Motor Sport Dual Purpose Suzuki Sepertinya Bukan Berbasis NK150 Tapi yang Ini…


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Blogger otomotive nasional ribut tentang siapa yang akan dipilih SIS untuk menjadi basis motor tril nya  dr150. Tentu saja dalam hal ini sis tidak boleh gegabah, karena di segmen ini sudah eksis yaitu honda crf 150sl dan kawasaki klx 150. Sehingga tidak mudah memalingkan penggemar motor tril-trabas-adventure kalau tidak mempunyai kelebihan yang signifikan dibandingkan keduanya.

Apalagi motor ini segmented banged, tidak sembarang rider menyukainya. Hanya rider yang berjiwa petualang yang akan menjadi calon konsumennya. Dan segmen ini akan terasa semakin kecil bagi suzuki mengingat suzuki masih kalah pamor pada pelayanan after sales (ketersediaan bengkel) dibandingkan rival-rivalnya, juga faktor lain yang menjadi kelemahan motor suzuki secara umum.

Nah jika ingin menggebrak pasar, maka suzuki harus membekali motor tril barunya dengan berbagai kelebihan dibandingkan rivalnya.

Karena kedua rivalnya merupakan motor off road, maka ada baiknya suzuki mengambil segmen lain dengan basis yang hampir sama, yaitu motor adventure. Karena motor adventure (menurut iwf) masih akan lebih masuk akal untuk digunakan sehari-hari. Dan tentu saja juga bisa digunakan untuk melibas medan yang sedikit ekstrim. Jadi jika suzuki memasukkan motor bergenre DR (dari basis nk 150), merupakan pilihan yang paling bijak.

Akan tetapi jika dilihat spesifikasi engine haujue nk 150 (yang katanya calon suzuki dr 150), performanya tampak mengecewakan. Karena bore x stroke nya sama persis dengan crf 150, akan tetapi tenaganya lebih rendah. Honda crf 150 powernya 12.9 ps/8000 rpm, sedangkan haujue nk150 hanya 12.4 ps/7500 rpm.

Menurut iwf, motor tril suzuki yang baru harus memiliki performa yang jauh lebih baik, layaknya gsx r150 dibandingkan dengan cbr150r. Memang suzuki (sis) bisa saja mengoprek engine nk150, akan tetapi akan lebih efisien jika suzuki menggunakan basis engine yang ada dari gixxer 155 yang powernya sudah mencapai 14.8 ps/8000 rpm [artikel].

Stroke gixxer 155 juga lebih panjang sehingga torsinya jaug lebih nendang dibandingkan rivalnya (klx dan crf). Di dalam spesifikasinya torsi engine gixxer mencapai 14 Nm/6000 rpm, jauh lebih torque bandingkan dengan klx 150 (11.3 Nm)  dan crf 150 (12.43 Nm).  Dan tentu saja kalau dipakai buat nrabas akan terasa lebih bertenaga dan lebih menyenangkan.

Apalagi jika ditunjang dengan penampilan yang ciamik, maka motor tril suzuki akan memiliki gaya gedor yang cukup besar bagi pasar yang segmenya sangat kecil ini. Barangkali suzuki mau mempertimbangkan penampakan v-strom 250 (bukan haujue nk 150) sebagai rujukan. Style dan seat height nya masih masuk dalam ukuran kebanyakan rider tanah air.

Jadi jangan tanggung-tanggung kalau bikin motor, yang mana di situ sudah ada rival yang telah eksis. Style seharunya langsung terlihat unggul hanya dengan melihat sekilas. Dan ketika dicoba, powernya membuat test rider terkesan, banar-benar lebih nendang dibandingkan rival-rivalnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan