Mengenal Zongshen RX3 (ZS250GY-3) Basis Viar Vortex 250

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam seahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pabrikan motor viar baru saja merilis motor sport adventure 250 cc, dengan nama vortex 250. Penampakannya jelas menunjukkan bahwa motor ini adalah motor yang setipe dengan kawasaki versys 250. Artinya viar mencoba menantang versys 250, dan memberikan konsumen pilihan, motor touring alternatif yang sepadan untuk dikomparasikan. Perhatikan penampakannya

Tentunya viar vortex 250 telah memiliki ajian, sehingga berani melawan versys 250. Ajian yang paling dahsyat adalah harganya yang jauh lebih murah, vortex 250 dibandrol 44.65 juta, sementara versys 250 versi city 62.3 juta sedangkan versi tourer 73.1 juta. Lumayan jauh selisihnya, 17-28 jutaan, tentunya bagi calon konsumen yang duitnya pas-pasan vortex 250 cukup menarik untuk dipilih.

Lalu apakah dengan harga yang lebih murah, menjadikan viar vortex 250 adalah motor murahan ? Eits..nanti dulu mas bro, ternyata viar vortex 250 tidak lain adalah motor turunan dari zongshen rx3. Di mana motor ini sudah lebih dahulu mengaspal di luar negeri, seperti amerika dan canada. Bahkan motor ini sudah mendapat persetujuan dari EPA (Environmental Protection Agency, US),  California Air Resources Board, and the Canadian Ministry of Transportation. Keren kan..jadi nih motor memang memiliki kualifikasi yang cukup tinggi.

Kok bisa murah ? Nah itu dia yang jadi pertanyaan banyak orang. Tapi kalau menurut motogokil, melihat dari spesifikasinya, memang beda banget. Viar vortex 250 dibekali engine 1 silinder sohc dengan power 25 ps, sedangkan kawasaki versys 250 dua silinder sengan power 34 ps. Barangkali pada sektor tersebutlah yang menjadikan perbedaan harga yang cukup signifikan.

Akan tetapi untuk torsi justru vortex 250 lebih unggul sedikit. Torsi vortex 250 22.4 N.m sedangkan versys x250 21.7 Nm. Sepertinya pencinta touring lebih menyukai motor yang torque ketimbang yang kencang.

Selain itu, karena engine turunan zongshen 250/zs250gy-3 (nc250) banyak dipakai oleh motor-mot0r berbagai merek di manca negara, termasuk di Indonesia. Dengan banyaknya unit yang diproduksi mengakibatkan harga bisa ditekan. Pabrikan motor baru (kecil) lebih tertarik dengan hanya memberi label  (re-branding/rebadge) motor yang sudah jadi (tentunya yang kualitasnya sudah diakui dunia) ketimbang harus membangun dari nol. Berikut ini beberapa motor manca negara yang menggunakan turunan dari zs250gy-3.

Honley Venturer

Minsk trx300

Cyclon rx3

Nah karena engine nc250 sudah go-international, tentunya bisa diketahui harganya. Silahkan cari di jual beli online, seperti alibaba. Harga segelondong engine (tanpa karbu/tb) hanya 962.61 $ per unit. Barangkali kalau beli 1000 unit harganya bisa turun lebih rendah lagi. Berikut spesifikasi engine nc250

Jadi kalau mas bro, punya keinginan untuk membangun pabrik motor, tidak perlu membuat mesin sendiri. Sudah banyak pabrik engine yang siap mensuplai, tinggal masalah spesifikasi dan level-kualitas yang diinginkan. Sisanya bisa dibuat oleh vendor lokal, seperti kelistrikan, fairing dan frame.

Sementara sampai disitu dulu masbro semua, mohon maaf jika adakeliru san lahanya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Advertisements

One response to “Mengenal Zongshen RX3 (ZS250GY-3) Basis Viar Vortex 250

  1. Viar? Hehehe. Ga ada lg yg mo jual viar disini.

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan