Senjata Honda untuk Skutik 150 CC Sudah Siap. Tinggal Menunggu Waktu, Kapan Diledakkan

aerox-nmax_155_VS_adv-vario-pcx_150-motogokil

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah senantiasa menganugerahi keselamatan dan kesejahteraan pada kita semua dan kepada saudara-saudara kita di sana.

Secara kebetulan iwf sudah mencoba semua skuter matic (skutik) yang tertera di gambar judul di atas. Yamaha nmax dan vario 150 sempat punya dan menggunakan beberapa lama. Dan yang merasakan saat test ride dalam waktu yang cukup lama adalah yamaha aerox, honda pcx 150 dan honda adv 150.

Kesemuanya ada kelebihan dan kekurangan, ya begitulah buatan manusia tidak akan mampu memuaskan seluruh hasrat dari banyak tipe rider yang berbeda. Begitu pula dengan iwf, merasakan kelibahan pada yamaha nmax yang tidak dimiliki honda adv, begitu pula sebaliknya. Untuk tipe rider seperti iwf ada hal yang dianggap penting ada yang tidak, dan jika yang dianggap penting tidak terpenuhi maka motor tersebut masuk dalam katagori memiliki kekurangan yang signifikan.

Misalnya honda adv 150 secara umum memiliki fitur dan style yang bagus (kelebihan) aka tetapi powernya kurang (kelebihan). Karena iwf termasuk rider yang lebih mementingkan power ketimbang style, maka kekurangan tersebut masuk dalam katagori “kekurangan yang signifikan”. Akan tetapi sebaliknya ada rider yang yang memiliki karakter santai, maka style lebih penting dari pada power. Sehingga kekurangan adv bisa dianggap tidak penting, sebaliknya style nmax malah mungkin dianggak kekurangan yang signifikan.

Menurut iwf permasalahan kekurangan power pada skutik 150 cc nya dibandingkan rival (aerox dan nmax 155) sudah disadari dan dsudah pula diantisipasi. Salah satu bentuk perwujudannya adalah lahirnya engine generasi baru untuk skutik 150 cc yang lebih powerful di pertengahan tahun 2019 kemarin.

my20_HONDA_SH125_Valve_Train

Engine merupakan engine yang disematkan pada sh150i yang kemungkinan besar akan juga disematkan pada vario 150, pcx 150 dan juga adv 150. Berikut ini perbandingan konfigurasi kedua engine tersebut :

sh150i engine specs 2020 vs 2019-motogokil

Jadi engine yang akan disematkan pada sh150i merupakan engine dengan konfigurasi baru. Baik ditinjau dari ukuran bore x stroke nya maupun volume ruang bakarnya. Karena terlihat bahwa rasio kopresinya naik, berarti ruang bakarnya semakin kecil volumenya. Tapi konsekuensinya sudah tidak bisa lagi diberi bensin pertalit, minimal harus pertamak turbo, kalau lagi bokek yang bolehlan sekali-kali pertamax  (ron 92)

Power dari engine yang baru ini jelas sangat menyenangkan bagi pencinta skutik honda 150cc. Karena menjadi yang paling tinggi di segmen ini, bahkan lebih tingi dibandingkan power dan torsi yamaha nmax versi 2020 yang hanya 15,09 ps / 8.000 rpm,  14,4 Nm / 6.000 rpm. Apalagi power dan torsinya yang lebih besar ini diraih pada putaran yang lebih rendah, menjadi jaminan akan lebih irit.

Menurut iwf yang pertama kali di-upgrade adalah engine-nya adv 150. Karena bodinya paling berat, dan medan yang menjadi habitatnya memang membutuhkan torsi yang lebih besar. Dengan bersandingnya performa dan style, akan menjadikan honda adv 150 skutik bongsor yang paling layak untuk dipinang.

Nah ninggal menunggu saja, kapan honda (ahm) akan memulai upgrade di sektor engine ini. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

23 responses to “Senjata Honda untuk Skutik 150 CC Sudah Siap. Tinggal Menunggu Waktu, Kapan Diledakkan

  1. Pingback: Honda Bisa Saja Membuat Adv 150 Lebih Powerful dari NMAX dan Aerox 155…Kalau Mau. | motorgoodness

  2. Kepengen nyoba ADV yang lamaan gituuu…tapi belum ada yang ngasih pinjem…hehehehe mampir di jakmotor.com

  3. jadi penasaran dengan sensasi 4 valve di skutik 150cc ala Honda neh pak…

    https://atasaspal.com/2019/12/19/analisa-akan-seperti-apa-xsr-155-di-market-bali/

  4. kira kira versi mesin 4 klep masih mempertahankan suara mesin yang halus ga ya… penasaran…

  5. Kalau saya, harga itu jadi pertimbangan utama.
    He he . . . Baru kemudian model dan power.

  6. kang, knp kok kayaknya ngonda pelit banget menurunkan ‘VTEC” ke produksi motor . apa memang antisipasi “JURUS TERAKHIR” bila kompetitor semakin tinggi levelnya.

  7. saya kira mesin masih tetep kalah / ketinggalan sama sebelah tapi mungkin efisiensi nya bisa menang,,maaf klo salah

  8. Kalau saya kayaknya tipe yang style dulu power belakangan. Kalo orang dulu bilang sek penting mboiss wkwk..
    Btw style dan power udah aku dapatkan di aerox tuh hehe..

  9. Aku rider tipe AKAP n bobot 55kg, performa ADV dirasa sudah lebih dari cukup

  10. ADV sudah lumayan enak, cuma shock belakang yang andai ada adjustment kekerasannya bakalan lebih nyaman

  11. sh150 memang di peruntukan untuk pasar eropah yang mana disana tidak ada BBM busuk,. jadi tepat kalau ratio kompresi hingga 12:1,. cuma kalau dibyong di tanah air,. harus ada penyesuaian,. penduduk +62 orangnya kreatif dan berani coba², hahaha

  12. Menarik nih pak. Saya dari dulu yakin suatu saat honda akan mengeluarkan versi 4klep. Benar saja… hehe

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan