Satu Keunggulan NMax S, Nggak Ada di Skutik Merek Lain

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Karena NMax versi S adalah versi turunan dari Nmax yang telah lahir di tahun 2015, maka ia mewarisi seluruh keunggulan Nmax versi pertamanya. Dan memang pada kenyataannya keunggulan tersebut tidak tergantikan, wajar kalau masih terus disematkan pada generasi nmax salanjutnya termasuk nmax-s. Dan yang lebih hebat lagi keunggulan ini malah diadopsi untuk beberapa motor lainnya , bahkan yang ber-genre sport seperti all new vixion, r15, xsr 155 dan wr 155, hebat kan.

Keunggulan tersebut terletak pada mesinnya (engine), yaitu suatu mesin yang revolusioner ketika itu. Karena selain kubikasinya yang ada di atas rata-rata yaitu 155 cc (rata-rata kubikasi motor kelas menengah saat itu 150 cc), juga sudah mengaplikasikan variable valve actuation (VVA). Teknologi VVA ini sangat keren ya, karena performa mesin dapat meningkat secara siginifikan, akibat pengaktifan suatu chamshaft high performance pada putaran mesin tertentu.

Yuk mari kita ingat kembali teknologi vva yang disematkan di nmax-s ini.

Prinsip kerja sistemnya sangat sederhana, jadi bagian intake memiliki 2 lobe camshaft (noken as) dan 2 rocker arm. Saat putaran di bawah 600 rpm, lobe yang bekerja adalah bagian low speed cam. Saat putaran mesin 6000 rpm ke atas, selenoide akan mengaktifkan penonjok untuk menekan pin, sehingga high speed rocker arm terkunci, sehingga high speed cam aktif.

Akan tetapi tentu saja untuk mendapatkan performa tinggi di atas 6000 rpm, bukan hanya bukaan valve (klep) yang digedein, akan tetapi harus ditunjang dengan beberapa part lainnya. Part lainnya adalah ECU (engine control unit), karena ecu yang menghitung besarnya putaran mesin, maka ecu pula yang memerintahkan selenoid untuk aktif. Selain itu ECU juga langsung memindahkan maping pengapian dan durasi injector sesuia dengan evisiensi volumetrik yang baru.

Jadi dengan adanya vva ini, nmax dan seluruh motor yamaha yang menggunakannya, termasuk nmax-s, mesin akan terasa lebih responsif ketika putaran di atas 6000 rpm, jika dibandingkan dengan tanpa vva. Oleh karena keunggulan ini, maka teknologi vva juga akhirnya disematkan pada motor sport yamaha, seperti all new vixion vva, r15 vva, xsr 155 dan wr 155.

Motor skutik lainnya nggak ada nyali mengaplikasikan teknologi yang serupa. Jadi inilah menurut iwf keunggulan dari nmax-s yang tidak ada di skutik rival-rivalnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

artikel terkait :

 

 

 

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan