Regulasi WSBK Diubah, Balapan Tahun 2018 Bakalan Tambah Seru.


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Balapan bukan sekedar olehraga adu kencang di sirkuit. Balapan juga merupakan bisnis hiburan yang sangat menguntungkan. Dan akan sangat berbahaya bagi bisnis hiburan, jika ada sebuah tim yang terlalu dominan. Karena jika pemenangnya “itu-itu saja” maka hasil balapan mudah diprediksi dan balapan menjadi tidak menarik untuk ditonton. Akibatnya rating menurun dan langsung berimbas kepada keuntungan bisanis yang juga menurun.

Seperti halnya motogp, yang saat ini ada pembatasan (penyeragaman) ECU dan ban, begitu pula dengan wsbk. Tahun 2018 ini diterapkan regulasi baru yang memungkinkan hasil balapan lebih sulit untuk diprediksi. Pasti tujuannya adalah balapan akan semakin menarik untuk ditonton. Selain itu dengan regulasi baru ini diharapkan lebih banyak tim yang ikut, karena balapan akan semakin murah dan performa motor tidak terlalau jauh berbeda.

Untuk tujuan tersebut, minimal ada 3 perubahan regulasi yang sangat besar dampaknya bagi kejuaraan, yaitu : 

Pembatasan Putaran Mesin

Pembatasan putaran mesin, dapat langsung mempengaruhi performa motor. Karena salah satu penentu power dari engine motor adalah tingginya putaran mesin. Power masih bisa naik dan turun sesuai kemampuan tim menggali torsi dari masing engine motornya. Dengan adanya pembatasan ini, peran pembalap semakin dominan, karena terjadi perimbangan pada performa engine motor.

Adanya Konsesi

Dengan adanya konsesi, akan berakibat pada pembatasan pengembangan pada engine yang tercepat. Poin akan diberikan saat produsen selesai di podium; tiga poin untuk menang, dua untuk posisi kedua dan satu untuk yang ketiga. Sedangkan produsen kelas-2 yang berjuang memperbaiki performanya sepanjang musim, dengan poin paling sedikit akan dapat mengajukan komponen-komponen baru. Dengan demikian diharapkan dalam setiap race akan sering  terjadi pertempuran di group terdepan.

Pembatasan Harga Suspensi depan dan belakang

Regulasi yang satu ini dapat membuat kejuaraan lebih terjangkau untuk semua tim, dan terutama tim kecil. Sehingga baik tim pabrik dan tim kecil lebih mudah mendapatkan akses untuk part-part tersebut. Dengan demikian dapat membawa performa motor secara keseluruhan pada tingkat yang hampir sama. Yang pada akhirnya pengendara dapat mengoptimalkan talentanya untuk berprestasi di lintasan balap [sumber]

Intinya adalah balapan harus menghibur dan menarik untuk ditonton. Segala sesuatu yang mengurangi efek hiburan harus ditiadakan. Terlalu dominan membuat balapan tidak menarik. Sementara itu dulu masbro sedikit info wsbk yang bisa motogokil sampaikan. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Regulasi WSBK Diubah, Balapan Tahun 2018 Bakalan Tambah Seru.

  1. bener juga sih. kalo wsbk tidak harus mendapat performa paling maksimal untuk kemudian diaplikasikan ke motor produksi massalnya, soalnya yang dipakai pun motor produksi massal. kalau untuk RnD sudah tugasnya motoGP yg jelas2 teknologinya diturunkan ke motor produksi massalnya.

  2. Setuju..
    Part wsbk masih trrgolong “dewa” kalo mau di aplkasikan ke produk massal. Bisa2 ntr zx10rr (misalnya ada limited edition embel2 part wsbk) bakal seharga 2-3x lipat kalo bbrpa part nya mau dicangkokin ke produk massalnya. Yg ada skr aja pusing sm nebus pajak2nya hehe
    Maklum motor prformance oriented dikasih part berbau racing atu aja senengnya setengah modar.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting