Keuntungan Yamaha Menggunakan Rangka Deltabox Pada Motor Sportnya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sampai saat ini rangka deltabox masih digunakan di beberapa motor sportnya yang berkubikasi 155 cc. Motor-motor sport tersbut adalah, all new vixion, R15, xabre, dan xsr 155. Kesemuanya tampil apik dengan deltabox nya meskipun berbeda genre.

Bahkan rangka deltabox ini telah mengalami beberapa perubahan versi (evolusi). Sampai saat ini rangka deltabox yamaha telah mengalami 2 kali perubahan dan perbaikan. Versi yang terakhir (2002) yamaha memunculkan deltabox generasi ketiga yang dilengkapi dengan teknologi hydro formed construction frame. Dengan teknologi ini yamaha dapat meminimalkan jumlah titik pengelasan. Sehingga, tingkat kekakuan pada rangka deltabox meningkat hingga 30 persen.

Sehingga dengan menggunakan rangka deltabox ini di beberapa motor sport yamaha, memiliki beberapa keuntungan, yaitu :

  1. Efisiensi biaya, dalam biaya riset dan produksi rangka dalam sekala besar. Sehingga dengan motor-motor sport yang begitu canggih, dengan mengaplikasikan rangka yang desainnya sama dapat menekan biaya produksi sebuah motor sport yamaha. Pada akhirnya harga dapat ditekan sedemikian rupa agar dapat terjangkau oleh dompet konsumen, tanpa menurunkan kualitasnya.
  2. Style masih relevan, sehingga motor sport yamaha yang mengaplikasikan deltabox masih tampak cakep. Apalagi dengan ditunjang fairing dan desain yang pas, membuatnya semakin enak dipandang.
  3. Sampai saat ini kualitas dan kekuatan rangka deltabox semakin bai dan semakin teruji. Sehingga tidak ada masalah terhadap kualitas, kekuatan dan dukungannya terhadap performa, handling dan kenyamanannya. Apalagi mesin yang gendongnya masih mirip seperti yang dulu (yaitu mesin sohc 150 cc), baik performa maupun bobotnya, sehingga hampir tidak alasan untuk meninggalkan ranga deltabox ini.

Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan oleh pengaplikasian ranga deltabox ini, kemungkinan besar yamaha akan terus memanfaatkannya untuk mengembangkan motor-motor sport selanjutnya. Kalaupun ada perubahan, pastilah berdampak pada peningkatan kualitas dan penyesuaian style motornya. Berikut ini penampakan beberapa motor sport yamaha yang mengaplikasikan rangka deltabox, yaitu vixion, r15, mt15 dan xsr 155.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. 3 Motor Yamaha Mesin Sejenis Rangkanya Beda - MOTOGOKIL

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.