Kawasaki W175 Berpengabut Karburator, Ada Masalah ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sore ini 18 november 2017 khabarnya kawasaki akan merilis motor sport varian klasiknya yaitu kawasaki w175. Dan untuk mempertahankan kesan klasiknya, pengabutannya tetap menggunakan karburator. Lho…apa nggak malah mundur jika ditinjau dari aspek teknologi pengendalian emisi dan peningkatan efisiensi ?

Jika ditinjau dari teknologi pengabutan memang terlihat mundur, akan tetapi jika dilihat kepraktisan dan keklasikkannya malah tetap masuk akal untuk dipertahankan. Karena aplikasi sistem pengabutan karburator tetap memiliki keunggulan dibandingkan sistem injeksi, apalagi jika ditinjau dari kondisi lingkungan dimana motor ini akan dijual ke masyarakat. Komparasi sistem pengabutan karbu dan injeksi bbisa dilihat di artikel ini.

Beberapa keunggulan sistem pengabutan karbu yang diterapkan pada kawasaki w175 dibandingkan injeksi yang bisa motogokil tambahkan adalah :

  1. Cocok dengan kesan klasik kawasaki w175
  2. Motor sport bergenre cruiser mayoritas akan digunakan untuk touring jarak jauh, bahkan bisa masuk ke pelosok kampung. Oleh karena itu, jika terjadi troubel, maka sistem karbu relatif jauh lebih mudah ditangani oleh mekanik di kaki gunung sekalipun
  3. Engine motor di setting berforma rendah untuk engine berpendingin udara. Maksimal rasio kompresinya 9.5:1, sehingga tidak terlalu panas. Dan ketika sistem karbu diinginkan untuk memiliki efisiensi tinggi dan emisi yang rendah, afr dapat di-setting agak kering.
  4. Jika CDI rusak, maka relatif lebih mudah mengatasinya (substitusi dengan cdi motor lain) ketimbang ecu yang rusak (motor pasti mogok)
  5. Harga dapat ditekan, karena ketidak hadiran beberapa komponen berikut :
    • injector
    • pompa bensin
    • sensor-sensor yang banyak
    • ecu ysng relstif jsuh lebih mshsl dibandingkan cdi

Dan memang saat ini masih menjadi realita, bahwa masih banyak sekali masyarakat yang mengandalkan motor berpengabutan karburator. Begitu pula dengan mekanik dan bengkelnya. Dan motogokil cukup senang menangani motor berpangabut karburator, bisa ditangani sendiri dirumah, sambil menghilangkan ketegangan.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

3 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan