[AISI 2017] Serbuan Skuter Matic Yamaha Tidak Mampu Meningkatkan Market Share di Bulan Juli

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Usaha yamaha (yimm) dalam mengulang kejayaan penguasaan market share motor matic, sangat gencar. Tahun sebelumnya (2016) yamaha sukses menggebrak dengan kehadiran nmax 155 cc vva. Pencinta motor matic benar-benar dibuat heboh, karena kehadiran nmax memang sangat sesuai dengan harapan, bahkan lebih.

Akan tetapi dengan beberapa kendala, penetrasi yamaha nmax sedikit tertahan. Tertahan bukan karena kurang value-nya, akan tetapi (mungkin) belum terlalu cocok dengan mayoritas pengguna matic di tahan air. Salah satu kendalanya adalah body-nya besar dan berat, dek nya tidak rata dan lain-lain. Selain itu honda (ahm) dengan beat dan varionya sudah kadung memantabkan posisinya di konsumen pada pangsa pasar yang sama.

Dan pada tahun 2017 ini yamaha masih gigih mencoba menerobos hegemoni matic honda dengan menggelontorkan beberapa matic yang tidak kalah mantab dibandingkan nmax, yaitu aerox 155 dan xmax 250. Dan juga meng-upgrade beberapa matic kecil-nya dari 110 cc menjadi 150 cc. Dan memang matic-matic yamaha ini memberikan kontribusi positif pada raihan market-share bulan juli ini, mari kita lihat posisi matic yamaha dalam 10 besar motor terlaris.

  1. Honda Beat ESP : 159.218 unit
  2. Honda Scoopy esp : 57.668 unit
  3. Honda Vario 125 esp : 57.584 unit
  4. Honda Vario 150 esp : 41.631 unit
  5. Yamaha NMAX : 24.233 unit
  6. Yamaha all new Vixion : 20.670 unit
  7. Yamaha Aaerox 155 : 19.880 unit
  8. Yamaha Mio M3 125 CW : 18.299 unit
  9. Honda Beat street : 15.797 unit
  10. Honda CB150R Street Fire : 11.324 unit

Kiprah  jagoan matic yamaha (nmax dan aerox) memang luar biasa. Meskipun harganya cukup mahal, akan tetapi jumlah distribusinya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan matic lain yang hargnya lebih murah (mio m3 dan beat street). Bahkan nmax mampu mengungguli jawara sport 150 cc, yaitu all new vixion. Ini artinya yamaha nmax benar-benar sukses melakukan perannya sebagai jagoan baru dari pabrikan yamaha. Berikut data kenaikan distribusi jagoan baru yamaha

Lalu mengapa meskipun kontribusi nmax dan aerex masih belum mampu meningkatkan market share yamaha di bulan juli (bahkan malah turun) ? Jika bulan juni kemarin market share yamaha 27.7 %, dibulan juli ini turun menjadi 22.41 %.

Trend distribsi motor yamaha bulan juli naik 14.72 %, akan tetapi market share nya justru turun. Artinya trend kenaikan distribusi motor yamaha secara total, masih kalah dibandingkan rivalnya (ahm). Penyebabnya adalah persentase motor-motor varian matic lainnya malah turun, padahal kontribusinya sangat besar bagi market share yamaha, Lihat tabel berikut

Mio m3 yang pada bulan juni menempati nomor 4 dari 10 motor terlaris, turun menjadi nomor 8, dengan penurunan distribusi mencapai hampir 3000 unit. Sedangkan fino 125 yang sebelumnya menempati nomor 8 dari 10 motor terlaris, terlempar keluar. Paling tidak distribusinya di bawah cb150r (motogokil belum punya data, ada kemungkinan turun seperti halnya mio m3).

Yang menjadi pertanyaan ” Apakah konsumen nmax dan aerox serta vixion, merupakan mantan konsumen mio yang niak kelas ? ” Bisa saja jawabannya iya, akan tetapi kenyataannya, banyak juga konsumen nmax dan aerox adalah mantan rider motor bebek/sport yang mulai “lelah”, sehingga lebih nyaman menggunakan matic yang bertenaga.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan