Deltabox Rangka Esafnya Yamaha yang Fenomenal

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Baru-baru ini rangka esaf dari motor pabrikan sebelah viral di jagad maya. Dan dulu yamaha juga punya rangka yang mirip esaf yang juga viral, menjadi bahan pembicaraan, bahkan sampai beberapa tahun. Rangka tersebut adalah rangka deltabox yang digunakan oleh motor sport yamaha yang fenomenal yaitu vixion.

Jadi secara penampakan yang membuat vixion fenomenal adalah rangka deltabox-nya. Karena rangka ini begitu vulgar terekspos jika dilihat dari samping. Sehingga menjadikan vixion begitu eye catching, menarik perhatian pencinta motor yang memandangnya.

Ya maklum saja penampakan seperti deltabox yang dimiliki vixion saat itu hanya tampak di motor-motor sport moge yang sering terlihat di motogp dan wsbk. Atau miniml rangka ini merupakan rangka yang mirip dengan rangka yang dipakai motor-motor sport mahal kelas sultan yang diimport secara ckd dari luar semacam honda cbr 150 dan suzuki fxr 150 yang waktu sangat jarang yang punya, kalau pun ada hanya segelintir rider “borju” yang mampu membelinya.

Jadi ketika ada motor sport lokal, seperti yamaha vixon ini, menggunakan rangka deltabox, tentu saja sangat “wow” bagi yang melihatnya. Karena penampakan ini bisa langsung dikomparasikan dengan motor-motor sport lokal yang ada, yang saat itu masih menggunakan rangka pipa besi model diamond. Jadi memang dengan deltabox-nya, vixion menjadi motor sport yang sangat keren masa itu.

Dan sebagai mana rangka esaf, rangka deltabox yang digunakan di yamaha vixion juga merupakan rangka yang dibentuk dari plat-plat baja karbon yang didisain sedemikian rupa dan disatukan dengan mesin las canggih, sehingga nampak seperti rangka motor sport luar negeri. Penggunaan plat-plat baja ini memungkinkan vixion mendapatkan rangka yang cukup kokoh tapi dengan bobot yang ringan.

Aplikasi deltabox juga tidak menjadikan yamaha vixion berharga mahal, jika dibandingkan dengan rangka dengan penampakan sejenis yang terbuat dari aluminum. Aplikasi rangka ini memiliki beberapa keunggulan yang secara integral menunjang performa motor vixion, yaitu :

  1. Ringan
    Kerangka deltabox terbuat dari bahan plat baja karbon yang lebih ringan dari pada baja biasa, apalagi dari bahan aluminum. Hal ini menjadikan motor menjadi memiliki PWR yang lebih baik, sehingga akselerasi lebih tinggi.
  2. Kaku
    Dengan desainnya yang unik, yaitu dengan konstrusi delta dan box yang memiliki kekakuan yang lebih baik sehingga memberikan kontribusi positif saat bermanuver.
  3. Tahan lama
    Rangka deltabox yang digunakan vixion terbuat dari bahan baja karbon tahan akan korosi sehingga dapat mempertahankan performanya dalam janga waktu yang lama.
  4. Eye Catching
    Desain rangka deltabox yang mengikuti disain rangka moge membuat motor tampak lebih berkelas dan modern, mejadikan motor lebih eye catching dan menarik perhatian (di jaman nya saat itu).

Nah itulah rangka deltabox vixion yang pembuatannya mirip dengan rangka esaf, yang dulu sempat viral dan membuat yamaha vixion ini sangat venomenal di awal kemunculannya. Lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.