Hari ke-5 Pengupasan Aspal Sirkuit Mandalika Tambah 1 Segmen Lagi ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa abrokatuh, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan.

Pengelupasan aspal sirkuit mandalika. lombok, nusa tenggara barat, Indonesia selesai pada segmen-2 yang memakan waktu 4 hari. Ternyata pada hari ini belum dilakukan pengaspalan, dan terlihat diujung segmen-2 tepatnya sebelum tikungan-5 (T-5), pengelupasa aspal diperpanjang. Jika dilihat dari ujungnya, maka penambahan jarak aspal yang dikelupas adalah sampai setelah tikungan-5 (T-5).

Pantas saja pengaspalan ulang belum dimulai, jangankan pengaspalan, penyemprotan aspal cair-panas saja belum. Dan memang sepertinya jadwal pengaspalan diundur mengingat prediksi selesainya pengerjaan pengaspalan ulang ini (resurfacing), “denger-denger dari bocoran” lebih cepat 2 hari dari jadwal semestinya. Ataukah mungkin karena terlalu cepat pengerjaan ini, mengakibatkan permukaan aspal sirkuit mandalika yang “dipermak” diperpanjang ? Bener juga sih, ada waktu sisa dua hari, kenapa nggak sekalian diteruskan sampai bagian setelah T-5 yang juga dikeluhan pembalap saat tes pra musim bulan lalu.

Berikut ini gambar di mana terlihat penambahan panjang lintasan yang dikelupas, yang bisa dikatakan sebagai segmen-3….

Akhir dari segmen-2 dan awal dari segmen-3

 

Akhir dari segmen-3

 

Kira-kira panjang dari segmen-3 (tahap-3) sekitar 200-an meter, lihat gambar ini

 

Menurut iwf, panjang aspal lintasan sirkuit mandalika yang dikupas telah mencapai lebih 30% dari panjang lintasan, jadi bukan 17,5% seperti kabar semula. Semakin panjang semakin baik, apalagi jika pengaspalan ulang dilakukan diseluruh lintasan akan jauh lebih baik lagi. Tapi sayang waktu tidak mengizinkan, karena jadwal motogp yang akan diselenggarakan di sirkuit mandalika ini tinggal 14 hari lagi, alias tersisa waktu hanya 2 minggu.

Dan sampai hari menjelang sore, pengelupasan aspal di segmen-3 telah menyelesaikan hampir 5 lajur. Maklum segmen-3 ini terbilang sangat pendek, jauh lebih pendek dibandingkan segmen 1 dan 2. Sehingga diharapkan bisa selesai dalam satu hari ini, mungkin saja sore menjelang malam atau ditambah lebur sedikit, pekerjaan ini akan selesai hari ini juga.

Sementara itu pasuka pembersih lintasan pasca dikelupas masih terus bekerja. Saat siang tadi pembersihan dengan semprotan air sudah jauh melewati garis start, bahkan suha hampir mencapai ujung segmen-1. Mungkin saat ini (sore jam 6) segmen-1 sudah selesai dibersihkan, lanjut ke segmen-2.

Sementara itu pasukan bagian pengaspalan sudah standby, tinggal menunggu aba-aba untuk memulai pengaspalannya. Dan sepertinya tadi sore sirkuit mandalikan diguyur hujan, dan menurut iwf kurang kondusif untuk pengaspalan, karena pengaspalan dilakukan pada kondisi setelah hujan yang dikhawatirkan adanya lapisan tipis air yang tersisa, yang dapat pengurangi kekuatan daya rekat aspal lapisan-3 (stone mastic asphalt) ke lapisan-2 yang baru diguyur hujan.

 

Oh ya, mengenai proses dan kualitas pengaspalan, diharapkan akan lebih bagus dan memuaskan ketimbang sebelumnya. Karena telah dilakukan percobaan dan simulasi pengaspalan di area parkir yang diawasi dengan sangat ketat oleh konsultan dan juga pihak dorna. Sehingga nanti ketika dilakukan pengaspalan di sirkuit benar-benar memenuhi kualitas yang disyaratkan.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.