Jika Engine VVA mu Mulai Terdengar Berisik, Maka…

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Saat ini teknologi penggerak klep speda motor tercanggih adalah milik motor yamaha. Karena teknologi ini sudah menerapkan penggerak klep variabel (vva/ variable valve actuation), sementara motor lainnya masih bentuk tetap (fixed). Dan memang aplikasi teknologi vva mampu mengoptimalkan performa di putaran  bawah maupun atas.

Akan tetapi namanya juga teknologi baru, terkadang masih terdapat bug (kendala) yang dijumpai oleh konsumen. Karena tidak mungkin produsen mengeluarkan produk cacat, maka jika konsumen mengalami suatu keanehan pada engine dengan teknologi vva yang baru ini, maka harus waspada. Dan segeralah datangi dealer untuk minta verifikasi atau bahkan perbaikan.

Salah satunya adalah suara aneh dan berisik di sekitar kepala silinder. Suara aneh ini mirip seperti suara tumbukan antara rocker arm dan klep. Ada suatu kejadian yang menimpa saudara kita rider all new r15 vva v3, yang motornya tiba-tiba mati. Di mana sebelumnya mengeluhkan adanya bunyi-bunyi aneh di sekitar head tersebut

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, salah satunya adalah gagalnya oli naik ke bagian cylinder head. Sehingga komponen-koponen di dalamnya tidak terlumasi dengan baik. Karena hal (mungkin) hampir sama juga dialami oleh seorang rider komentator status tersebut yang memberikan gambaran yang terjadi pada engine motornya.

Jika dilihat dari kerusakan komponen di atas, maka tampak bahwa roller pada rocker arm melalami keasusan yang sangat parah. Ini hanya bisa terjadi jika oli gagal melumasi part tersebut, sehingga roller ceket karena panas yang berlebih, ahirnya roller aus tergerus bubungan noken as (camshaft). Jika ini terjadi maka gerakan klep (valve) tidak presisi, dan tidak sinkron dengan naik-turunnya piston. Dan bisa ditebak kejadian selanjutnya (menurut motogokil) :

  • Piston menabrak klep
  • Piston pecah, stang piston lepas dari pistonnya
  • Stang piston menghantam boring silinder sampai pecah

Jadi jika mulai terdengan bunyi-bunyi tidak wajar di sekitar silinder head, maka segeralah datangi dealer terdekat. Jika engine masih standar dengan perlakuan normal, ada kemungkinan besar bisa diklaimkan. Sehingga mendapatkan perbaikan dan penggantian komponen secara gratis.

Jika dianggap mekanik kurang memuaskan kerjanya, carilah bengkel resmi yang direkomendasikan oleh teman-teman komunitas, biasanya kerjaannya lebih bagus. Berikan sedikit clue mengenai kejadian seperti ini supaya pemeriksaanya fokus pada bagian tersebut. Dengan demikian permasalahan akan lebih mudah dicari dan diatasi.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

5 responses to “Jika Engine VVA mu Mulai Terdengar Berisik, Maka…

  1. fakta yg menarik adalah rocker arm vva punya r15 ama nmax/aerox ternyata berbeda

    klo nmax/aerox templarnya pake roller sedangkan r15 enggak pakai roller jd lbh jadul

  2. Pingback: Jika Engine Ber-RRA (Roller Rocker Arm) mu Mulai Terdengar Berisik, Maka… | MOTOGOKIL

  3. saya masuk grup itu dan pernah ikut komen dan memantau. kronologinya motor yg brsangkutan pernaj stel klep d bengkel Yamaha. setelah stel klep lagi (entah bgkel sama atau beda)muncul bunyi berisik(tambah berisik) dan tjadilah kerusakan fatal. udah dapat klaim garansi. dan indikasinya bengkel yg nyetel klep awal salah stel(mgkn mekanik baru atau mmg mesin VVA itu settingan klepnya beda dg mesin generasi sebelumnya).

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan