Perkiraan Power Ninja ZX25R Aplikasi Boreup Kit 300 CC

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Meilik bocoran boreup kit untuk mendongkarak kapasitas kawasaki ninja zx25r di blog papan atas, iwf jadi tergelitik untuk ikut mengulik informasi yang tersirat di dalamnya. Realitasnya saat ini zx25r menjadi satu-satunya motor dengan konfigurasi engine 4-silinder segaris dengan power yang paling tinggi, yaitu 37.5 kW {51 PS} / 15,500 rpm. Akan tetapi pasti ada saja rider yang masih kurang puas dengan performa tersebut, sehingga ingin performa yang lebih besar lagi.

Sesungguhnya dengan engine/mesin yang ada, performa zx25r masih bisa ditingkatkan lagi, yaitu dengan mengoptimalkan efisiensi volumetriknya (VE). Optimasi porting dan pelebaran klep merupakan langkah jitu untuk meningkatkan VE-nya. Dan menurut perhitungan iwf di artikel sebelumnya, powernya bisa dikerek ke 54 PS.

Akan tetapi cara ini kurang praktis, yang lebih simple adalah dengan mengganti silinder dan piston sehingga kapasitas menjadi lebih besar. Nah di artikel blog papan atas tadi dinyatakan bahwa ada yang sedang mengembangkan boreup kit zx25r sehingga kapasitasnya menjadi sekitar 304,8 cc. Kalau memang benar, seberapa beras peningkatan powernya ? Simak analisisnya…

Perkiraan Power ZX25R Standar

Perkiraan Power ZX25R Aplikasi BoreUp Kit 300CC

Dengan tetap menjaga semua variabel yang sangat menentukan besarnya power yang dihasilkan, dan dengan merubah volume silindernya menjadi 304.8 cc (diameter silindernya menjadi 55,22 mm, stroke tetap), maka powernya menjadi lebih dari 60 ps. Berikut tabel perhitungannya.

Selama rasio kompresi dijaga tetap, maka ecu standar masih dapat digunakan. Hanya saja untuk mengimbangi pasokan udara yang semakin besar, maka perlu ada modifikasi pada :

  • Luas penampang filter udara
  • Debit injector
  • Ukuran header knalpot
  • Sistem pendinginan (radiator) harus di-upgrade, karena power mesin bertambah lebih dari 20%, pastinya suhunya semakin tinggi.
  • Tentu saja oli mesin juga harus di-upgrade kualitasnya.

Dengan power yang naik menjadi 62 ps, untuk bobot yang mungkin masih berada di sekitar 180-an kg, maka akselerasinya akan semakin maknyos. Jauh jika dibandingkan versi standarnya, dan pastinya jika digarap dengan baik dan benar, durabilitas akan tetap bisa diandalkan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Perkiraan Power Ninja ZX25R Aplikasi Boreup Kit 300 CC | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan