Regulasi WSBK Sudah Diubah, Balapan Masih Mahal. Bagaimana MotoGP ???


Assalamu’alaikum warochmatullhi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ketujuan


Seperti yang pernah motogokil tulis dalam artikel sebelumnya, telah dilakukan perubahan regulasi di wsbk. Tujuan antara lain adalah supaya performa motor tidak telalu timpang, sehingga telenta rider menjadi yang paling meentukan. Juga agar balapan semakin murah/terjangkau dan menarik minat banyak tim kecil.

Akan tetapi ternyata setelah melihat penjelasannya yang diberikan oleh panitia, ternyata (bagi motogokil) balapan wsbk masih mahal juga. Entahlah bagi rider-rider tanah air yang sugeh alias tajir, mungkin dianggap biasa/normal. Namanya juga balapan/kompetisi, ya part-nya kualitas kompetisi alias eksotis, ya pasti mahal harganya. Berikut ringkasan penjelasan regulasi baru wsbk :

Limiter Putaran Mesin

Ditetapkan 3.3% lebih tinggi dibandingkan kondisi standar. Sehingga ditetapka untuk masing-masing merek sepeda motor sebagai berikut :

Putaran setinggi ini, jika balapan di sirkuit internasional yang memiliki trek panjang-panjang, akan sering dicapai. Engine memerlukan part pendukung yang mumpuni seperti klep (valve), nokenas (camshaft), crankshaft (bandul) yang mumpuni, tentu saja bukan part standar. Makanya tetap saja pakai pasr kompetisi, alias mahal.

Nilai Konsesi

Pada dasarnya pengembangan engine dibekukan (freeze) selama balapan. Akan tetapi, Jika sebuah tim mendapatkan poin yang sangat jauh selisihnya dengan pimpinan klasemen, maka meng-upgrade motornya agar lebih kompetitif. Perhatikan beberapa part yang bisa dipilih untuk upgrade engine

Perhatikan beberapa barang kecil yang disini harganya hanya puluhan ribu, untuk kelas kompetisi harganya ratusan ribu sampai jutaan. Seperti per klep (valve springs), satu mesin butuh perklep berapa biji, tinggal di kali aja. Camshaft kalau v-engine perlu 4 biji, jadi berapa tuh harganya. Ternyata ganti part-part kecil kayak gini aja mahal ya.

Part yang Disetujui

Untuk membantu meningkatkan daya saing tim satelit, Dorna telah turun tangan untuk memastikan part penting/utama dari tim pabrikan dapat disediakan juga untuk tim pribadi dengan biaya rendah. Ini bukan hal baru di World Superbikes. Regulasi ini sudah berlaku untuk rem, suspensi dan elektronik, tapi sekarang bagian sasis juga termasuk. Berikut ini batasan harganya part-part tersebut

Ternyata balapan memang benar-benar mahal. Komponen di atas hanya merupakan bagian parsial saja sudah sedemikian mahal. Bagaimana dengan motornya, engine-nya, main frame, suspensi, roda-ban dan lain-lain, bisa milyaran dana yang harus dikeluarkan untuk 1 tahun kompetisi. Ngeri banget liatnya.

Ok sementara itu dulu mas bro sekilas informasi tentang wsbk. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Regulasi WSBK Sudah Diubah, Balapan Masih Mahal. Bagaimana MotoGP ???

  1. Klo Honda cukup ganti sensor gear, knalpot freeflow ama remap ecu, top speed std CBR250RR saza sudh tembus 180kph on gps lngs naek jadi 217kph on gps…

    naek hampir 40kph, bukan tidk mgkn CBR1000 akan pakai cara yg sama dari 299 lngs tembus 340kph

    joss Honda

  2. roy sudah gila

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting