Tyre Cooling VS Down Force…Aero Spoiler Deflector. Marquez Membuktikan Efeknya

Asslamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah perangkat air spoiler (deflector) yang diaplikasikan di ducati dinyatakan legal, honda juga mengajukan part yang sejenis dan dikabulkan oleh panitia. Dan pada latihan bebas di sirkuit cota marquez mecoba untuk mengetahui pengaruhnya. Dan ternyata apa yang dikatakan insinyur tim aprilia dibenarkan oleh marc marquez (mm93).

Marquez mengatakan bahwa : 

” part ini memberikan efek down force, yang mempengaruhi titik pengereman (brake point)”

Simak videonya di sini

https://twitter.com/i/status/1116989735724036101

Tentu saja karena bagi mm93 ini adalah awal, masih dalam analisis, maka keberadaan part ini bisa memberikan efek positif juga negatif. Menurut motogokil, positifnya karena titik pengereman berubah dan memiliki potensi untuk menjadi lebih terlambat dalam pengereman (late braking) juga lebih cepat mendapatkan torsi pada bak belakan saat ingin memasuki tikungan.

Sedangkan sisi negatifnya adalah, juga karena perubahan titik pengereman. Karena marquez sudah memiliki style yang baku, sehingga perubahan pada aspek ini sedikit banyak membuatnya harus beradaptasi. Untuk tahap awal, tentu saja bukan memberikan keuntungan, akan tetapi justru kerugian, karena proses adaptasi pasti akan memperlambatnya.

Akan tetapi ketika mm93 mampu memahami karakter honda rc213v yang abru akibat pengaplikasian aero spoiler ini, maka ia akan mendapatkan keuntungan. Ia dapat lebih lambat mengerem, dan lebih cepat melibas tikungan. Meskipun sedikit, akan tetapi kontribusi lebih cepat 0.01 detik di setiap tikungan aan memberikan efek yang cukup siginifikan dalam balapan.

Jadi alasan aero spoiler sebagai pendingin ban belakang sepertinya menjadi mentah. Karena terbukti ban ducati gp19 dovizioso (ad04) pun meleleh saat di argentina. Sedangkan alasan sebagai pembentukan down force, untuk meningkatkan traksi ban belakang, justru lebih masuk akal.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan