Membuat Sendiri Packing Silinder dari Kertas TBA


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Salah satu bagian yang sering jadi korban saat bongkar pasanag adalah packing. Kadang packing lengket pada 22 bagian mesin, sehingga saat dibongkar, packing-nya rusak. Mau nggak mau harus ganti packing baru, dan repotnya (untuk motor yang rare atau tua), packing sering sulit didapatkan, alias langka.

Cara paling praktis adalah cari di pasar on line, atau lewat komunitas. Tapi jika part ini (packing) masih sulit di dapat, maka masih ada solusinya yaitu bikin sendiri. Ya benar bikin sendiri dan ternyata tidak terlalu sulit, berikut langkah-langkahnya …

  1. Beli kertas packing (merek TBA atau merek lain) di toko onderdil mobil. Kemarin iseng beli ukuran 20 cm x 15 cm lima ribu perak. Mungkin kalau beli lebih lebar atau segulungbisa lebih murah.
  2. Pola packing di mal di kertas tba, menggunakan packing bekas. Akan lebih mudah kalau dulu sempat/pernah bikin mal-mal an kertas packing pada kertas lain (kertas kalender), kemudian polanya di mal ke kertas tba. Paling apes yang harus nge-mal pakai blok mesin.
  3. Potong menggunakan gunting atau cutter secara hati-hati.
  4. Pasangkan ke blok mesin tempat packing, koreksi potongan jika masih ada yang kurang pas.

Mal packing di kertas kalender bekas

Mal ke kertas packing tba

Potong dengan presisi, tamapk depan

Tampak belakang

Dah gitu doang, gampang kan …

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan