Gawat …Hujan Bisa Menghambat Proses Pengasapalan Ulang Sirkuit Mandalika

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pagi ini di jalan bypass menuju sirkuit mandalika terpantau hujan yang cukup lebat, yang memaksa sopir harus menyalakan wiper mobinya. Begitu pula yang terjadi di lintasan sirkuit yang sedianya akan diaspal ulang. Akibatnya sebelum pemberian prime coat dengan (aspal cair panas), lintasan yang baru saja dikelupas harus dikeringkan.

Pengeringan dilakukan dengan meniupkan udara bertekanan tinggi yang dihasilkan oleh kompresor dengan daya yang sangat besar. Kompresornya segede pick-up dan harus ditarik dengan mobil truk. Tiupam udara bertekana tinggi akan mengusir air dari celah-celah kerikil aspal, apalagi jika udara tersebut bersuhu tinggi, maka lapisan tipis air yang masih melekat di permukaan aspal akan segera lenyap menguap di udara.

Pagi hari ini di bypass menuju sirkuit mandalika terpantau hujan yang cukup deras. Sehingga pengendara mobil harus mengoperasikan wiper mobilnya untuk membersihkan kaca depan yang tertutupi oleh bintik-bintik air hujan. Kiranya begitu pula dengan sirkuit mandalika, juga diguyur hujan lebat, berikut penampakan derasnya curah hujan lewat kaca mobil…

 

Akibatnya sirkuit menjadi basah, baik yang sudah diaspal ulang, maupun yang sudah dikelupas dan belum diaspal. Sehingga harus dilakukan treatment (perlakuakn awal) sebelum dilabur dengan prime coating. Perhatikan genangan air disekitar ujung aspal yang merupakan batas antara segmen-2 yang sudah diaspal ulang dan segmen-2 yang belum.

 

Alchamdulillah hujan segera reda menjelang siang. Dengan bantuan panasnya sinar matahari, proses pengeringan lintasan yang sudah dikelupas dan yang akan diaspal ulang dapat semakin mudah dan cepat. Para pekerja menyemburkan udara bertekanan tinggi ke permukaan aspal yang digenangi air hujan. Sehingga air hujan tersebut menyingkir dari celah-celah batu kerikil asplal yang baru dikelupas. Sangat bagus kalau udara yang dicemburkan juga bersuhu tinggi, sehingga lapisa tipis yang masih tersisa bisa bersih, menguap ke udara.

Bayangkan mas bro seandainya hujan berlangsung dalam waktu lama dan deras, bagaimana bisa pengaspalan ulang dilakukan saat hujan tersebut. Pastinya pengaspalan akan dilakukan setelah hujan berhenti dan area yang mau diaspal dikeringkan terlebih dahulu. Oleh karena itu ada baiknya kita berdoa kepada Allah agar memberikan kemudahan kepada mereka yang bekerja mengaspal ulang sirkuit mandalika dengan memberikannya cuaca yang cerah.

Seperti hari sebelumnya, kemungknan besar pengaspalan segmen-2 baru akan dilakukan siang hari. Jika setiap harinya hanya bisa mengaspal sampai sepanjang segmen-1, maka kemungkinan besar proses pengaspalan ulang akan selesai dalam waktu 4 hari bahkan lebih. Kita doakan bersama agar proses ini berjalan lancar dan sukses.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

 

 

1 Trackback / Pingback

  1. Hari Ke-8 Lanjut Pengaspalan Segmen-2 Sirkuit Mandalika - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan