Ducati Pole Position Tapi Bukan dari Tim Pabrikan, Aneh ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Babak kualifikasi tadi malam telah melahirkan pembalap-pembalap tercepat baru. Seperti biasanya banyak motor-motor ducati jawara di sirkuit qatar ini. Kalau sebelumnya dikangkangi oleh francesco bagnaia-pecco (fb63), kali ini dipuncaki oleh jeorge martin (jm89). Yang sedikit menjadi pertanyaan (aneh) kenapa pembalap satelit ducati dari dua tim yang berbeda (pramac racing dan grssini racing motogp), bisa lebih kencang dan lebih cepat dibandingkan pembalap pabrikan.

Apalagi dengan pembalap pabrikan ducati lenovo pecco (fb63) yang sebelumnya mampu mencetak rekor sekaligus pole position dan lap time  1’52.772, dengan top speed 355,2 kpj di babak kualifikasi motogp qatar tahun 2021 lalu, kali ini hanya mampu menduduki posisi-9 dengan lap time 1’53.411 dan top speed 345 kpj. Perbedaan performa yang cukup jauh, selisih waktunya sekitar 0,7 detik dengan selisih top speed lebih dari 5 kpj. Entahlah ini merupakan strategi (sengaja menurunkan powernya agar mudah dikendalikan) atau suatu kemunduran, baik dari sisi pembalap atau tim.

Berikut hasil kualifikasi motogp gatar 2022 tadi malam  …

Bagaimana dengan marc marquez (mm93) ?  Menurut penuturannya, kondisi fisiknya sudah kemabali normal seperti sediakala. Tapi ternyata ia pun masih belum mampu menjadi pole siter di sirkuit qatar ini. Meskipun penampilannya sudah cukup baik, karena hasil yang ia capai di babak kualifikasi motogp qatar tahun 2022 ini sedikit lebih baik ketimbang hasil yang ia dapat di tempat yang sama di tahun 2019.

Lebih cepat hampir 0,5 detik, dan ini sekaligus dapat menunjukkan bahwa mm93 telah kembali pada performa terbaiknya. Semoga motogp qatar 2022 yang akan ditayangkan

“nanti malam, malam senin 6 maret 2022, jam 10”

akan memberikan tontonan yang negasikkan sekaligus menegangkan. Karena jorge maartin (jm89) dan enea bastianini (eb23) tentu saja tidak akan menyia-nyiakan posisi terdepannya di grid start. Apalagi mereka masih sangat muda, dengan semangat darah muda yang berkobar-kobar seperti marquez di tahun 2013, tentu saja akan sangat agresif dan kemungkinan besar mereka berani mengambil resiko, menang atau crash.

Dan berduel dengan marc marquez bisa jadi merupakan “sesuatu” yang membanggakan jika berhasil mengalahkannya. Apalagi mereka membawa motor ducati yang selalu bisa mengalahkan marc marquez dengan honda rc213v-nya di sirkuit losail qatar ini, saat ducati desmo ditunggangi andrea dovizioso (ad04), beberapa tahun yang lalu.

Alex rins dan joan mir, tentu saja tidakakan tinggal diam jika baris terdepan hanya di duduki oleh para pembalap dengan motor bermesin v4. Karena ia dengan suzuxi gsx-rr dengan konfigurasi engine 4-line nya, juga mampu menyamai top speed mereka yang ada di depan, yaitu 345 kpj. Apalagi ia dibekali mesin yang lebih kencang saat melibas tikungan, maka sangat mungkin ia dan juga joan mir, untuk bisa ikut rombongan terdepan.

Bagaimana dengan pasukan tim pabrikan yamaha yang digawangi oleh fabio quartararo (fq20) dan franco mobidello (fm21) ? Sepertinya pasukan yamaha harus berjuang keras agar tidak tertinggal. Kalau bisa mereka harus selalu pada limit teratas dan konsisten untuk bisa berada di barisan terdepan. Karena seperti terlihat di tabel hasi kualifikasi, lap time dan top speed mereka terpaut agak jauh jika dibandingkan pembalap terdepan. Bahkan top speed fq20 terpaut 13,1 kpj jika dibandingkan dengan pembalap tercepat ducati yaitu enea bastianini (eb23).

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan