3 Motor Yamaha Mesin Sejenis Rangkanya Beda

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dalam artikel sebelumnya, iwf sempat membicarakan beberapa motor sport yamaha yang menggunakan rangka yang sejenis yaitu deltabox [artikel]. Kali ini iwf akan sedikit membahas 3 motor yamaha yang menggunakan mesin yang relatif sama (sejenis) akan tetapi dengan terpaksa harus menggunakan rangka yang berbeda. Hal ini disebaban memang genre-nya sangat berebeda, sehingga mau tidak mau rangka yang digunakan harus menyesuaikan dengan genre tersebut.

Ketiga motor tersebut adalah motor sport yamaha all new vixion, r15, mt15 dan xsr155 dengan rangka deltabox nya. Kamudian motor bebek mx king dengan rangka backbone nya. Dan yang terakhir adalah wr 155 dengan rangka tipe semi double cradle nya. Jadi mesin yang dunakan relatif sama, hanya setingan dan rangka nya yang berbeda sesuai tipe-tipe tersebut.

Rangka Deltabox
Rangka ini digunakan untuk motor sport yang digunakan harian dengan tipe jalan rata, alias aspal yang mulus. Sehingga motor-motor yang didukung oleh rangka ini seperti all new vixion, r15 v3, mt15 dan xsr 155 memiliki ciri khas menggunakan ban tipe aspal, dan topspeed yang tinggi. Sesuai dengan tipe pertama yang didukung oleh rangka deltabox ini saat diawal penggunaannya pada vixion generasi awal.

 

Rangka Backbone
Rangka tipe ini diperuntukan untuk motor bebek mx king, yang memiliki ciri bagian tengahnya harus ada space kosong, layaknya motor bebek pada umumnya. Dengan demikian tipe rangka deltabok sangatlah tidak cocok untuk diadopsi pada motor jenis bebek ini, selain tebalnya rangka menjadikan space ruang kosongnya tersita, juga penampakannya menjadi hilang tertutup fairing. Sehingga yang paling tepat memang menggunakan rangka tipe backbone dengan sebagai cantelan mesinnya.

 

Rangka Semi Double Cradle
Rangka ini diaplikasikan untuk motor wr 155 yang difungsikan sebagai motor dual purpose, bisa on road bisa juga off road. Karena kemungkinan besar akan sering digunakan untuk melibas jalanan dengan tipe offroad dari mulai yang minimalis sampai yang ekstrim, maka seluruh bagain rangka harus mampu memberikan dukungan kekuatan terhadap getara dan benturan di medan tersebut. Dan tentu saja juga didukung oleh tipe ban dan suspensi yang memang diperuntukkan bagi motor off road seperti yamaha wr 155 ini.

 

Dan diferensiasi jenis motor dengan mesin yang sama ini merupakan langkah cerdas yamaha. Karena dengan satu jenis mesin bisa digunakan untuk membangun beberapa tipe motor. Dan tentu saja efek efisiensi produksinya sangat besar, sehingga yamaha dapat memberikan harga yang sangat kompetitif bagi konsumen.

Mesin yang digunakan untuk berbagai tipe dan ok-ok saja, karena memang mesin yang digunakan jenisnya square, alias panjang stroke nya hampir sama dengan diameter bore. Yang mana mesin punya karakter tengah-tengah enak buat ngebut di putaran tinggi (r15 dan mx king), enak juga buat akslerasi dengan torsi besar di putaran bawah (wr 155). Tinggal dilakukan pengaturan di asupan bensin, posisi torsi maksimum dan rasio dari gir depan dan belakang.

Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.