Ternyata Keretakkan Rangka Bisa Dialami Semua Motor

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sempat ramai beberapa minggu lalu mengenai patahnya rangka dari sebuah motor sport merek terkemuka di Indonesia. Sesungguhnya ini kasus lama yang terulang kembali. Dan baru-baru ini terkuak bahwa motor sport merek lain pun bisa mengalami hal serupa, perhatikan gambar ini…

Dan hal ini juga kasus baru, karena sudah ada beberapa motor mengalami hal serupa.

Dan ternyata salah satu penyebab memiliki kesamaan yaitu :

  • Pernah membuka baut-baut engine holder (mungkin untuk penempatan frame slider), tapi saat mengembalikannya kurang rapat. Karena engine menjadi bagian dari rangka, maka kendurnya baut pengikat tersebut, menyebabkan kekuatan rangka jauh menurun.
  • Pernah mengalami kecelakaan cukup berat, ketika poin di atas masih dilakukan.

Sesungguhnya pabrikan sudah mempelajari, menganalisis dan menguji apa yang diproduksinya, termasuk rangka. Dan selama disain tersebut tidak mengalami perubahan atau beban berlebih, maka kekuatannya dapat diandalkan. Akan tetapi jika sudah mengalami ubahan (kendurnya baut pengikat mesin ke rangka) atau diberi beban di luar kapaistasnya, maka rangka akan retak bahkan patah.

Dan yang demikian juga dialamai oleh motor-motor lain, yang bahkan rangka nya sudah didisain jauh lebih kuat dari rangka-rangka motor biasa/harian. Berikut ini parade patahnya rangkan motor dengan berbagai sebab…

Nah sekarang jadi sadar bahwa seandainya semuanya normal maka tidak akan ada masalah. Dan itupun yang motogokil alami, tidak pernah mengalami yang namanya rangka motor patah pada motor-motor yang pernah ane miliki. Baik honda, yamaha, suzuki maupun bajaj, semuanya oke, karena memang kondisi normal dipakai dengan normal.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

6 responses to “Ternyata Keretakkan Rangka Bisa Dialami Semua Motor

  1. waduh yamaha nih, bahaaayya, ayo umpetin, ntar ketauan pabrikan sebelah, ntar dibully wjwjwjwj

  2. Yamaha apa nih om? R25?

  3. Wah ini yakampret, bebas recall artikel nih pasti

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan