Komparasi Yamaha NMAX 155 VVA atau Honda New PCX 150 Versi Motogokil


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Sedang panas nih dunia blogsphere tentang mana yang terbaik yamaha nmax 155 atau honda all new pcx 150 (pcx lokal). Sudah banyak yang mengkomparisakan fitur dan spesifikasinya. Juga tidak kalah banyak yang sudah mengkomparasikan style-nya. Jadi sudah lengkap tinggal pilih saja berdasarkan artikel-artikel tersebut.

Nah sekarang motogokil mau mengkomparisakan dari sisi lainnya. Berdasarkan performa dari beberapa bagian yang (menurut motogokil) penting. Karena pcx lokal ini mengadopsi engine yang identik dengan engine vario 150, maka tidak ada salahnya juga kalau komparasi ini berdasarkan spesifikasi vario 150 sebagai sebagai referensi. Mari kita lihat komparasi spesifikasi pcx lokal, nmax dan vario 150…

Performa

Karena kubikasi dan rasio kompresi engine pcx lokal sama persis dengan engine vario 150, maka menurut motogokil performa engine-nya bisa dikatakan hampir sama. Sehingga secara power dan torsi pcx lokal kemungkinan besar akan kalah telak dibandingkan nmax. Selisihnya hampir mencapai 2 ps lebih tinggi nmax.

Dulu saat vario 150 adu kencang dengan nmax, untuk jarak yang lebih jauh vario 150 masih unggul tipis, ulasannya ada di artikel ini. Sedangkan akselerasi untuk jarak di bawah 50 m, justru nmax yang lebih unggul. Hal itu bisa terjadi karena meskipun power vario 150 lebih kecil dari nmax, akan tetapi bobotnya lebih ringan.

Nah pcx 150 lokal, mengadopsi velg dan ban yang lebih lebar dibandingkan pcx cbu. Maka ada kemungkinan bobotnya justru naik. Jika bobot pcx cbu 131 kg, maka pcx lokal akan lebih berat lagi. Sedangkan performanya tidak jauh dibandingkan vario 150. Maka secara pwr pcx lokal akan kalah dibandingkan vario 150 apalagi nmax. Berikut perhitungan pwr dan twr antara nmax, vario 150 dan (prediksi) pxc 150 lokal.

Artinya untuk akselerasi jarak dekat tetap nmax rajanya. Dan akselerasi jarak yang agak jauh (lho) justru menang vario 150. Perhatikan bahwa twr vario 150 paling besar (dengan asumsi engine pcx lokal = vario 150)

Handling

Memperhatikan panjang dan jarak sumbu roda, pcx lokal lebih pendek serta torsi maksimumnya digapai pada putaran mesin yang lebih rendah, dibandingkan nmax. Akan tetapi power dan torsi nmax lebih besar serta bobotnya lebih ringan, sehingga ditinjau dari variabel tersebut kelincahan membelah kemacetan bisa dikatakan imbang.

Saat parkir putaran steer pcx lebih kecil dibandingkan nmax. Akan tetapi dalam urusan dorong-mendorong justru nmax lebih ringan. Jadi untuk urusan atret di tempat parkir pun bisa dikatakan imbang.

Ukuran roda (velg dan ban)

Diameter roda pcx lokal lebih besar (14 inchi) dibandingkan nmax (13 inchi). Akan tetapi lebar ban nmax lebih lebar (13 cm) dibandingkan pcx lokal yang hanya 12 cm. Dengan spesifikasi standarnya maka diameter terluar dari roda pxc lokal dan nmax adalah :

Perbedaan diameter roda pcx lokal vs nmax, baik depan maupun belakang tidak lebih dari 0.5 inchi. Tidak terlalu signifikan dan bisa dikatakan sama. Sehingga dalam menghadapi jalan rusak, performanya sama. Hanya saja pcx lokal bisa meningkatkan lebar bannya, sedangkan nmax tidak bisa meningkatkan diameter bannya (tetap harus 13 inchi).

Kapasitas Tangki Bensin dan Fuel Consumption

Honda pcx lokal memiliki kapasitas tangki bensin lebih besar (8 liter) sedangkan nma hanya 6.6 liter. Dan secara kubikasi silinder serta powernya jelas nmax akan kalah efisien dibandingkan pcx lokal. Apalagi honda memang sudah terkenal untuk urusan fuel consumption, paling irit di kelasnya.

Pengalaman motogokil menggunakan nmax dalam 1 liter bensin (pertamax) bisa menjangkau 47 km (very slow) dan 34 km (ngebut stop and go), silahkan lihat impresi motogokil menunggangi nmax di artike berikut :

Sedangkan vario 150 belum pernah mengukur fc-nya. Tapi jika mengikuti hasil pengetesan brosur, bisa mencapai 52.9 km/l. Menurut blogger yang pernah menguji nmax dan vario 150, pada kondisi riil di dapat fc vario 150 51.4 km/l dengan kecepatan bervariasi 60-65 kpj [artikel], dan danĀ  fc nmax 36 km/l [artikel].

Jadi dengan tangki yang lebih besar dan dengan fc yang lebih irit, jika touring bersama antara pcx lokal dan nmax, dengan kondisi awal tangki sama-sama penuh, maka nmax akan mampir ke spbu terlebih dahulu. Baru kemudian setelah menempuh jarak lebih dari 100 km, pcx lokal yang menyusul masuk spbu.

Suspensi Belakang

Diliihat dari jumlahnya, baik pcx lokal maupun nmax sama-sama mengadopsi shockbreaker ganda. Sehingga dalam hal menopang beban berat keduanya memiliki keunggulan yang sama. Hal ini sangat berguna bagi yang suka touring dengan membawa muatan yang banyak.

Jika ditinjau dari sudut kemiringannya, (andai kata konstanta pegasnya sama) maka sok belakang pcx lokal akan lebih empuk. Dan memang sok belakang bawaan nmax generasi awal termasuk sangat keras, agar empuk harus dimodifikasi atau diganti dengan produk after market [artikel].

Akan tetapi untuk versi 2018, yamaha sudah melakukan upgrade di sektor shockbreaker belakang nmax yang keras ini. Terlihat bahwa yamaha sudah menggantinya dengan model tabung. Meskipun motogokil belum nyoba, seharusnya sekarang nmax lebih nyaman.

Itulah beberapa variabel penting (menurut motogokil) yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih skutik bongsor dengan performa yang mantab. Bagi calon rider yang tertarik dan bingung memilih, maka bertanya pada diri sendiri, “mau buat apa skutik bongsor ini ?”

  • Kalau mau buat touring yang nyaman, irit dan satu kali ngisi tangki bensin bisa tembus lebih dari 300 km, maka pilihlah honda pcx lokal. Apalagi bagi rider yang ingin tampil beda, pcx lokal sangat cocok, karena style nya yang fresh dan dijejali banyak sekali fitur-fitur yang fungsional seperti :
    • Tampilan headlamp, stoplamp, speedometer model baru
    • Kunci kontak sistem keyless
    • Alarm dan answer back
    • Charger hp, bisa buat action cam, gps dll
  • Tapi kalau senang ngebut, dan performa menjadi “sesuatu” yang penting, maka pilihlah nmax. Karena engine nmax sudah dibekali kubikasi yang besar, power dan torsinya juga lebih mantab, serta vva yang menjamin akselerasi nendang terus dari putaran bawah sampai atas. Dan jika selisih harga 700 ribu cukup penting, ya pilih saja nmax tanpa harus berpikir panjang.

Demikian sedikit komparasi dari motogokil mengenai pcx lokal dan nmax. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

20 responses to “Komparasi Yamaha NMAX 155 VVA atau Honda New PCX 150 Versi Motogokil

  1. Om gokill. Mau tanya kalo mesin cbr k45 a pnp ga di sonic 150 ?

  2. kenapa vario 150 lebih beratd ari nmax, padahal gede nmax? apa karena pake piston diasil???

  3. Apalagi honda memang sudah terkenal untuk urusan fuel consumption, paling irit di kelasnya.
    ——————————————————
    Paling irit itu Suzuki om, Nex dan Address lebih irit dan bertenaga drpd Mbit dan Vario. Shooter lebih irit dan bertenaga di banding Vega dan Supra X 125. Fu Fi juga secara performa hasil test selisihnya malah gak jauh ama Sonic 150. GSX R juga lebih irit dari pada K45A dan Power jg lebih besar

  4. Nungguin suzuki dulu baiknya, apalagi kalo engine ambil basisnya dr gsx150, senyaman burgman dg power mirip gsx (dg asumsi 175cc maka torsinya yg akan jd point kelebihannya)

  5. Yang ana liat kemarin.
    Filter udaranya lebih besar dari Vario 150.

    Apakah ini bisa berpengaruh terhadap part lainnya .

    Misalnya beda injektor, busi, koil dan tentunya part cvt.

    Berkaca dari part cvt PCX 125 yg beda jauh sama Vario 125

    Mulai dari pulley sampai per cvtnya

  6. Pak Dosen, apakah memungkinkan dengan kubikasi, langkah bore x stroke, kompresi dan klep yang sama (antara vario 150 dengan PCX lokal) power dan torsi bisa ditingkatkan? Kok saya agak ragu jika AHM tidak meningkatkan power dan torsi PCX lokal, secara bobot naik dan ukuran ban lebih besar…

  7. Nmax boleh power besar,tp tanpa ditunjang cvt yang bagus jadi percuma

    Adu drag otomotif dah membuktikan di 400m pertama nmax bertekuk lutut dihadapan vario150 dan pcx153

    • ya lu boleh start duluan tapi FU Fi Finish duluan eh Nmax finish duluan

    • CBR250RR juga bertekuk lutut ama RGR klo cuma trek 400-500 meter mah. Baru bisa nyalip diatas 600 meter, modal knalpot ama benerin intake + karbu aja udh lebih jauh lg drpd 600-700 meter atau bahkan bisa diatas 800 meter, diatas itu sih CBR250RR berjaya apalg knalpot udh freeflow.

  8. kapok saya sama mesin yg pakai Diasil + porged…….kapoookkkkkk

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan