Hari Ke-3 Resurfacing Sirkuit Mandalika, Bagaimana Proses Pembersihan Pasca Aspal Dikelupas ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Proses pengelupasan aspal sirkuit mandalika sudah memasuki hari ke-3. Segmen-1 dari sebelum tikungan 17 (T-17) sampai sebelum tikungan 1 (T-1) telah rampung dikerjakan. Dan hari ke-3 ini melanjutkan pengelupasan aspal segmen-2 sisany, yaitu sebelum tikungan 1 (T-1) sampai setelah tikungan 5 (T-5). Dan sampai sore tadi sudah berhasil mengupas hampir 3 lajur.

Dan terlihat proses pengelupasan aspal telah dihentikan (untuk sementara), dan mungkin akan dilanjutkan dengan lembur untuk mengejar minimal selesai 4 lajur. Sementara segmen-1 yang sudah selesai dilakukan pembersihan, mau tahu bagaimana caranya membersihkan aspal sirkuti yang baru saja dikelupas ?    (simak kelanjutannya)

Terlihat dilintasan lurus, terdapat dua tahap pembersihan. Tahap pertama debu dan pasir halus disembur dengan udara bertekanan tinggi. Tahap berikutnya adalah disemprot dengan air, juga bertekanan tinggi, mirip-mirip dengan semprotan pemadam kebakaran. Perhatikan jarak antara pekerja yang melakukan peniupan dan penyiraman, lumayan jauh.

 

Peniupan debu dan pasir dengan udara bertekanan

 

Penyemprotan dengan air

Dan tentu saja diharapkan lintasan yang asapalnya dikelupas, akan menjadi bersih. Hal ini memang harus dilakukan agar aspal dari stone martic asphalt (SMA) bisa melekan dengan kuat, menggantikan aspal yang dikelupas. Semoga saja komposisi campuran antara aspal yang diimpor dari inggris dan batu yang didatangkan dari palu benar-benar memberikan hasil yang memuaskan. Karena menurut iwf penyebab dari rontoknya kerikil lintasan oleh “cungkilan” ban motor motogp yang bertenaga lebih dari 240 hp, adalah jenis material dan komposisinya yang kurang memenuhi syarat yang direkomendasikan konsultan.

Nah inilah hasilnya, aspal yang telah dibersihkan pasca dikikis oleh mesin cmm.

Bersih banget ya, mungkin jika air yang digunakan adalah air yang suci, nih aspal dah bisa dipakai sholat, karena bersih dan sekaligus suci dari najis.

Sementara cmm sudah diistirahatkan untuk sementara, iwf nggak tahu apakah malam ini akan diterukan, atau diteruskan besok pagi. Menurut prediksi iwf, jika hasilnya baru 3 lajur, maka kemungkina besar besok akan lembur lagi sampe malam. Agar paginya di hari ke-5, lintasan segmen-1 sudah bisa diaspal, dan segmen-2 bisa dibersihkan.

Semoga semua pekerjaan bisa berlangsun dengan lancar dengan hasil terbaik. Dan semoga pula informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.