Modif Sederhana Bikin Honda Rasa Harley Davidson

honda harley davidson looklike motogokil

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senatiasa menyelamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan mara bahaya di manapun kita berada, aamii.

Buat bro yang antusias terhadap dunia permotoran, tentunya sangat mengenal motor moge hd (harley davidson). Motor yang sering terlihat bergerombol dengan rombongan yang cukup panjang saat touring, dengan suara menggelegar mirip suara helikopter. Dan ternyata banyak mas-bro pencinta motor, menjadikan bahwa memiliki motor hd ini adalah suatu kebanggan, alias keinginan puncak (cita-cita).

Akan tetapi mau apa dikata, motor ini mahal banget (versi full paper) dibandingkan motor standar lainnya. Rakjel (rakyat jelata) paling-paling hanya bisa nyawang (melihat) dan melamunkannya. Bagi biker antusias yang tidak kenal menyerah, akan tetap berusaha, kalau nggak bisa punya hd, paling tidak punya motor rasa hd. Tidak ada rotan, akarpun jadi.

Salah satunya adalah upaya bagaimana mengubah honda rebel menjadi serasa harley davidson (hd). Mungkin bagi sebahagian besar rider tanah air, honda rebel juga masih lumayan mahal, lhah apalagi hd. Akan tetapi bagi yang kepingin punya hd, tapi sanggupnya beli honda rebel, bisa melakukan beberapa modifikasi ringan sebagai berikut…

Karena style honda rebel sudah mirip-mirip hd srteet glide, maka style hd inilah yang mungkin paling cocok untuk didekati. Yang paling utama adalah membuat kedok lampu depan (head lamp). Karena bagian inilah yang paling menyolok, dan ubahan di sektor ini akan berdampak signifikan pada style honda rebel.

honda rebel visor head lamp motogokil

Tinggal sisanya, adalah pernik-pernik kecil tambahan rangka untuk gantungan tas di bagian belakang (kanan-kiri) dan bagian depan crash guard. Modifikasi sederhana ini dipelopori oleh modifikator kijima dari jepang. Mari dilihat modifikasi selanjutnya

honda rebel crash guard and leg protector motogokil

Bagian belakang, cukup tambahi behel dan brakcet untuk side bag (tas samping).

honda rebel bracket side bag motogokil

Dan ternyata bagian ini disusun dari 3 komponen yang cukup sederhan, mas-bro bisa bikin sendiri di tukang las.

holder and bracket motogokil

Kalau tas samping sudah terpasang penampakannya seperti ini. Tas bisa bebagai model bisa dipasang asalkan ukurannya pas, sukur-sukur bisa mirip punyanya hd, [sumber : webike].

side bag fit on honda rebel motogokil

Kalau tidak punya honda rebel, mungkin bisa pakai basis yang lebih murah. Misalnya pakai basis hyosung bobber atau bajaj avenger.

bajaj-avenger-cruise-220hyosung-bobber-300-20-03

Dua motor ini nggak dapet juga, ya sudah pakai yang ada saja. Bisa honda gl, suzuki thunder atau yamaha scorpio. Tapi rangka belakang harus sedikit dimodifikasi. Dan jangan khawatir, modifikator papan atas dan papan tengah tanah air, gampang bin eces mengatasi masalah ini.

Modifikasi model cruiser seperti ini, akan sangat bermanfaat bagi rider yang sudah agak tua, yang punggunga sudah sering dilanda pegal-pegal. Apalagi ridernya suka touring jarak jauh menjelajah nusantara, menuju objek-objek wisata yang saat ini sedang digiatkan. Tidak perlu kencang, yang penting menyenangkan. Kencang juga buat apa lha wong jalanan di Indoneseia pendek-pendek, macet, berlubang dan sering ada “sesuatu” yang tak terduga. Kalau pun ada jalang panjang cuma buat mobil, motor masih belum diizinkan lewat, jalan tol.

Di masa psbb seperti saat ini, aktifitas di bengkel terasa lebih menyenangkan ketimbang di jalan. Selamat berkarya, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan