AHM Kena Pukulan "Jab" dengan Dirilisnya NMAX150, Hati-hati Akan Dibalas dengan "Upper Cut"

nmax vs pcx

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah YIMM resmi merilis skutik bongsor NMAX150 lengkap dengan spesifikasi dan harganya, para skutik lover menjadi galau. Bahkan yang sebelumnya ingin meminang vario 150, langsung berubah haluan, meskipun perbedaan harga antara vario 150 dan nmax 150 lumayan jauh 4 – 7 juta. Apalagi yang sekedar menunggu pcx150, hati langsung terpikat ke nmax sambil menyiapkan tabungan.

Banyaknya pujian kepada nmax terutama disebabkan oleh performanya yang mumpuni, di atas pcx150. Juga karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan pcx150 (maklum pcx150 masih cbu). Berikut ini perbandingan spesifikasi dan harga pcx 150 dan nmax150.

Komparasi PCX150 dan NMAX150

spec nmax n pcx

Ane katakan rilisnya nmax150 ini memang merupakan pukulan bagi ahm. Tapi pukulan ringan saja, semacam pukulan jab dalam dunia tinju. Mengapa demikian ? Karena yang ingin ditantang oleh nmax adalah pcx150, bukan matik yang lain. Jika memang demikian mungkin ahm, tidak akan terpancing karena market share pcx dalam matik honda sangat kecil, tidak sampai 1 %.

Perhatikan persentase penjualan matik honda tahun 2014 ini.

MS Scooter matic honda 2014

Pasar pcx150 cuma 0.56% bro, sedikit banget. Jadi kalau digerogoti sedikit atau bahkan sampai habis sekalipun tidak berdampak signifikan.

Lalu bagaimana dengan vario series ?

Mungkin bagi rider enthusias, matik gambot seperti nmax, pcx dan yang lainnya, yang berkelas(premium) akan lebih menarik. Akan tetapi bagi rider yang bertubuh kecil dan mungil (pria atau wanita) yang berjiwa praktis, tentunya matik-matik kecil dan ringan akan lebih realistis untuk dibeli, lebih mudah dikendarai dan jauh lebih murah.

Sekarang mari kita bandingkan dimensi matik gambot dengan matik yang umum digunakan saat ini, khususnya vario150, sebagai rival yang mungkin akan digerogoti oleh nmax150.

spec dimensi nmax n pcx n vario

Kalau dari penampilan dan ekslusifitas nmax150 memang paling digjaya. Tapi kalau ditinjau dari kepraktisan, performa, kelengkapan fitur, serta harga, sepertinya vario 150 masih bisa bersaing. Dengan pwr yang beda tipis dengan nmax, vario akan lebih lincah di lalulintas padat, karena wheel-base nya jauh lebih pendek (beda  7 cm). Dan saat dituntunpun akan lebih ringan karena perbedaan berat sangat signifikan, beda 18 kilo bro. Ketika melaju kencang bobot yang berat justru membantu kestabilan (nmax150 unggul), akan tetapi ketika mendorong metik masuk rumah, masuk gang atau ketika ban bocor (vario150 unggul), baru terasa bedanya.

Itulah pukulan nmax150 terhadap eksistensi matik honda. Lalu apa yang dimaksud pukulan balasan “upper cut” dari ahm ? Sebenernya sangat mudah diterka, karena ahm bermaksud melokalkan pcx150. Lalu apa yang kira2 akan terjadi ? Seperti biasanyanya bro, harga akan dipangkas habis, seperti pada cbr150 cbu.

Masih inget bro, berapa juta harga cbr150cbu pemangkasannya ? 14 juta bro. Kemungkinan besar pcx150 juga begitu, dan jika dipangkas sebesar 14 juta, maka harga pcx150 tinggal 24.8 juta. Nah sekarang baru imbang dengan nmax150 non abs. Dan jika melihat kebiasaan ahm, maka harga akan dibuat dibawah rivalnya.

Nah sekarang galau semakin galau, silahkan dipilih, sesuai dengan kesanggupan dan kebutuhan. YIMM dan AHM memang secara bergantian membuat calon pembeli galau dan bingung menentukan pilihan. Jangan-jangan betul juga mereka sudah sepakat merancang urutan motor-motor yang harus di rilis setiap tahunnya, sehingga memancing konsumen untuk terus bernafsu membeli motor terbaru, meskipun harganya naik terus.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

62 Komentar

    • Spesifikasi Motor Matik 150 cc :
      1. Honda Vario 150
      Kapasitas Silinder = 149 cc
      Tenaga Max = 12.47 PS/8500 rpm
      Torsi Max = 1.28 kgm/5000 rpm
      Wheelbase = 1.280 m
      Berat Kosong = 109 kg
      PWTR = 0.114 kg

      Yamaha Nmax 150
      Kapasitas Silinder = 155 cc
      Tenaga Max = 15 PS/7500 rpm
      Torsi Max = 1.40 kgm/6000 rpm
      Wheelbase = 1.405 m
      Berat Kosong = 127 kg
      PWTR = 0.118 kg
      Kawasaki Epsilon 150
      Kapasitas Silinder = 152 cc
      Tenaga Max = 16 PS/9500 rpm
      Torsi Max = 1.30 kgm/7500 rpm
      Wheelbase = 1.350 m
      Berat Kosong = 119 kg
      PWTR = 0.134 kg

  1. pcx lokal? iya klo nmax non abs diatas 25

    klo dibawah 25 otr bner 1 kata

    BAKA! sama aja ngebunuh vario 150

    btw ente bner2 fbh yak segitunya bela honda 😮

    ALL HAIL HONDAA

    😀 😀

    • tadinya mau muji2 nmax150, tapi udah banyak blogger yang nulis
      nah ane tulis yang sebaliknya, seru kan?
      ane buka tipe blogger yang suka me “repro” berita, nggak seru

      kan sama dengan ente
      all hate for honda

      • Mbulet-mbulet, muter-muter, sampai berbusa-busa tapi yg digaris bawahi, ini lho, honda lebih baik, lebih kuat.

        Percaya deh, sama blogger yg condong ke merk honda,
        NVLnya cuma inventaris.

  2. Shame on you part 2…seandainy nmax d jual dngan harga pcx cbu vietnam msh tetep value for money . Kl cm iss acg combibrake dll mah g ada apa apa ny d bnding kan ama abs n vva/vvti d toyota blm lg ban gambot double disk brake …pcx jd oldschool bnget ..maaf nie wat owner pcx #lirik sniego✌

  3. Kopyor tenan ki yang br aja beli pcx led cbu,,,,ini mah tsunami part 2 wat ahm ,,, strategi mio m3 blue color yg memaksa ahm ngasih beat n vario series fitur fitur andalan skutik premium pcx akhire terlihat kuno setelah nmax pk abs n vva/vvti d toyota/vanos d bmw/valvematic,,,

  4. Prediksi berikutny xmax 125/250 bakal d produksi yimm juga it’s real european maxi scooter smga ahm g jantungan lagee dngn surprice harga ala yimm,,,Bener bener TANPA KOMPROMI tenan,,,

  5. 0,58% Tidak signifikan tapi mau ngasih upper cut..???
    Itu sih= kebakaran jenggot.. Karna berpotensi mengancam yang 37% juga.. Yah biarlah pabrikan terus berkompetisi toh konsumen jua yang diuntungkan..

  6. itu spek brosur cakram depan pcx dgn 3 piston….apa bener tu om?
    yg aneh tu harga PCX yg ampir 40 juta tp bisa inden ampe 2-6bulan….menarik d simak munculny Nmax apa membuat daftar inden yg mengular ny berkurang..

  7. VVA nya yang mengagetkan. Honda aja vtec di mesin terkecil ada di superfour. Kalo mau riset mesin baru paling ga setahun lebih.
    Keknya baru 3 bulan yang lalu gw ngomong ada yang berani make teknologi variable valve ga di motor kecil?
    Dulu bgt om komeng bilang ada pabrikan besar mau bwt motor hybrid di indonesia. Jangan2 yamaha juga nih.

  8. trimakasiihh info nya…artinya pcx 150 memang tidak akan dilokalkan….yg salut kagum adalah jumlah target penjualan terjual pcx 2014 21000an yaa..sementara Nmax baru 12000an tapi sudah gembor2 ketulungan…berlebihan…

    padahal vario 150 yang lebih komuter dbanding maxi scooter pcx,nmax,brugman dll seharga 20jt kemaren dibilang mahal..tapi komuter nya itu lho yg penting bukan gaya2annya…tau rakyat Indonesia khan mas??hehehhe

  9. blm ada kepastian kalo nmax pake vvi (kalo tmax) memang sdh pakai.
    baru ketahuan nanti pas peluncuran dan mengndang media n bloger (bedah mesin)

  10. Tahun ini honda bermain disport, yamaha dimatic. Persaingan dibawah memang didesain agar pabrikan lain sulit berkembang. Maka kedepan hanya ada 2 produk yaitu H dan Y disemua lini.

  11. yg galau itu pemilik PCX cbu pak…
    yg tadinya one heat berubah menjadi broken heart.. 😀 contohnya temen ane yg dulu beli CBR thai dgn harga 44jt(kalimantan) eeh 1 bln berikutnya cbr langsung di obral… honda emang doyang bikin konsumen BROKEN HEART.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Akankah “Impor” PCX150 dari Vietnam, Manjadi Pukulan Balik AHM Bagi NMAX150 ? | motorgoodness
  2. Sering dibandingkan dengan Honda PCX, sebenarnya apa memang lebih unggul Yamaha NMax dari Vario 150? | Mengupas berita soal rider dan motor
  3. Sering dibandingkan dengan Honda PCX, sebenarnya apa Yamaha NMax memang lebih unggul dari Vario 150? | Mengupas berita soal rider dan motor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.