Nge-Trail Bareng Honda CRF 150, Train and Fun

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Alhamdulillah motogokil diundang PT. MPM (Mitra PinasthikaMulia) untuk ikut acara test ride “beneran” motor trail honda terbaru, crf 150. Motogokil katakan “beneran” karena memang lintasan yang digunakan adalah lintasan “trabas” yang biasa digunakan oleh pencita trabas untuk bersenang-senang. Makanya judul kegiatannya adalah “Honda Fun Off Road Touring”, yang menurut motogokil artinya jalan-jalan sambil bersenang-senang di lintasan off road, di sekitar kebun teh wonosari lawang, jawa timur.

Kegiatan di awali dengan streaching atau peregangan otot-otot agar tidak keseleo saat nge trail nanti. Pada kesempatan ini juga disampaikan beberapa trik untuk pemula menghadapai medan yang ada. Yaitu main di gigi 1 dan 2 saja, jangan main kopling saat melaju, mainkan gas, lebih banyak gunakan rem belakang, lemaskan siku dan lain-lain. Pokoknya bagi motogokil ini hal baru, karena memang baru pertama kali ini motogokil nge-trail pakai motor trail asli.

Setelah memasuki jalur off road yang direncanakan, ternyata anggapan motogokil salah. Jalurnya¬†gendeng alias gila (menurut motogokil sebagai pemula). Subhanalloh, ini mah bukan bersenang-senang, tapi langsung latihan bahkan ujian tingkat akhir bagi pemula macam matogokil ini. Dan menurut mereka yang expert, jalur ini tingkatannya medium ..”BAH” medium buat mereka, veri dufficult buat motogokil. Kayak gini nih medannya

Kubangan berlumpur setinggi ban crf

Tanjakan terjal berbatu besar, licin dan lepas

Kubangan dalam khusus buat yang expert (track budug asu). Yang beginner nggak ikut-ikut, ngaso saja sini. Sampai di sini saja (naik belum turun) sudah banyak rider yang mengeluh beratnya track off road. Ada rider yang komentar, tangannya sampai kemeng (pegal banget), menekan botol plastik saja tidak kuat.

Ya udah, terlanjur ikut nggak usah protes, lanjut saja. Karena tidak ada kata mundur kalau sudah nrabas kayak gini, memangnya siapa yang mau nolongin, lha wong mereka juga pada kesulitan (kecuali yang expert tadi /leader). Dan benar saja beberapa rider mulai berjatuhan, jungkir balik, glimpang dan lain-lain, termasuk motogokil.

Tapi semuanya benar-benar spesial bagi motogokil. Pengalaman yang baru yang sangat bermanfaat. Karena dari pengalaman inilah kita mendapatkan gambaran apa yang disebut “jalan rusak” (off road) yang sebenarnya. Yang mana jalan yang seperti ini masih sangat banyak di nusantara. Bayangkan mereka rakyat kecil yang harus melewati jalan ini “tanpa motor trail”, sungguh sangat sulit.

Selain itu motogokil juga mendapatkan pelajaran yang juga sangat berharga menganai teori dan lansung praktek. Bagaimana mengendalikan motor trail saat melewati lintasan off road, mulai dari lintasan bebatuan menanjak, menurun, jalan kubangan air dan lumpur, jalan licin dan lain-lain. Pokoknya dinikmati saja, meskipun badan bengkak-bengkak akibat sering crash, alias ngguling dan njungkel.

Motogokil yang sudah mau KO tapi  tetap semangat dan fun.

Wakil dari blogger jatimotoblog, Kang Gesang dan Kang Madev, yang sangat menikmati event trail ini.

Ini ndas (ketua) jatimotoblog, Kang Priyo, yang tetap fit dari awal sampai akhir.

Dan inilah hadiahnya bagi para blogger yang telah “berjuang” menuntaskan semua track yang dirancang panitia. Sebuah helm cakil yang kebetulan model ini motogokil belum punya, maklum nggak pernah nge-trail. Terima kasih MPM, atas hadiah helm cakilnya (sayang ngga sekalian google-nya).

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

5 responses to “Nge-Trail Bareng Honda CRF 150, Train and Fun

  1. Mantap bro..

  2. Nice share.. blogger jatim kecipratan jg diundang. Ahm.. josss

  3. Baca blognya jenengan,jadi kangen malang

  4. Oot dulu, pak dosen. GSXR150 jenengan masuk list recall apa ndak? Itu lho, penggantian starter idle gear set.

  5. Kapan dinganjuk ada acara ngetrail bareng AHM Honda CRF

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan