Statistik Performa Rider Posisi 1-12, MotoGP Mugello 2021. Lumayan Buat Prediksi

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sampai saat ini seluruh rider sudah menempuh babak latihan bebas (free practice) ke-1 sampai ke-4 dan juga babak kualifikasi. Tentunya dari semua babak semua rider dan juga timnya akan berusaha menempatkan dirinya pada posisi sebaik mungkin. Akan tetapi hasil yang didapatkan terkadang tidak sesuai dengan harapan, justru akibat beberapa faktor yang luput dari optimasi, performa rider bukan semakin baik malah semkain turun.

Dalam artikel ini iwf akan sajikan grafik laptime dan topspeed rider pada fp1 sampai dengan fp4, sekaligus q2, untuk 12 pembalap teratas. Nah dari grafik setiap pembalap akan terlihat komparasi anatara performa yang dimilikinya dengan performa rata-rata 12 pembalap tersebut. Berikut gambarnya…

Top Speed Pembalap 1-12

Lap Time Pembalap 1-12

Top speed dalam satuan kpj, sedangkan lap time dalam detik. Artinya jika yang biasanya ditulis 1’45.187, dalam tabel ditulis 1 menit =60 detik sehingga menjadi 105.187 detik.  Untuk top speed semakin jauh di atas grafik warna biru (rata-rata) pembalap semakin kencang. Sedangkan untuk lap time semkain jauh di bawah grafik warna biru (rata-rata), pembalap semakin cepat.

Contoh analisis dari dua gambar di atas seperti :

  • Fabio quartararo top speed nya sering di bawah rata-rata, akan tetapi ia jauh lebih cepat (lap time nya) dibandingkan lap time rata-rata justru saat top speed nya paling rendah dari yang bisa ia capai (FP2, FP3, FP4 dan Q2).
  • Marc marquez lap time nya selalu lebih lambat dibandingkan lap time rata-rata, dan ketika ia meningkatkan top speed motornya melebihi batar rata-rata, justru lap time semakin lambat jika dibandingkan lap time rata-rata (FP3 dan FP4).

Monggo/silahkan dilanjutkan untuk pembalap lainnya…

Dari grafik-grafik ini, prediksi iwf, pembalap yang konsisten lap time nya di bawah rata-rata, memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk juara, seperti quartararo, bagnaia, oleveira dan rins. Sedangkan marc marquez dan pol espargaro, jika tidak ada keajaiban sangat kecil kemungkinannya untuk juara.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Statistik Performa Rider Posisi 1-12, MotoGP Mugello 2021. Lumayan Buat Prediksi | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan