ganti-oli-bloger

Skutik Sym DRG BT Cocok Buat Acuan Modif Honda Vario

Diposting pada

vario 150 vs sym drg bt

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantisa menyelamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan berbagai mara bahaya, di manapun kita berada. Aamiin yaa Robbal ‘aalmiin.

Mau bagaiana lagi, zaman sudah berubah. Kemegahan motor sport dan bebek akhirnya tergusur oleh motor skuter matik (skutik). Faktor yang mendominasi peralihan mode ini adalah situasi jalanan yang menjadikan naik motor skutik terasa jauh lebih nyaman. Ditambah lagi skutik jauh lebih fungsional, karena hampir seluruh anggota keluarga bisa menggunakannya, alias beli satu untuk rame-rame.

Bagi rider yang berjiwa maskulin, terkadang ingin juga tunggangannya memiliki nuansa maskulin. Meskipun tunggangannya matik yang biasa dipake ibu-ibu ke pasar dan anter-jemput anak sekolah, paling enggak tampangnya sedikit gahar lah. Dan memang harus sedikit dilakukan faceup, agar style berubah out of the box. Dan skutik asal taiwan ini, sym drg-bt bisa dijadikan acuan, karena jarang ada yang menyerupainya.

Beberapa detil dari sym drg-bt yang harus diperhatikan agar nuansa sangar juga bisa melekat di honda vario. Mari ditonton detil pada skutik taiwan ini…

sym drg-bt left front top

Secara penampakan siluet vario dah mirip sama sym drg-bt dari sisi ini. Perubahan yang bisa langsung merubah honda vario laksana sym drg-bt adalah aplikasi velg lebar pada roda depan-belakang dan stang ala beat-street.

sym drg-bt front full

Untuk merubah tampilan depan, lumayan susah. Setelah aplikasi stang beat-street, maka tampilan cover depan beserta headlamp harus dirubah. Headlamp yang tadinya berdekatan, dipecah dua menjadi berjauhan. Sedangkan lampu sein pindah ke dek. Cover depan sampai dek, perlu direvisi ke pengerajin fiber-glass, bisa diganti total, atau bisa ditempel di cover aslinya.

sym drg-bt left rear top

sym drg-bt right rear top

Barangkali modifikasi bagian sok belakang yang paling susah karena minimal ada dua ubahan frontal. Yaitu :

  1. Menambah kekuatan rangka, karena titik tumpu sok belakang pindah ke tengah (tadinya di belakang), sekaligus berancang dudukan sok belakang bagian atas.
  2. Memasang pangkon bawah sok belakang pada cvt. Kalau mau nekad yang pakai las diral, untuk membuat dudukan pangkonnya. Kalau takut cvt-nya kenapa-napa ya bikin pangkon ke tukang bubut, lalu dipasang dengan memanfaatkan dudukan baut yang ada di cvt.

Tapi tenanga saja bagi yang mau modifikasi monosok buat varionya. Karena modifikator tanah air jago-jago kok. Sejak tahun lalu sudah banyak bertebaran karya-karya keren pasan monosok di skutik. Perhatikan beberapa gambar konstruksi monosok skutik tersebut.

monoshock construction for honda vario

monoshock construction for honda vario2

Jadi ngga perlu khawatir, membangun honda vario sesangar sym drg-bt ? In sya Allah bisa, kalau ada kemauan pasti ada jalan. Hubingi modifikator

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.