M1 Sudah Lebih Baik…Tapi Kurang Kencang Sedikit

vr46 qatar test 2020

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senatiasa menyelamatkan kita semua di manpun kita berada

Sirkuit losail qatar yang memiliki tikungan-tikungan kecepatan tinggi, memberikan keuntungan bagi motor-motor dengan konfigurasi 4-inline. Bergantian pembalap dengan motor jenis ini memuncaki hasil tes di qatar. Bahkan pada tes hari ke-2 di mana para pembalap mencoba memberikan yang terbaik, 3 pembalap teratas adalah pembalap yamaha dan suzuki yang berkonfigurasi 4-line, dan 6 dari 10 pembalap teratas adalah pembalap dengan engine ini.

Begitu pula yang dirasakan oleh valentino rossi, ia merasa gembira dengan perkembangan kecepatan yamaha m1-nya. Tapi ia merasakan bahwa ia harus lebih cepat lagi, minimal 0.2 atau 0.3 detik lebih cepat dari yang ia capai sekarang, agar bisa berkompetisi di baris terdepan. Dan hal ini bukan hal mudah, karena dengan gap waktu segitu artinya selisih jaraknya adalah 9.4 meter sampai dengan 14 meter, jauh ini bro.

Dan hal-hal kecil yang bisa memangkas waktu harus dilakukan, misalnya aplikasi holeshot saat start.  Menurut rossi bahwa kecepatan start juga memberikan andil dalam penentuan hasil balapan. Karena sekecil apapun selisih waktu harus bisa dioptimalkan, dalam hal ini valentino rossi mengatakan :

“Sekarang di MotoGP start itu sangat penting. Jadi tak hanya membuat perbedaan besar, tapi perbedaan kecil sangat krusial untuk mengurangi kehilangan banyak waktu di lap pertama.”

motogp2019 catalunya start

Jadi aplikasi holeshot pada yamaha m1 memang sudah sesuai dengan keingina valentino rossi. Karena banyak pembalap yang sudah membukatikan bahwa palikasi holeshot dapat memperbaiki waktu start. Akan tetapi kalau semua pempabalap menggukan alat ini, artinya ya sama saja, sama-sama semakin cepat. Dan persaingan kembali mencapai kesetimbangan seperti sebelumnya, saat semua motor tidak ada yang mengaplikasikan holeshot device ini.

holeshot ducati vs yamaha

Yaach namanya juga usaha untuk berpacu secepat mungkin, selama legal akan dilakukan oleh semua tim untuk menjadi semakin cepat. Satu tim mengaplikasikan alat untuk mempercepat laju motor dan legal, yang lain akan meniru. Dan jika memang menguntungkan, maka semua tim akan menggunakannya. Dan kahirnya diatur dalam regulasi balapan oleh panitia.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan