ganti-oli-bloger

Terpantau Fairing Honda RC213V Baru Saat Tes di Jerez

Diposting pada

MOTOGOKIL.COM-Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan, aamiin.

Pada saat tes jerez kemarin, pol espargarao terpantua menggunakan fairing baru pada honda rc213v nya. Dan terlihat dengan jelas bahwa air intake (saluran udara) di fairing depan diperluas ke arah atas. Hal ini dilakukan honda untuk meningkatkan secara cepat faktor aerodinamis yang sebelumnya tidak memuaskan marc marquez di awal musim balapan tahun ini.

Terpantau juga marc marquez dan nakagami menguji fairing honda dengan posisi sayap (wing) yang lebih rendah. Panampakan ini mirip seperti model yang digunakan pada motor yamaha. Dan fairing tipe ini sudah pernah diuji oleh steven bradl di qatar kemarin. Untuk air intake, terdapat sedikit perbedaan dibandingkan dengan motor kompetitor lainnya. Yaitu bentuknya lebih meng-kotak, yang tentu saja bentuk ini mempengaruhi penempatan dan bentuk winglet nya.

Optimasi air intake diperlukan untuk meningkatkan pasokan udara ke ruang bakar, dan ini merupakan kebutuhan uatam untuk meningkatkan tenaga/power engine (mesin) motor di motogp yang menganut standar naturalli aspirated. Sedangkan optimasi winglet dilakukan untuk mencegah motor wheelie saat start atau saat full throttle ketika keluar dari tikungan, sekaligus juga dengan memperhatikan down force yang diberikan saat pengereman. Keduanya harus seimbang demi keselamatan pembalap dan demi raihan poin maksimal.

Ketika kesehata marc marquez semakin baik, dan pengembangan motor honda semakin menuju performa unggulnya, disitulah pembalap lain mulai tremor. Karena sejatinya motor honda adalah motor yang sangat kuat dan merupakan motor yang bisa memberikan banyak gelar juara. Akan tetapi kekuatannya justru kontra produktif bagi pembalap-pembalap yang tidak mampu menguansai. Alih-alih menjadi motor juara, malah jadi motor pembunuh karir pembalap.

Kita tunggu saja hasil tes jerez ini, apakah fairing ini memberikan nilai lebih atau tidak. pastinya jika memberikan nilai positif, dalam waktu dekat fairing ini akan digunakan pada balapan selanjutnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Referensi : GPOne