Meningkatkan Power dengan Menerapkan Ram Air Intake

Ram3 KTM-RC250GP-Moto3

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pernah lihat bolongan di deket head lamp motor2 balap high performance ? Seperti tampak di gambar atas, itulah cerobong udara untuk memasukkan udara ke silinder dengan bantuan tekanan angin pada kecepatan tertentu. Sistem pemasukan udara seperti tiu disebut “Ram Air Intake System”, yang akan memberikan peningkatan jumlah udara yang masuk silinder (peningkatan VE) pada rpm tertentu dan pada kecepatan tertentu.

Aplikasi ram hampir merata di semua motor sport, baik produksi honda, yamaha, kawasaki, suzuki, ktm dll, karena efeknya sangat signifikan.

Perhatikan grafik peningkatan power sebelum dan sesudah aplikasi ram air intake system

146-9508-RAM-9-ZOOM

Pengukuran di mesin dyno menunjukkan peningkatan power Kawasaki ZX-9, dengan mengaplikasikan ram pada kecepatan 150 mph, atau setara dengan tekanan boosting 30 milibar. System ini memiliki konstruksi yang khas untuk masing2 pabrikan, seperti tampak pada gambar berikut

ram air intake japan

 

Prinsip kerja adalah dengan memanfaatkan gaya drag udara, untuk memberikan tekanan lebih besar pada saluran masuk, sehingga memiliki tekanan lebih besar dari pada udara luar. Dan ketika klep-in dibuka, kecepatan udara yang masuk bukan hanya dipengaruhi oleh kevakuman dalam silinder, akan tetapi juga karena tekanan dalam saluran intake/masuk. Sehingga efisiensi volumetrik yang diperoleh lebih besar dari pada, sistem intake yg tidak mengaplikasikan ram.

Prinsip kerjanya dapat dilihat dalam gambar berikut

ram cbr600

 

Untuk sistem pengabutan karbu, biasanya bisa mudah menyesuaikan, sedangkan untuk injeksi, pengijeksian dan pengapian harus ditata ulang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

20 responses to “Meningkatkan Power dengan Menerapkan Ram Air Intake

  1. bagaimana jadinya kalau ada benda/hewan yang masuk ke lubang itu ya? apakah ada semacam filter di dalamnya?

  2. klo sistem injeksinya bisa di otak-atik akan lebih jos krn tekanan udara dan semprotan injeksi bisa di sesuiakan, klo di karbu agak susah karena harus menyesuakan spuyer yang pas dengan tekanan udara pada kecepatan rendah dan tinggi

  3. eiwwwwooeww
    mantaabbhh bgt kalo begitu kalo untuk motor sport 150an di indo udahdi aplikasi bloom….mungkin bentuknya beda

  4. gimana kalo pake bantuan intake kipas, dari bantuan turbin di exhaust? jadi kayak turbo 😀

  5. kalo ujan apa ga macet tuh?

    • kalau disainnya bener, harusnya nggak macet.
      kita aja, kalau keujanan trus lari kenceng, sambil nafas ngos2an, nggak ada tuh air hujan yg kesedot hidung ? tul nggak ?

  6. haha analoginya ada2 aja, lha hidung kita ngadepnya kebawah. jd mski lari knceng lubang hdung kita ndak nabrak butiran aer, lha kl posisi lubang itu nabrak butiran air, cntoh mulut, mgkin beda kasusnya bos…

    • ya pabrik dah tau lah itu, bahwa motor juga dipake buat ujan2an, makanya desainnya sedemikian rupa supaya air nggak ikut masuk.
      orang yang ahli aerodinamika yang faham nih, yang contohnya kaya yang di gambar buram.

  7. Dilihat di gambar jalur pipa depan landai sedikit lengkung kebawah jadi air hujan akan tertinggal dan pasti ada lubang pembuangannya dan yg kearah box lubangnya diatas jd air hujan ga akan masuk sampe box filter, kecuali kerendam / kbanjiran

  8. kl di suzuki trademarknya Suzuki Ram Air Direct (SRAD)

  9. aku juga punya ide kek gitu bro . tapi bingung cara pemasanganya . harus balik balik pipa udara .

  10. Pingback: Salah Satu Rahasia Besarnya Power CBR 250RR : Ram Air Intake System | motorgoodness

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan