ganti-oli-bloger

MotoGP : Ducati GP20 Motor Jawara

Diposting pada

MOTOGOKIL.COM-Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjlanan sampai ke tujuan.

Motor-motor ducati yang digunakan oleh para rider yang berlaga di motogp terkenal dengan kelemahannya yang “susah belok”. Tapi itu dulu saat ini, dari motogp spanyol, jack miller dan paco bagnaia membuktikan rumor kelemahan ducati tersebut tidak terbukti saat ini. Karena mereka berdua terbukti mampu meraih podium 1-2 pada balapan kemarin.

Padahal sirkuit di jerez spanyol, termasuk sirkuit yang memiliki stright yang pendek dan banyak tikungan tajam, yang bisa menyulitkan rider motor ducati. Lihat penampakan lintasan sirkuit di jerez ini…

Dan lintasan di jerez terkenal relatif sempit dibandingkan sirkuit lainnya. Jadi seharusnya ducati kurang kuat di sirkuit ini. Akan tetapi balapan kemarin membuktikan sebaliknya, pasukan pabrikan ducati (Ducati Lenovo Team) malah menang double podium 1-2. Gigi Dall’Igna mengatakan seraya bahagia dengan kemenangan 2 pembalapanya kemarin :

“Saya pikir saya orang paling bahagia di dunia saat ini. Jerez selalu menjadi trek yang sulit bagi motor Ducati, jadi bisa finis di posisi pertama dan kedua hari ini sangat penting bagi kami, terutama dari sudut pandang teknis. Kedua pembalap memiliki balapan yang sensasional. “

Arinya jika pasukan ducati mampu konsisten sampai akhir musim, maka kemungkinan besar tim-tim ducati akan berjaya. Dan kemungkinan meraih juara dunia sangat terbuka lebar. Apalagi para jawara dari tim rival sedang dibelit masalah, diantaranya :

  1. Franco morbidelli (Petronas Yamaha SRT), teknologi motornya ketinggalan 1 tahun
  2. Marc marquez (Repsol Honda Team) masih belum pulih 100% dan mungkin sampai pertengahan musim, baru bisa normar. Itu juga kalau nggak kecelakaan fatal lagi.
  3. Pasukan suzuki ecstar masih belum kelihatan tajinya
  4. Fabio quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan mungkin akan tidak perform maksimal selama beberapa race ke depan.

Jadi pasukan ducati baik itu pabrikan (Ducati Lenovo Team) , ataupun yang satelit (Pramac Racing dan SKY VR46 Avintia) bisa memanfaatkan kesempatan yang bagus ini. Mereka bisa mendulang poin yang sebanyak mungkin untuk beberapa race ke depan. Karena motor-motor ducati (menurut iwf) sudah waktunya jadi juara dunia. Jika di jerez saja ducati bisa podium 1-2, maka seharusnya ia juga bisa melakukan yang sama di sirkuit-sirkuit lainnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.