MPM Sosialisasikan Safety Riding ke Komunitas Honda Jatim

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sudah terlalu banyak kecelakaan sepeda motor di jalanan. Dan ternyata korban terbanyaknya adalah remaja-pemuda pada umur produktif. Maka tepatlah jika mpm mengajak komunitas honda jatim yang hampir seluruhnya berusia produktif untuk ikut menyemarakan dan menyebarkan pesan-pesan safety riding di anggotan komunitasnya.

Acara ini dikemas dalam Safety Riding Competition yang melibatkan beberapa komunitas motor Honda di MPM Safety Riding Course  Sedati  Sidoarjo. Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 03 Februari 2019 ini diikuti oleh 50 peserta dari beberapa komunitas Honda di Jawa Timur. Setelah sedikit pengarahan, peserta langsung mengikuti sesi yang dikompetisikan, yaitu :

Uji kemampuan pengereman dalam  uji braking. Dalam uji ini peserta harus bisa menghentikan laju sepeda motornya dari kecepatan yang sudah ditentukan tanpa membuat roda terkunci.

Uji kemampuan dalam menjaga keseimbangan dilakukan dengan uji narrow plank. Dalam uji kali ini para peserta harus berkendara melintasi papan titian dalam kecepatan sangat rendah tanpa menurunkan kaki dan tetap mempertahankan postur berkendara yang ideal.

Ujian lainnya yang menantang adalah ujian slalom course, dimana keterampilan berkendara diuji secara akurat dan cepat di lintasan yang dirancang khusus. Para peserta lomba tidak boleh menyentuh pembatas jalur pijakan kaki di aspal saat bermanuver.

Dari tiga sesi ujian inilah yang nantinya dijadikan catatan para juri untuk menentukan pemenang Safety Riding Competition. Dari seluruh peserta diambil 5 pemenang yang memiliki nilai tertinggi. Selanjutnya para pemenang akan mengikuti kompetisi safety riding tingkat nasional pada bulan Juli mendatang.

Hasil dari Safety Riding Competition adalah sebagi berikut :

  • Kategori matic Avril Zuzu anggota komunitas Beat Independent Kediri berhasil menjadi yang terbaik
  • Katagori sport Aditya Yoga Pratama dari komunitas Sonic Surabaya menjadi yang terbaik.

Instruktur Safety Riding MPM Hari Setiawan mengatakan :

“…dengan adanya kegiatan ini MPM mendapatkan bibit juara yang akan mengikuti kompetisi safety riding  nasional pada bulan juli 2019 nanti, serta komunitas motor Honda Jatim diharapkan mampu meningkatkan keterampilan dan kesadaran para rider dalam berkendara.”

Kegiatan seperti ini seharusnya ditularkan kepada semua pengendara motor, berbagai merek (bukan hanya honda). Karena kecelakaan akibat kelalaian dan kelemahan skill rider bisa menimpa siapa saja. Sehingga setiap rider semakin sadar akan keselamat dirinya dan juga orang lain.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan