ganti-oli-bloger

MotoGP 2021 Babak Kualifikasi Lebih Penting dari Race ?

Diposting pada

MOTOGOKIL.COM-Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pada motogp musim tahun lalu, 2020, joan mir dari tim suzuki ecstar menjadi juara dunia. Ia bukan pembalap tercepat, akan tetapi mir adalah pembalap yang paling sedkit membuat kesalahan. Dan sepertinya itu juga akan terjadi di musim balapan 2021 ini.

Pada musim balap tahin 2021 ini, pasukan yamaha memulai dengan sangat baik, karena mampu mengoleksi 3 kemenangan.  Sedangkan ducati yang jelas-jelas lebih kencang baru mengoleksi 1 kemanganan. Dari performa masing di 4 race dengan 3 lintasan yang berbeda, bisa ditarik kesimpulan sementara bahwa ducati adalah motor tercepat (juga terlengkap), sedangkan yamaha adalah motor paling nyaman di berbagai trek.

Kepala mekanik pembalap franco morbidelli dari tim yamaha petronas srt ramon forcada, mengatakan :

“Motor dengan tenaga yang lebih kecil, dengan akselerasi yang pas-pasan, selalu tampil lebih baik dengan lintasan bebas (berada di depan tanpa gangguan pembalap lain).”

Dan seperti itulah yang harus dilakukan pembalap yamaha, dan itu sudah dilakukan oleh pembalap yamaha fabio quartararo. Pembalap yamaha lainnya juga berusaha melakukan hal sama. Akan tetapi mereka agak terhambat oleh mesin yang kurang kencang.

Gigi dall’igna menyadari akan pentingnya posisi terdepan saat start. Oleh karena itu ia bekerja sangat keras untuk mengembangkan sistem holeshot, agar pembalapnya bisa segera berada di barisan depan sesaat setelah start. Sedangkan yamaha masih selangkah di belakang ducati dalam pengembangan sistem holeshot ini.

Saat ini kemajuan sistem aerodinamika motor sudah sangat tinggi. Sehingga motor dapat melakukan pengereman di titik yang lebih dekat dengan tikungan. Hal ini membuat pembalap dibelakangnya mengalami kesulitan untuk menyalipnya. Dan kondisi ini semakin

Oleh karena itu, start di posisi terdepan menjadi semakin penting. Yang pada akhirnya hasil balapan lebih banyak ditentukan oleh hasil kualifikasi. Pembalap yang berada di depan sejak start, lebih berpeluang untuk menang. Dan pada sesi balapan selanjutnya, akan terjadi pertarungan yang sengit antar tim dan pembalap (khususnya ducati dan yamaha) di babak kualfikasi, untuk memperebutkan keuntungan ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Sumber bacaan : gpone

One thought on “MotoGP 2021 Babak Kualifikasi Lebih Penting dari Race ?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan