Yamaha NMAX 155 Masih Jauh di atas Honda PCX 150, Tapi harus Waspada…


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Pasar skutik 150cc semakin ramai dengan hadirnya varian baru, yaitu honda pcx150. Artinya saat ini ada beberapa skutik 150cc yang sedang memperebutkan pasar domestik, yaitu vario50, pcx150, nmax155 dan aerox155. Aerox dan vario150 seperti melaju sendiri, sedangkan rivalitas terjadi pada honda pcx150 dan yamaha nmax155, yang memang positioning harga, fitur dan spesifikasinya sepadan.

Yamaha nmax sebagai penguasa pasar skutik gambot kelas 150 cc memang sedang besinar terang. Saat ini nmax (dan mio m3) menjadi tulang punggung penjualan yamaha. Tidak tanggung-tanggung, di bulan april kemarin, distribusi nmax mencapai lebih dari 1/3 total distribusi motor yamaha, atau 34.29%.

Kedatangan honda pcx150 mau tidak mau mempengaruhi serapan pasar skutik gambot 150cc. Sebelumnya nmax seperti tidak ada lawan, dan saat ini ia harus berhadapan dengan lawan tangguh dari pasukan honda. Sampai bulan april kemarin nmax masih jauh lebih unggul dibandingkan pcx150, layaknya batu karang yang kokoh menghadapi gelombang (publikasi) pcx150 yang terus menghantam. Berikut distribusi nmax dan pcx sampai bulan april 2018

Jadi posisi yamaha nmax masih sangat aman dari honda pcx untuk menyusulnya. Tapi jika melihat trendnya, yamaha harus waspada. Karena distribusi nmax trendnya negatif (menurun 5.27%) sedangkan pcx trend nya positif (naik 4.72%). Yamaha harus pro aktif menjaga momentum positif dari nmax ini sehingga kasus mio yang tergusur oleh beat tidak terulang kembali.

Apalagi jagoan skutik honda kelas 150 lainnya juga performanya cukup baik. Dengan distribusi yang juga fantastis mencapai 45.289 unit di bulan april 2018 ini. Dengan facelift terbarunya juga akan mengganggu serapan pasar yamaha nmax 155.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting