Bahayanya Binatang Liar di Jalan. Yang Mudik Hati-Hati Ya..

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Seorang pengemudi (driver atau biker) yang handal biasanya memiliki kemampuan memprediksi yang cukup baik. Prediksi yang isfatnya internal seperti; kecepatan, akselerasi, deselerasi kendaraan yang kendarainya. Dan prediksi eksternal (lingkunyan sekitar) misalnya gerakan kepala (noleh) rider di depan, gerakan orang di pinggir jalan, prilaku angkot, perilaku rider emak-emak dan lain sebagainya. Dan dengan prediksi yang tepat, seringkali membantu rider melalui perjalanan dengan selamat.

Akan tetapi ternyata di jalan, bukan hanya hal-hal di atas yang perlu diwaspadai dan diprediksi. Ada hal lain, yaitu yang sifatnya sangat mendadak, benar-benar diluar prediksi. Salah satunya adalah adanya hewan yang tiba-tiba menyebarang jalan tepat di depan kita. Jika kecepatan cukup tinggi, dan kendaraan tidak mampu lagi dikendalikan, maka akan berakibat fatal, tabrakan.

Kebetulan sempat mengalami hal seperti itu saat melewati tol di malam hari. Tiba-tiba ada sekelebat hewan malam (mungkin musang) yang menyeberang jalan. Untungnya kendaraan masih bisa dikendalikan, walaupun terpaksa hewan tersebut harus tertabarak dan mungkin terlindas. Dan Allah masih memberi keselamatan, yang menabrak jauh lebih besar dari yang ditabrak, sehingga dampaknya tidak terlalu fatal.

Lain halnya kalau hewan yang menyeberang jalan cukup besar, apalagi lebih besar dari kita (rider + motor). Jika hal ini terjadi maka akibatnya sungguh fatal. Keduanya, baik hewan maupun pengendara bisa celaka. Seperti yang baru saja terjadi di kawasan GIIC cikarang pusat. Seorang karyawan PT Unipal menabrak sapi.

Motornya

Sapinya

Bagi pengendara motor, jangankan menabrak sapi yang relatif besar, menabrak kambing saja sudah bisa bikin celaka. Karena sudah pasti motor akan terjungkal dan kehilangan keseimbangan, akhirnya jatuh. Apalagi kalau sampai melindas tubuh hewan tersebut, dijamin akan terpental (jumping) dan terjatuh.

Karena itu berhati-hatilah di jalan wahai para biker. Apalagi yang mudik dengan menempuh jarak ratusan kilometer. Dengan kondisi puasa, panas, macet dan stress, tentunya akan mempengaruhi konsentrasi rider. Dan ketika ada jalan kosong, adrenalinnya memerintahkan untuk ngebut, dan disinilah kondisi di atas akan memperbesar kemungkinan terjadinya kecelekaan seperti di atas.

Selamat mudik bagi para biker yang sedang mudik. Semoga selamat sampai tujuan, bertemu dengan orangtua serta sanak keluarga dengan gembira. Badan sehat, motor lancar dan tercapai tujuan pulang ke kampung halaman tercinta.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan