, mw tak print lipat taruh dompet.
    buat jimat nambah PD… (naik supri ae agk jinjid) hhhhehe ..

  21. kalo untuk cb150r bisa tak turunin monoshock nya hanya pake conrod itu om? thank’s

  22. Satu cara lagi om, ganti/modifikasi bodi samping yg warna item ada bolong2nya, soalnya itu yg bikin kaki lebih ngangkang, kemaren saya dah nyoba naikin dengan bodi samping dilepas pijakan kaki jadi lebih mantap

  23. mas bro
    ane rencana mau beli motor bajaj pulsar 200ns tp setelah baca2 beberapa artikel,pengguna sering mengeluh pada ketersediaan spareparts dan aftersalesnya, ane jd mikir2 lg nih
    apakah sampai saat ini pihak bajaj sudah memperhatikan hal tersebut dan sparepart untuk bajaj sudah nggak susah di cari.
    makasih inponya mas bro

    salam sukses!

    • Terus terang nih, ane juga pengguna bajaj tepatnya P180UG4, kecewa dengan pelayanan after-sales dari fihak bajaj. Di malang, delernya dah tutup, kalo mau tetep eksis harus sering komuikasi dengan club bajaj.
      Kalo P200NS, kayaknya yang hendel kawasaki, jadi nggak usah khawatir.

    • coba msuk k fb na group Pulsar 200NS Indonesia,, smpyan bs tanya2 user yg d grup

  24. ijin copas ke forum kaskus bro 🙂

  25. Turunin monosok nya gimana nih mas bro, apa ada yang dipotong apa hanya perubahan settingan saja

    • nurunin monoshocck p200ns; karena monoshock langsung nempel pada swing-arm nya (kaya cbr150 lama), maka cara yang paling gampang ya di ganti dengan monosok aftermarket yg lebih pendek. Cara lain adalah merancang konstruksi link (mirip pro-link) pada swing armnya, cara ini susah tapi sudah banyak modifikator Indonesia yg bisa bikin ginian.

  26. gedhang kukus

    rodanya dikempesin bro….wkwkwkwkwwkwk

  27. Pingback: Vibrasi getaran mesin Bajaj Pulsar 200NS masalah terkenal di India jadi alasan yang sangat kuat untuk tidak beli Pulsar 200SS | Mengupas berita soal rider dan motor

  28. Gan kkiraa kira biar napak naik montor kp 200 ns berapa tinggi nya yah?

  29. Gan kira kira tinggi badan yang pas buat naik kawasaki pulsar 200 ns brapa yah??

    • ane dengan tinggi 165 cm naik p200ns, cuma 2 jempol kaki kanan-kiri yang menyentuh tanah
      bisa jadi dengan tinggi badan di atas 170 cm baru nyaman, akan tetapi kadang panjang kaki orang yang satu dengan lainnya berbeda, mungkin juga dibawah 170cm bisa enak naik p200ns

  30. Bro, ada kontak. Mau nanya2 langsung.. Atau klo berkenan e-mail ane ya brow

  31. Pingback: Beberapa Hal Kecil yang Bisa Menjegal Penjualan TVS Apache RTR 200 4V | motorgoodness

  32. enaknya bikin tutorial videonya aja bro, biar kita2 gk bingung ??? salam 3 busi

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting