Inilah Penyebab Marc Marquez Crash di Sirkuit COTA …

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sungguh kejadian yang bikin sedih fans marc marquez (mm93) juga fans honda tentunya. Bagaimana tidak, marquez dengan honda rc213v yang dijuluki raja sirkuit COTA, karena sudah 6 kali juara berturut-turut,  akhir tumbang crash di lap-9. Banyak yang heran dengan kejadian ini, karena di sirkuit ini marquez punya record yang tak terkalahkan, tentu saja karena selalu tampil sempurna hampir di setiap sesi sampai saat race.

Di awali dengan dominasi marquez saat free practice dan qualification, hampir bisa dipastikan semua ramalan menunjuk bahwa marquez akan juara ke-7 kalinya di sirkuit cota ini. Akan tetapi kenyataan berkata lain, di saat marquez memimpin di depan dengan jarak yang cukup jauh (lebih dari 3 detik) di lap-9, tiba-tiba ia crash. Banyak yang heran dengan kejadian ini, tapi menurut iwf penyebabnya tidak lain adalah karena terlalu percya diri atau over confidence.

Mengapa iwf berani mengatakan demikian ? Karena memang marquez dengan honda rc213v nya mengawali balapan dengan tanpa kesalahan dan tanpa masalah. Seperti biasanya ia langsung melaju cepat tak terkejar oleh siapapun. Dan hal ini sudah bisa diprediksi oleh hampir semua pengamat balapan dalam dan luar negeri. Karena sudah ditunjukkan oleh dominasinya sesi sebelumnya.

Dan crash marc marquez (menurut iwf) karena salah dia sendiri. Ia pun mengakuinya :

” We are human, we make mistakes, but the most important thing is to learn from them. Thanks for the support, we will come back stronger!”

Balapan semakin cepat dan ia (marc) tetap ingin menjadi yang tercepat. Bahkan ia mampu meciptakan fastest lap di lap 2,3 dan 4.

Apalagi tepat di belakangnya ada valentino rossi (vr46), seorang pembalap legendaris motogp yang selalu menjadi ancaman mm93. Tentu saja mm93 ingin mempelebar jarak, sekaligus menunjukkan dirinyalah yang terbaik. Terbukti dengan tidak adalanya lagi pembalap yang mampu memecahkan fastest lap mm93 ini.

Padahal vr46 juga membalap dengan sangat cepat. Terbukti lap-time nya sudah lebih cepat dibandingkan fastest lap mm93 di tahun 2018 lalu. Artinya balapan di sirkuit cota tadi malam memang semakin kencang. Berikut ini capaian lap time vr46 selama balapan di cota tadi malam.

Jadi menurut iwf tidak ada masalah pada marquez juga honda rc213v dalam kejadian crash tadi malam. Marquez cukup enjoy dan menikmati balapan. Hanya saja iwf melihatnya terlalu kencang, dan sebelum jatuh iwf sempat ngerasani dalam hati “bisa-bisa jatuh nih mm93 jika sekencang ini” dan ternyata kejadian.

Itu bisa terjadi lantaran marquez sangat percaya diri, bukan hanya ingin menjadi pemenang di sirkuti cota ini, akan tetapi ia ingin mencatatkan rekor demi rekor. Baik rekor fastest lap maupun juara di cota berturut-turut 7 kali. Tentu saja ia ingin mengalahkan saingan terberatnya valentino rossi yang menang berturut turut 7x di mugelo.

Akibat over confidence, ia lengah atau khilaf. Ia memacu motornya melebihi kemampuannya atau over limit. Karena secara hukum fisika, jika gaya sentrifugal sudah melebihi traksi ban saat menikung dengan cepat, maka dipastikan akan slip. Dan traksi ban tergantung dari koefisien gesek antara kompon ban dan aspal, dan marquez melampauinya, akhirnya ia crash.

Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. Bahwa semuanya memiliki batas, sesuatu yang melebihi batas akibatnya tidak bagus. Dan rencana Tuhan melebihi rencana manusia. Cukup dengan sedikit membangkitkan rasa percaya diri yang berlebihan, sudah bisa membuat manusia lengah dan menggagalkan rencana yang telah disusun secara matang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Inilah Penyebab Marc Marquez Crash di Sirkuit COTA …

  1. bisa iya bisa tidak. saat sebelum crash ia sdh menurunkan tensinya. marc sendiri yg bilang , yg aneh cruthclow jg crash dg cara hampir sama. masalah rantai lepas jg sgt mengganggu meski sepele. hrc harus berbenah bila ga ingin kehilangan peluang juara

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan