Keunggulan Aplikasi Rangka Tubular Ketebalan 2.3 mm di Motor Matik Yamaha

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sebagai pengguna motor lawas (tua) seperti motor bebek dan matik juga sport jadul, tentu saja iwf sering mendapatkan kekurangannya. Namanya juga motor tua, kekurangannya menyeluruh, mulai dari kelistrikan, mesin, bodi dan juga rangka. Untuk masalah rangka motor tua, sering iwf dapati kondisi rangka yang berkarat di berbagai bagian, merata di seluruh rangka.

Tentu saja untuk melihatnya harus membongar bodi plastik motor terlebih dahulu, melihat ke berbagai bagian yang tersembunyi, seperti bagian bawah, dan bagian-bagian dalam yang tidak terlihat dari luar. Tingkat karatnya juga berbagai tipe, dibagian atas sering didapati karat yang ringan, sedangkan di bagian bawah tingat karatnya lebih berat, sehingga jika diraba permukaan rangka pipa baja terasa sangat kasar.

Meskipun demikian sebenarnya tidak ada masalah dengan kekuatan dan ketangguhan rangka motor ini. Hanya saja mumpung membuka body motor, maka adalah sangat baik untuk men-treatment bagian rangka yang karatan agar dapat lebih panjang umurnya. Caranya sangat mudah yaitu dengan membersihkn karatnya terlebih dahulu, baik dengan cairan pembersih ataupun diamplas, kemudian dilapisi cat, dengan beberapa kali pengecetan.

Sesuai dengan pengalaman iwf mengatasi permasalahan karat pada rangka, karena tebal pipa besi baja yang digunakan di motor cukup tebal, maka permukaan yang berkarat, masih belum kehilangan kekuatannya, masih kokoh dan tangguh. Karat hanya terjadi di permukaan rangka yang kebetulan catnya mengelupas, kebanyakan karatnya tipis-tipis saja, meskipun di bawah dek kaki, seperti ranga pada motor skutik suzuki spin.

Karat yang parah sering terjadi di sekitaran aki motor. Karena pada sekitar aki motor mengandung hawa korosif, yang siap untuk mengkaratkan besi rangka ketika cat pelindungnya mengelupas. Meskipun demikian, karat seberat ini masih mampu ditahan oleh besi rangka yang cukup tebal. Karena karat masih belum mampu menembus besi setebal itu, untuk kemudian menggerogotinya dari dalam.

Yamaha dengan mengaplikasikan pipa baja dengan ketebalan 2,3 mm tentu saja menginginkan rangka motornya sekuat rangka motor lawas seperti yang iwf jumpai. Dengan tingkat ketebalan ini ada beberapa keuntungan yaitu :

  1. Rangkanya tangguh menahan beban berat
  2. Tangguh juga dalam menahan benturan sampai tingkat tertentu, baik dari depan, belakang maupun dari samping
  3. Mampu meredam getaran yang berasal dari roda dan mesin
  4. Cukup kaku untuk mendukung kelincahan dalam bermanuver
  5. Murah pembuatannya, karena menggunakan teknologi yang mudah dan sudah diaplikasikan sejak lama
  6. Mampu menahan korosi yang normal, sehingga masih tetap mampu memberikan dukungan terhadap penggunaan sehari-hari.

Kalau mau tahan lama ya sekali-kali dilihat kondisi rangkanya. Yang ada karatnya segera diamplas dan dicat ulang. Yang rawan catnya mengelupas diberikan perlindungan tambahan dengan memberikannya bungkus karet atau bahan lain yang tahan gesek (biasanya cat mengelupas karena gesekan kabel-kabel).

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.