” GL 750 ” , GL yang Bukan dari Honda

GL 750

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Orang awam (termasuk motogokil) kebanyakan menyangkan motor dengan kode “GL” adalah motor honda. Seperti yang dulu sering terlihat di jalan, misalnya honda GL100. Selanjutnya di tahun 90-an terkenal gl max dan gl pro, sebelum tiger lahir dengan kode mesin gl200.

Jika lihat gambar judul di atas, tentu saja gl750 ini bukan mesin honda gl seperti biasanya. Karena mesin honda gl bersirip (air fin) mengindikasikan berpendingin udara, sedangkan gl750 ini gundul alias berpendingin cairan (radiator). Lalu motor apa gl750 ini ?

Lihat penampakan keseluruhannya…

 

Yamaha GL 750 (Quelle: Yamaha Motor France)

Ternyata motor bikinan yamaha yang sempat dibangun di tahun 1971 (motogokil belum lahir), tapi tidak sempat di produksi masal. Hanya dipamerkan di motor show jepang dan perancis. Selain sudah liquid cooled, motor ini ternyata bermesin 2tak alias 2stroke dan sudah menggunakan fuel injection system.

Sangar ya bro, mesin 2tak, 4 silinder dah pasti powernya gokil alias sangat menggairahkan. Powernya sebanding dengan dengan power motor yamaha 2tak seperti rx king dengan kubikasi 132 cc dengan power 18.5 ps. Jadi power gl750 dengan kubikasi 747 cc, kira-kira sama dengan 7 x power rx king, alias di atas 110 ps. Dengan bobot yang hanya sekitaran 150-an kg, pwr lumayan gede yang menjadikan akselerasinya bisa bikin ketagihan.

Sayangnya motor ini tidak jadi diproduksi masal, karena penjualan motor 2tak cc besar di seluruh dunia sudah mulai meredup saat itu (tahun 70-an). Sehingga biaya riset dan produksinya menjadikannya tidak menguntungkan. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan