Transformasi Motor Bebek Honda Super Cub C125 Memang Terlalu…

Diposting pada
HONDA SUPER CUB TRANSFORM

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Lahirnya sebuah motor baru dari sebuah pabrikan bukanlah hal aneh, karena pabrikan harus selalu berinovasi agar motor selalu bisa diterima pasar. Pabrikan melahirkan sebuah motor dengan style klasik juga bukan hal baru karena seringkali mode dan style berputar. Lalu apa yang keterlaluan (out of box) dengan lahirnya kembali generasi honda c-series super cub c125 yang bernuansa modern  ?

Mari kita periksa, mengapa all new honda super cub c125 terkesan terlalu…Yang jelas terlihat adalah spesifikasi dan fiturnya terlalu canggih untuk sekedar dimiliki oleh sebuah motor bebek “klasik”-modern. Kalau dibandingkan dengan super cub c50 saat pertama kali muncul, perbedaan yang sangat signifikan terlihat pada teknologi yang menyatu dengan fitur-fitur yang ada, mari dilihat apa saja itu (mulai dari yang paling canggih) :

Smart Key System

Fitur premium dan modern yang terintegrasi dengan Alarm untuk mencegah pencurian serta Answer Back System di mana indikator akan berkedip saat digunakan untuk mempermudah pencarian motor di lokasi parkir.

Rem Depan Cakram ABS

Engine dengan Sistem Injeksi

Honda Super Cub C125 menggunakan mesin injeksi berkapasitas 125cc SOHC 4 gigi berpendingin udara dengan 2 katup yang handal dan ekonomis dengan tampilan finishing chrome pada detail parts nya yang semakin memberikan kesan premium. Konstruksi engine bore dan stroke 52.4 x 57.9mm dengan rasio kompresi 9.3:1. Maksimum power sebesar 6.76kW dicapai pada rpm 7500 dan torsi maksimal sebesar 9.79 Nm pada rpm 5000. Beberapa perubahan telah dilakukan untuk meningkatkan sensasi berkendara.

Tiga perangkat dan fitur ini dikendalikan oleh ecu yang pastinya sangat canggih. Karena sejatinya pada motor kebanyakan (bahkan termasuk motor sport 150 cc honda) ecu hanya mengendalikan bagian sistem pembakaran saja. Nah pada new c125 ini ecu juga mengerjakan fungsi smart key system yang sangat rumit, sekaligus rem ABS. Yang seperti ini hanya terdapat di motor-motor tercanggih saat ini, sangat jauh jika dibandingkan c50 bebek honda super cub yang hanya menggunakan kunci kontak biasa, rem tromol dan sistem pengabutan karbu.

Sedang fitur (yang menurut motogokil) tambahan untuk memepermanis adalah :

Lampu Full LED

Pembuka Jog Elektrik

Speedometer Multi Fungsi

Panelmeter mengadopsi kombinasi analog dan digital di mana terdapat dua lingkaran chrome yang memisahkan keduanya, lingkaran luar menunjukkan jarum Speedometer analog dan lampu pemberitahuan, sementara di lingkaran dalam menunjukkan tampilan digital.

Setelah melihat beberapa fitur di atas, tentunya masih banyak yang mengatakan bahwa honda super cub c125 masih terlalu mahal jika dihargai 55 juta (otr dki jakarta). Eits ! Jangan buru-buru bro, hargi 55 juta mahal memang bagi rider yang menganggap motor hanya sebagai alat angkutan. Karena dengan hanya bermodal 5 juta saja juga sudah dapat supraX125 tahun 2005 dengan mesin yang hampir sama. Akan tetapi bagi seorang kolektor atau seorang yang mementingkan gaya hidup, harga segitu tidak mahal masbro. Masih inget dengan pakaian dan asoseris anak hypebeast ?

[sumber]

Dan memang bukan fitur, kapasitas mesin, performa  yang menjadi value dari c125, akan tetapi pemenuhan kebutuhan gaya hidup yang modern di perkotaan. Seperti yang dikatakan president director AHM Toshiyuki Inuma :

“Bagi konsumen pada segmen ini, Honda Super Cub C125 dapat memperkaya gaya hidup dan menyatu dengan penampilan mereka di berbagai kegiatan. Dengan desain tak lekang oleh waktu, level performa baru pada mesin, handling dan sasisnya, kami yakin motor ini dapat memberikan nilai tinggi dan kesenangan berkendara untuk pemiliknya.”

Hal ini juga diamini oleh executive vice president director AHM Johannes Loman, yang  mengatakan :

“Honda Super Cub C125 hadir sebagai trendsetter baru di segmen premium dengan desain yang timeless dan unik. Model ini dapat menemani konsumen dalam mengekspresikan karakter dan gaya hidup mereka yang premium dan stylish dengan didukung layanan purna jual terbaik di seluruh jaringan Big Wing dan Wing dealer.”

Akhirnya motogokil mencoba menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Honda Super Cub C125 sebagai motor yang memenuhi gaya hidup modern adalah kesatua satu paket yang berisi :

  • Dengan desain timeless, tak lekang oleh waktu. Desain premium dan unsur originalitas yang kental di keseluruhan bodinya
  • fitur-fitur canggih
  • level performa baru pada mesin, handling dan sasisnya yang menyenangkan
  • menjadi trendsetter bebek premium
  • layanan purna jual terbaik di big wing dan wing dealer

Jadi…Honda Super Cub c125 memang terlalu bagi yang rider biasa, Tapi tidak bagi rider yang keterlaluan. Dan jika dilihat harga c125 ini negara asalnya (thailand) harga motor ini sekitar 3600 usd (1 usd sekarang = 14.493 rupiah). Jadi jika diimpor ke tanah air secara cbu, ditambah segala macem pajak dan keuntungan dealer, masih wajar harganya 55 juta, bahkan termasuk murah.

Honda Super Cub C125 hadir dengan 3 pilihan warna yakni :

Pearl Niltava Blue

Pearl Nebula Red

Pearl Shining Black

Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan